Comscore Tracker

5 Cara Mencegah Stres akibat Komentar Pedas, Sikapi dengan Cerdas!

Dengarkan dan jangan melawan, lalu abaikan saja setelahnya

Bagi beberapa orang saat dirinya mendapatkan komentar pedas dari orang lain, mereka akan terus memikirkannya, hingga membuat diri mereka mengalami stres. Rasa kesal dan marah, serta gak terima bercampur menjadi satu di dalam hati. Apalagi saat kondisi diri sedang gak stabil, maka kamu perlu berhati-hati, karena rasa sakit hati itu bisa mengganggu kesehatan.

Itulah mengapa kamu perlu belajar tentang bagaimana caranya agar saat mendapatkan komentar pedas, kamu gak terlalu memikirkannya dan gak juga menyikapinya secara negatif. Sikapilah dengan cerdas terhadap komentar pedas orang lain padamu. Nah, agar kamu gak stres akan hal itu, berikut lima cara mencegahnya.

1. Jangan terlalu terbawa perasaan

5 Cara Mencegah Stres akibat Komentar Pedas, Sikapi dengan Cerdas!ilustrasi bersedih (pexels.com/Liza Summer)

Untuk mencegah stres akibat komentar pedas yang orang lain berikan padamu, maka jadilah pribadi yang gak terlalu membawa perasaan. Gak perlu terlalu serius dan terus-menerus memikirkan komentar tersebut. Sikapilah secara dewasa dan bijaksana, ambillah sisi positifnya saja.

Belajar untuk berlapang dada dalam menerima komentar memang gak mudah. Namun, bukan berarti gak bisa. Cobalah tetap tenang dan terima, serta jangan terlalu dimasukkan ke dalam hati. Gak perlu melawannya, tanggapi saja secara santai. Untuk bersikap seperti ini memang membutuhkan proses, maka mulai belajar dari sekarang, ya.

2. Berusahalah agar emosimu terkendali 

5 Cara Mencegah Stres akibat Komentar Pedas, Sikapi dengan Cerdas!ilustrasi bersikap tenang (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Salah satu penyebab seseorang bisa merasa stres dan tertekan ketika mendapat komentar pedas yaitu, karena dia gak mampu mengendalikan emosi dalam diri. Maka dari itu, berusahalah untuk tenang agar emosimu stabil dan terkendali. Emosi yang stabil akan membuatmu gak merasa kacau ketika orang lain memberikanmu komentar yang pedas dan tajam.

Jika kamu merasa kesal karena orang lain gak menghargaimu atas komentarnya, maka janganlah membalasnya dengan cara yang sama yaitu, dengan mengomentari secara pedas juga. Percayalah, itu hanya akan membuatmu semakin stres nantinya. Tenangkan hati dan pikiran dan kendalikan emosi dalam diri, sehingga sepedas apa pun komentar orang lain padamu, itu bukanlah sesuatu yang akan membuatmu stres.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Diingat jika Sering Perang Komentar di Media Sosial

3. Batasi diri dalam berinteraksi dengan orang tersebut 

5 Cara Mencegah Stres akibat Komentar Pedas, Sikapi dengan Cerdas!ilustrasi orang sedang berinteraksi (pexels.com/William Fortunato)

Ketika sebuah komentar yang kamu terima dari orang lain, itu terlalu pedas dan menyakitkan, maka salah satu cara efektifnya adalah batasi dirimu untuk gak berinteraksi terlebih dulu dengan orang tersebut. Bukan untuk gak mengenalnya lagi, tapi untuk memulihkan hatimu dulu.

Apabila kamu terus-menerus berinteraksi dengan orang tersebut, itu hanya akan membuatmu mengingat komentar yang dia berikan. Jika hal ini terus kamu lakukan, maka lama-lama kamu akan stres juga. Cegah rasa stresmu dengan cara memberikan batasan kepada diri dalam hal berinteraksi dengannya.

4. Selalu memiliki pemikiran yang positif 

5 Cara Mencegah Stres akibat Komentar Pedas, Sikapi dengan Cerdas!ilustrasi berpikir positif (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hindari rasa stres akibat mendapatkan komentar pedas dari orang lain dengan cara selalu menjaga pola pikir, agar senantiasa positif sepanjang hari. Selalu berpikir positif terhadap berbagai hal, termasuk komentar pedas dari orang lain, dapat mencegahmu dari rasa stres.

Selalu mencari hal-hal positifnya dari komentar yang orang lain berikan padamu. Meskipun, terdengar menyakitkan tetaplah mencoba bertahan untuk gak melawan. Terapkan pola pikir positif untuk membatasi dirimu, agar gak menyikapinya secara negatif dan mampu bersikap bijaksana dalam meresponsnya.

5. Cari dan sibukkan dirimu dengan hal-hal yang positif 

5 Cara Mencegah Stres akibat Komentar Pedas, Sikapi dengan Cerdas!ilustrasi orang melakukan hobi (pexels.com/Mark Rigby)

Cara berikutnya yang dapat membantumu untuk mencegah stres akibat mendapatkan komentar pedas dari orang lain, yaitu dengan mencari dan menyibukkan diri untuk melakukan hal-hal yang positif. Dengan cara ini, pikiranmu gak akan teringat terus akan komentar tersebut.

Kamu bisa melakukan hobi, berkumpul bersama teman, menikmati momen kebersamaan dengan keluarga atau pasangan, serta kegiatan yang lainnya. Melakukan aktivitas tersebut akan membuatmu lebih tenang dan lebih bisa menerima. Selain itu, kegiatan positif juga dapat meringankan beban pikiran dan perasaan stres akibat komentar dari orang lain yang terlalu pedas.

Ada dua hal yang perlu kamu lakukan saat mendapatkan komentar pedas dari orang lain. Pertama, terima dengan lapang dan ambil sisi baiknya. Kedua, dengarkan dan abaikan saja setelahnya. Kemudian, untuk mencegah stres akibat komentar pedas tersebut, sikapilah secara cerdas dengan melakukan kelima cara di atas.

Komentar yang terlalu pedas, memang terkadang menjadi beban bagi orang yang mendapatkannya. Jika komentar yang diberikan bersifat membangun, maka lakukan evaluasi untuk memperbaiki diri. Namun, jika komentar tersebut adalah hal yang keliru, maka janganlah terpengaruh, apalagi hingga membuatmu stres dalam menjalani hidup.

Baca Juga: 5 Artis Korea Ini Batasi Kolom Komentar di Instagram, Jauh dari Toxic!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya