Comscore Tracker

5 Cara jadi Pribadi yang Mandiri, Biar Gak Ketergantungan

Sungguh damai jika menjalani hidup dengan prinsipmu sendiri 

Apakah kamu masih sering membutuhkan bantuan orang lain saat akan memutuskan sesuatu? Termasuk dalam hal-hal kecil sekalipun? Seperti, mau memakai baju warna apa hari ini atau mau makan siang apa hari ini.

Nah, supaya kamu gak selalu bergantung ke orang lain. Sekarang saatnya kamu untuk memulai belajar menjadi pribadi yang mandiri, ya. Karena, setiap orang gak akan selalu ada dan bisa untuk membantumu. Baik membantu dalam bentuk tindakan, memecahkan masalah, atau bahkan mengambil keputusan. Satu-satunya yang akan selalu ada setiap saat untuk membantumu adalah dirimu sendiri. Jadi, mulai belajar menjadi pribadi yang mandiri, yuk. Lakukan lima cara di bawah ini, ya.

1. Mulailah belajar dari hal-hal kecil 

5 Cara jadi Pribadi yang Mandiri, Biar Gak Ketergantunganilustrasi membuat keputusan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mulailah belajar memutuskan dari hal-hal kecil dulu. Coba pikirkan mengenai hal yang paling kecil apa yang biasanya kamu gak bisa putuskan itu sendiri. Misalnya, hari ini mau makan siang apa, atau nanti malam mau jalan ke mana, dan hal-hal kecil lainnya.

Cobalah putuskan hal itu sendiri dengan cepat, ya. Ini untuk melatihmu dalam membentuk pribadi yang mandiri. Kamu lama-lama akan terbiasa untuk memutuskan sendiri. Meskipun, dimulai dari hal-hal kecil.

2. Ingatlah kelebihan-kelebihan yang kamu miliki 

5 Cara jadi Pribadi yang Mandiri, Biar Gak Ketergantunganilustrasi seseorang yang pintar mencairkan suasana (pexels.com/Kampus Production)

Coba mulai tuliskan minimal 5 hal yang menjadi kelebihanmu. Ini penting, lho. Karena, terkadang seseorang lupa bahkan kesulitan untuk menyebutkan apa saja kelebihan yang dia miliki.

Namun, seseorang biasanya mudah untuk mengingat kekurangannya. Padahal, bisa jadi kamu mempunyai kelebihan-kelebihan yang orang lain gak miliki. Tapi, kamu gak menyadari itu. Mungkin saja kamu orangnya ramah, pemberani, pintar mencairkan suasana dan sebagainya. Oleh karena itu, penting banget mencari kelebihan dalam dirimu dan kemudian ingatlah itu.

Baca Juga: 5 Manfaat yang Dirasakan saat Terbiasa Mandiri sejak Kecil 

3. Kamu harus memiliki prinsip sendiri yang kamu pegang 

5 Cara jadi Pribadi yang Mandiri, Biar Gak Ketergantunganilustrasi bahagia karena memiliki prinsip dalam hidup (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mungkin kamu masih bingung tentang prinsip apa sebenarnya yang kamu pegang untuk menjalani hidup. Tapi, pasti kamu mempunyai beberapa hal yang kamu sukai dan gak kamu sukai, bukan?

Nah, sekarang mulai saja dari hal itu. Kalau ada sesuatu yang kamu gak suka, coba hindari itu. Beranikanlah untuk tegas menghindari hal itu. Misalnya, kamu gak suka bersikap boros dan menghambur-hamburkan uang hanya untuk bersenang-senang. Ya, hindari lingkungan seperti itu. Akan lebih mudah untuk menghindari, daripada mengubah orang-orang yang ada dalam lingkungan itu.

4. Tetapkan tujuan hidupmu 

5 Cara jadi Pribadi yang Mandiri, Biar Gak Ketergantunganilustrasi menjalankan passion (pexels.com/cottonbro)

Kamu harus tahu dulu apa yang sebenarnya kamu mau. Sehingga, kamu bisa memegang kendali atas hidupmu sendiri. Misalnya, tentukan dulu apa passion kamu, atau tujuan finansialmu dan masih banyak lagi.

Intinya adalah kamu harus sadar dulu tentang tujuanmu. Karena banyak orang yang gak menyadari kalau ternyata mereka mengejar tujuan dari orang lain. Sebenarnya cara untuk mencari tahunya cukup mudah. Tanyakan pada dirimu mengapa kamu ingin mencapai tujuan itu?

Kalau kamu mudah menjawabnya, berarti itu adalah tujuanmu sendiri. Tapi, jika kamu bingung dan jawabannya adalah “ingin saja”. Percayalah, itu bukan tujuanmu. Itu adalah tujuan dari orang lain yang kamu hanya ingin ikut-ikutan saja. Sekeras apa pun kamu mengejarnya, kamu gak akan bahagia juga nantinya.

5. Buat strategi dalam mencapainya 

5 Cara jadi Pribadi yang Mandiri, Biar Gak Ketergantunganilustrasi membuat strategi untuk mencapai tujuan (pexels.com/olia danilevich)

Setelah tujuanmu ditetapkan. Sekarang saatnya kamu untuk mengatur strategi-strategi tentang bagaimana cara mencapainya. Fokuslah dan yakin bahwa kamu bisa meraihnya. Jangan terlalu mencemaskan apa kata orang.

Intinya adalah ketekunan. Jika kamu tekun melakukan strategi itu. Maka, tujuan yang ingin kamu capai akan terasa ringan dan mudah. Karena kamu melakukannya secara rutin. Sehingga, sesuatu yang berat akan menjadi ringan.

Menjadi pribadi yang mandiri ini sangat penting dan bermanfaat untuk kehidupanmu. Oleh karena itu, belajar dan lakukan kelima cara di atas, ya.

Supaya kamu bisa mengejar mimpi-mimpimu sendiri. Itu yang akan membuatmu damai dan bahagia. Karena kamu menjalani hidup dengan prinsip yang kamu pegang dan yakini sendiri.

Baca Juga: 5 Skill Dasar Penting untuk Hidup Mandiri, Cowok Cewek Harus Bisa!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya