Comscore Tracker

5 Cara Kelola Ekspektasi, Siap Hadapi Situasi di Luar Kendali

Atur pola pikir dan belajar beradaptasi di segala situasi 

Sudah merupakan kewajaran apabila seseorang memiliki ekspektasi, bahkan yang di luar nalar sekalipun. Namun, ekspektasi juga bisa berperan sebagai sesuatu hal yang menyebabkanmu bersedih, apabila realita yang kamu jalani gak sesuai dengan harapan. Ekspektasi dengan motivasi memang terasa mirip tapi sebenarnya ada perbedaan di antara keduanya. Jadi, pandailah mengatur, ya.

Salah satu hal yang harus kamu pelajari dan kuasai dalam menjalani hidup ini adalah kemampuan untuk mengelola ekspektasi agar seimbang dengan realitas. Hal tersebut gak akan membuatmu merasa di PHP oleh keadaan. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih santai ketika apa yang kamu harapkan itu gak terjadi. Berikut lima cara yang bisa membantumu dalam mengelola ekspektasi.

1. Biasakan diri untuk bersabar 

5 Cara Kelola Ekspektasi, Siap Hadapi Situasi di Luar Kendaliilustrasi orang berdoa (pexels.com/Yan Krukov)

Setiap orang yang memiliki harapan pasti akan senang apabila bisa terwujud. Namun, bagaimana jika yang terjadi justru sebaliknya? Kecewa, sedih, bahkan marah biasanya akan dirasakan ketika menerima kenyataan bahwa ekspektasi gak berjalan seperti apa yang kamu harapkan.

Jika sudah begitu, cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah belajar untuk bersabar, entah kepada diri sendiri, orang lain, maupun keadaan. Latihlah rasa sabar setiap hari, supaya kamu menjadi terbiasa melakukannya. Dengan begitu, ketika ekspektasi dan realitas gak sesuai, maka perasaan dan pikiranmu akan tetap merasa tenang serta kamu juga akan ikhlas menerima kenyataan.

2. Lihat sisi positifnya 

5 Cara Kelola Ekspektasi, Siap Hadapi Situasi di Luar Kendaliilustrasi berpikir positif (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Seburuk apa pun keadaan yang terjadi karena gak sesuai ekspektasimu, akan tetap ada hal positif yang bisa kamu ambil untuk dijadikan pelajaran. Cobalah tenangkan dulu pikiranmu dan berusahalah mencari cara agar bisa melihat sisi positifnya. Jika terasa masih sulit, cobalah kamu bayangkan terlebih dulu apabila realitas yang terjadi lebih buruk dari saat ini, pasti semuanya akan lebih gak karuan.

Oleh karena itu, ketika kamu bisa mencari hal positifnya. Pasti kamu akan mampu menerima dengan lapang dada dan bersyukur atas apa pun yang terjadi. Untuk mampu melakukan cara ini memang kamu harus rutin melatihnya secara bertahap. Jika kamu baru memulainya, biasanya masih terasa sulit. Namun, tetaplah semangat karena hal ini akan banyak mendatangkan banyak manfaat nantinya.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dilakukan saat Ekspektasi Tak Sesuai dengan Realitas

3. Jadikan sebagai sebuah kesempatan baru 

5 Cara Kelola Ekspektasi, Siap Hadapi Situasi di Luar Kendaliilustrasi belajar dari pengalaman di masa lalu (pexels.com/Evelina Zhu)

Apabila yang kamu harapkan itu gak bisa terjadi secara nyata, maka gak perlu berkecil hati. Anggap saja hal tersebut sebagai sebuah kesempatan baru untukmu mencoba lagi. Tetap semangat, karena bisa saja kegagalan tersebut akan membawamu menuju ke pintu kesuksesan yang lebih baik lagi.

Berpikir positif saja dan milikilah selalu keyakinan bahwa hal ini bukanlah suatu kegagalan yang membuat semuanya bisa berakhir. Namun, kegagalan yang memberikan kesempatan untuk belajar lebih giat lagi serta lebih semangat. Setiap orang memiliki jalan hidupnya masing-masing dan gak ada satu orang pun juga yang mengetahui pastinya.

4. Jadilah pribadi yang fleksibel 

5 Cara Kelola Ekspektasi, Siap Hadapi Situasi di Luar Kendaliilustrasi bersikap fleksibel (pexels.com/Alena Darmel)

Jika kamu ingin dengan mudah mengelola ekspektasi agar bisa seimbang dengan realitas yang terjadi, maka berusahalah menjadi orang yang fleksibel di segala situasi dan kondisi. Hal ini artinya adalah saat harapan gak berjalan sesuai dengan rencana, maka beralihlah ke rencana yang lain. Tentu kamu harus memiliki pola pikir yang fleksibel, bukan?

Fleksibilitas akan membantu kamu dalam menghadapi segala jenis situasi dan kondisi dalam menjalani kehidupan. Menjadikan pribadi yang fleksibel juga akan memberikanmu pembelajaran hidup yang bisa menguatkan ketika suatu saat kamu dihadapkan dengan situasi yang gak menentu.

5. Memaafkan dirimu sendiri 

5 Cara Kelola Ekspektasi, Siap Hadapi Situasi di Luar Kendaliilustrasi tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Apabila kenyataan yang terjadi jauh dari apa yang kamu harapkan selama ini, dan itu disebabkan oleh kesalahan diri sendiri, maka belajarlah untuk memaafkan. Gak ada manusia yang sempurna, semua pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anggap saja kesalahanmu adalah bagian dari kekurangan diri.

Jadi, hal itu merupakan sesuatu yang wajar juga, jika kamu tanpa sengaja melakukan kesalahan yang membuat harapan-harapanmu gak bisa terwujud. Ketika kamu bisa memaafkan dirimu sendiri, percayalah bahwa kamu akan semakin mudah pula untuk menerima kenyataan yang terjadi.

Kemampuan mengelola ekspektasi dengan realitas memang perlu dilatih dan dimiliki oleh siapa saja. Lakukan kelima cara di atas untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut sangat penting dan lakukanlah sedini mungkin, karena ekspektasi yang gak sesuai dengan harapan itu bisa terjadi kapan saja. Jadi, mulai saat ini belajarlah untuk mengatur pola pikirmu dan beradaptasi dalam segala situasi.

Baca Juga: 5 Pertanyaan yang Harus Kamu Jawab Sebelum Menentukan Ekspektasi!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya