Comscore Tracker

5 Cara Kendalikan Diri dari Hal yang Gak Bisa Dipahami, Anti Stres

Atasi rasa penasaran pada hal yang gak perlu dipikirkan

Menjalani kehidupan sering kali ada berbagai kejutan, salah satunya kejadian yang penuh ketidakpastian. Hal-hal seperti ini memang kerap sulit dimengerti dan dipahami. Namun, tak perlu terlalu kamu ambil pusing sebab itu hanya akan membuatmu semakin gak fokus pada apa yang ingin kamu raih.

Perlu kesadaran dari dalam diri bahwa memang di hidup ini ada saja sesuatu yang gak bisa dicerna secara akal. Tapi selagi kamu sudah berusaha melakukan yang terbaik, maka biarkan semua itu terjadi dan mengalir saja.

Jika kamu terlalu fokus pada sesuatu yang memang gak bisa dipahami, nantinya hal-hal yang pasti bisa diraih, malah akan menjadi gak pasti. Berikut lima cara persiapkan diri agar kamu bisa tetap melangkah maju dan tak memusingkan hal yang sulit dimengerti.

1. Kelola perasaan penasaranmu akan hal tersebut 

5 Cara Kendalikan Diri dari Hal yang Gak Bisa Dipahami, Anti Stresilustrasi orang sedang mengelola perasaan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tips pertama yang perlu kamu lakukan yaitu mengelola perasaan penasaranmu akan hal tersebut. Sesuatu yang sulit dipahami dalam kehidupan ini memang sering menimbulkan penasaran sehingga membuatmu terus-menerus memikirkannya.

Olahlah pikiran dan hatimu agar lebih tenang dan menerima segala kenyataan. Sebab, jika hal ini terus kamu pikirkan, kegiatanmu yang lainnya bisa saja akan terabaikan. Oleh karena itu, belajarlah untuk gak berlebihan dalam menyikapi suatu hal.

Apabila sudah berusaha maksimal dan terbaik, maka saat ada sesuatu yang membuatmu tak paham dan sulit mencerna dengan akal, upayakan untuk gak menanggapi secara berlebihan hingga menguras tenaga dan pikiran.

2. Jujur dengan apa yang hatimu rasakan 

5 Cara Kendalikan Diri dari Hal yang Gak Bisa Dipahami, Anti Stresilustrasi jujur kepada diri sendiri (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Menghadapi peristiwa atau hal-hal lain yang membuatmu gak mampu memahaminya bisa menghabiskan waktu produktifmu jika kamu gak mengimbanginya dengan penerimaan. Maka dalam langkah ini, kamu perlu jujur kepada diri sendiri tentang apa yang hatimu rasakan.

Bertanyalah kepada hatimu, apa yang sebenarnya membuatmu berputar-putar hanya memikirkan hal-hal itu saja. Apa yang menjadi alasannya? Mengapa hal tersebut begitu memancing rasa ingin tahuku?

Jika sudah jujur kepada diri lalu tetap saja gak bisa memahaminya, biarkan semua mengalir secara apa adanya.

Baca Juga: 5 Alasan Baik Kamu Harus Mampu Mengendalikan Diri, Jangan Emosian!

3. Temukan sumber dari rasa penasaranmu 

5 Cara Kendalikan Diri dari Hal yang Gak Bisa Dipahami, Anti Stresilustrasi sedang berpikir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mengapa kamu begitu ingin tahu dan harus memahami hal tersebut? Jika memang ternyata kamu sudah berupaya dan mencari cara untuk bisa mengerti namun tetap saja tak mampu memahaminya, cobalah temukan sumber dari rasa penasaranmu. Kemungkinan besar ketika menghadapi kondisi seperti ini, manusia biasanya akan berasumsi.

Berasumsi akan suatu hal, itu boleh saja dilakukan. Namun, jika hal-hal ini tetap saja sulit dipahami, maka janganlah kamu menyimpulkannya.

Pemikiran yang didasarkan pada sesuatu yang sulit dipahami dapat mengakibatkanmu terjebak sendiri dalam kebingungan. Maka, pandanglah sumber tersebut dari sudut pandang yang lain agar kamu bisa menerima kenyataan bahwa di dunia ini memang ada saja hal-hal yang sulit dipahami.

4. Arahkan pikiran ke jalur yang positif 

5 Cara Kendalikan Diri dari Hal yang Gak Bisa Dipahami, Anti Stresilustrasi berpikir positif (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Berusaha ingin menemukan jawaban atas peristiwa atau hal lainnya yang sulit dipahami, bisa memicu pikiran negatif muncul. Maka agar semua itu gak terjadi, arahkanlah pikiranmu ke jalur yang positif. Segala hal yang sifatnya baik, pasti akan memberikan hasil yang terbaik.

Memang tak mudah dalam melawan pikiran negatif. Tapi cobalah untuk mulai belajar mengambil pelajaran dari setiap kejadian, salah satunya yaitu atas hal-hal yang sulit dipahami secara akal manusia.

Pandanglah hidup ini dari sisi baiknya. Ini akan lebih bermanfaat dan membantumu dalam menenangkan hati serta pikiran yang selalu dihantui rasa penasaran terhadap sesuatu yang di luar akal.

5. Fokuskan diri pada hal-hal yang pasti 

5 Cara Kendalikan Diri dari Hal yang Gak Bisa Dipahami, Anti Stresilustrasi fokus mengejar karier (pexels.com/Mikael Blomkvist)

Tips berikutnya yaitu fokuskan dirimu pada hal yang pasti-pasti saja. Bukan mengajarkanmu untuk pasrah terhadap sesuatu, tapi cobalah realistis terhadap kehidupan ini. Hal-hal yang penuh tanda tanya memang akan tetap ada. Jika kamu sudah berusaha untuk menemukan jawabannya, tapi tetap saja tak kunjung mendapatkannya, maka, kamu perlu belajar untuk menerima kenyataan supaya hati dan pikiran gak terjebak dalam kegelisahan.

Fokuskan diri saja pada hal-hal yang pasti bisa raih. Jika ada sesuatu yang tak bisa dipahami dengan akal, maka kendalikan diri untuk gak terus-menerus memikirkan dan mencari jawabannya. Daripada nantinya kamu emosi sendiri dan mengalami stres hingga depresi, lebih baik berusahalah untuk mengalihkan fokus pikiran kepada hal-hal yang pasti saja.

Manusia memiliki keterbatasan. Melampaui keterbatasan memang menunjukkan bahwa kamu berkepribadian pantang menyerah. Namun, kamu juga perlu melihat kenyataan bahwa tak semua hal bisa kamu pahami. Untuk itu, persiapkan diri mulai dari sekarang dalam menghadapi hal ini.

Kelima cara di atas dapat membantumu dalam mengatasi rasa penasaran atas sesuatu yang sebenarnya gak terlalu perlu kamu pahami. Hal yang terpenting adalah kamu tetap melakukan yang terbaik dalam hidup ini.

Baca Juga: 5 Cara Melatih Self Control agar Mudah Mengendalikan Emosi

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya