Comscore Tracker

5 Cara Melampiaskan Kekesalan Tanpa Menimbulkan Rasa Menyesal

Salah melampiaskan justru bikin kamu rugi sendiri

Melampiaskan rasa kesal memang ada berbagai macam caranya, tentu ada yang positif dan negatif. Apabila kamu menggunakan cara-cara negatif, maka gak hanya merugikan diri sendiri, tapi orang lain pun juga akan terkena dampak buruknya. Melampiaskan kekesalan dalam diri, itu perlu kamu lakukan. Namun, pastikan kamu gak sembarangan dalam melampiaskannya.

Rasa kesal akibat hal-hal buruk yang kamu alami di tempat kerja, di lingkungan pertemanan, keluarga, atau yang lainnya, memang ada baiknya jangan terus kamu pendam. Kekesalan dalam diri jika gak kamu keluarkan, maka di waktu yang akan datang, malah dapat menimbulkan banyak efek buruk.

Sebaliknya, jika kamu melampiaskan rasa kesal tersebut, kamu malah bisa menjadi lebih lega dan tenang. Oleh karena itu, penting banget untuk tahu bagaimana cara melampiaskan kekesalan dengan baik, serta tanpa merugikan diri sendiri dan orang lain, sehingga nantinya kamu juga gak akan merasa menyesal. Berikut lima cara yang bisa kamu coba.

1. Luangkan waktu untuk menyendiri 

5 Cara Melampiaskan Kekesalan Tanpa Menimbulkan Rasa Menyesalilustrasi orang sedang menyendiri (pexels.com/Alexandr Podvalny)

Salah satu cara efektif yang bisa kamu lakukan untuk melampiaskan rasa kesal yaitu, dengan meluangkan waktu untuk menyendiri. Carilah ruang yang sepi dan tenangkan hati, serta pikiranmu dari segala permasalahan yang sedang dihadapi. Kamu bisa merenungkan kembali hal-hal yang sudah terjadi, melakukan introspeksi diri, atau bermeditasi.

Cara ini akan memiliki efek yang lebih positif daripada saat sedang merasa kesal, kamu langsung meluapkannya di depan banyak orang. Kekesalan memang sebuah emosi negatif, namun terima saja dan keluarkanlah dengan cara-cara yang positif. Jadi, nantinya gak akan ada pihak yang tersakiti. Menyendiri juga dapat membuat dirimu menjadi lebih tenang dan gak mudah terprovokasi oleh siapa pun.

2. Sampaikan rasa kesalmu melalui tulisan 

5 Cara Melampiaskan Kekesalan Tanpa Menimbulkan Rasa Menyesalilustrasi menulis (pexels.com/Michael Burrows)

Menulis juga merupakan cara yang ampuh untuk melampiaskan kekesalan, tanpa merugikan diri sendiri maupun orang lain. Sampaikan segala rasa kesalmu melalui tulisan. Menyampaikan perasaan lewat tulisan, bisa menjadi cara yang tepat untuk dilakukan ketika kamu sedang mengalami emosi yang tinggi.

Pergilah dari keramaian dalam beberapa waktu, lalu gunakan waktu kesendirianmu untuk menuliskan hal-hal yang membuatmu merasa kesal. Menulis menjadi sarana yang tepat untuk meluapkan rasa kesalmu, tanpa kamu harus menuntut dirimu sendiri untuk menyampaikannya secara langsung kepada orang lain.

Ini memang akan lebih baik daripada kamu mengatakan rasa kesal langsung kepada yang bersangkutan. Biasanya saat berbicara dalam keadaan kesal, kamu malah bisa menjadi orang yang menyakitkan saat berkata-kata.

3. Beristirahat dan tidurlah 

5 Cara Melampiaskan Kekesalan Tanpa Menimbulkan Rasa Menyesalilustrasi beristirahat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ketika kamu sedang merasa kesal dan sangat marah kepada seseorang atau suatu hal lainnya, maka cobalah untuk beristirahat sejenak dari segala aktivitas yang kamu jalani. Namun, satu hal yang perlu kamu ingat yaitu jika ingin beristirahat dan tidur, redakan dulu rasa kesalmu.

Ketika perasaan yang sedang mengalami emosi negatif tinggi seperti rasa kesal dan marah yang begitu besar, lalu langsung dibawa tidur, justru hal tersebut akan mengganggu kesehatanmu. Misalnya, kamu menjadi sulit untuk tidur, padahal mata sudah mengantuk, dan badan pun menjadi mudah lelah dan lesu.

Baca Juga: Hindari! 5 Ucapan yang Bikin Seseorang Kesal Mendengarnya

4. Jika ingin menangis, maka luapkanlah

5 Cara Melampiaskan Kekesalan Tanpa Menimbulkan Rasa Menyesalilustrasi menangis (pexels.com/cottonbro)

Merasa kesal karena berbagai faktor, memang sangat menguras banyak energi positif dari dalam diri. Oleh karena itu, jika kamu ingin menangis, maka menangislah. Ada baiknya memang jangan ditahan, apalagi jika hanya ingin terlihat tegar. Menahan tangis hanya akan membuatmu merasa semakin tertekan.

Menangislah supaya segala rasa kesal dan hal yang mengganjal lainnya, bisa segera teratasi, karena dengan menangis, biasanya seseorang menjadi lebih lega. Meskipun dengan menangis juga gak akan membuat permasalahanmu selesai begitu saja, tapi setidaknya hati dan pikiranmu sekarang menjadi jauh lebih tenang.

5. Lakukan perubahan positif 

5 Cara Melampiaskan Kekesalan Tanpa Menimbulkan Rasa Menyesalilustrasi berpikir positif (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tahukah kamu bahwa rasa kesal itu gak hanya akibat dari perbuatan orang lain saja, lho. Merasa kesal karena mengalami sebuah kegagalan dalam hal apa pun, itu juga bisa terjadi akibat kesalahan yang kamu lakukan. Kejadian seperti ini memberikan peringatan untukmu, agar selalu melihat sesuatu dari sisi positif lainnya.

Belajarlah melampiaskan kekesalanmu dengan melakukan perubahan positif. Jika selama ini kamu sering berpikiran negatif kepada orang lain, maka ubahlah pikiran negatifmu dengan pikiran yang lebih positif. Hal ini akan membantumu dalam melampiaskan rasa kesal dalam diri dengan cara yang lebih sehat, sehingga gak akan merugikan dirimu sendiri maupun orang lain.

Melampiaskan kekesalan itu juga perlu untuk dilakukan, sehingga kamu gak terus menerus memendamnya. Namun, jangan lupa untuk melampiaskan dengan cara yang baik dan sehat seperti kelima cara di atas. Mengeluarkan rasa kesal di hati, itu gak dilarang, kok. Hanya saja kamu perlu melakukannya dengan baik, sehingga gak akan membuatmu merasa menyesal setelah melampiaskannya.

Baca Juga: 5 Cara Mengatur Perasaan agar Gak Kesal dengan Sikap Buruk Orang Lain

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya