Comscore Tracker

5 Cara Menerapkan Rasa Syukur dalam Keseharian, Simak dan Praktikkan

Pusatkan pikiran dan hati ke sesuatu yang sudah kamu miliki

Bersyukur merupakan kegiatan yang perlu terus kamu lakukan supaya dalam menjalani kehidupan sehari-hari, hati dan pikiranmu bisa tenang dan damai. Dengan begitu, beraktivitas pun akan semakin lancar. Mensyukuri segala hal yang terjadi juga dapat meningkatkan kebahagiaan di dalam diri.

Sudahkah kamu bersyukur hari ini? Apakah penerapanmu dalam bersyukur sudah teratur atau masih hanya bersyukur di saat mendapatkan hal-hal membahagiakan saja?

Apabila kamu ingin lebih mampu menerapkan rasa syukur dalam hidup sehari-hari, berikut lima cara yang bisa kamu simak dan praktikkan.

1. Hentikan membandingkan hidupmu dengan orang lain 

5 Cara Menerapkan Rasa Syukur dalam Keseharian, Simak dan Praktikkanilustrasi membandingkan diri dengan orang lain (pexels.com/Ron Lach)

Menerapkan rasa syukur dalam keseharian bisa kamu lakukan dengan mulai berhenti membandingkan hidupmu dengan orang lain. Setiap manusia memiliki jalan hidupnya masing-masing, segala permasalahannya pun berbeda. Maka, tak perlu membandingkan dirimu dengan orang lain sebab sejatinya memanglah berbeda.

Perbandingan tentang hidup, hanya akan memicu rasa stres dalam diri. Sehingga, kamu tak mampu melihat sesuatu yang sebenarnya perlu kamu syukuri. Terus-menerus membandingkan diri dengan yang lain dapat membuatmu lebih fokus pada sesuatu yang di luar dirimu hingga tak lagi mampu mensyukuri apa yang kamu punya.

2. Fokuskan diri pada sesuatu yang sudah kamu miliki 

5 Cara Menerapkan Rasa Syukur dalam Keseharian, Simak dan Praktikkanilustrasi orang menyadari kelebihan yang ada dalam diri (pexels.com/Dziana Hasanbekava)

Cara berikutnya yaitu fokuskan dirimu pada sesuatu yang sudah kamu miliki. Hal ini akan membuatmu mampu mensyukuri segala hal yang ada di dalam diri. Maka, jalanilah hari-harimu dengan selalu fokus kepada sesuatu yang kamu punya, bukan fokus pada hal-hal yang gak kamu miliki.

Sangatlah penting menerapkan cara ini agar kamu semakin bersyukur terhadap diri dan semakin menghargai kelebihan yang kamu miliki, serta mampu mengatasi kekurangan yang ada.

Janganlah tergoda pada sesuatu yang orang lain punya, sebab belum tentu juga itu baik untukmu. Maka, syukurilah saja apa yang saat ini sudah kamu punya.

Baca Juga: Usahakan Tenang, 5 Tips Melatih Rasa Syukur saat Hadapi Situasi Sulit

3. Sadari apa yang sedang terjadi dan perbaiki yang masih kurang 

5 Cara Menerapkan Rasa Syukur dalam Keseharian, Simak dan Praktikkanilustrasi orang menyadari segala hal yang terjadi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Untuk bisa menerapkan rasa syukur dalam keseharian, kamu juga perlu menyadari segala hal yang sedang terjadi. Sehingga dalam proses kesadaranmu, kamu akan bisa menemukan hal-hal yang masih kurang dan perlu perbaikan.

Ketika kamu menyadari sesuatu yang sedang terjadi, meski ada beberapa faktor yang masih membutuhkan perbaikan, kamu akan tetap bisa bersyukur dalam keseharian. Sebab di setiap kekurangan yang kamu temukan, tetap akan ada kelebihan maupun kebahagiaan yang mengiringinya.

4. Selalu berpikir dan bertindak secara positif 

5 Cara Menerapkan Rasa Syukur dalam Keseharian, Simak dan Praktikkanilustrasi berpikir positif (pexels.com/Radu Florin)

Hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan yaitu selalu menjaga diri agar terus berpikir dan bertindak secara positif. Kegiatan berpikir dan bertindak positif dapat mengarahkan dirimu untuk bisa menerapkan rasa syukur setiap harinya. Sebab, dalam bersyukur kamu memang perlu mempositifkan diri terlebih dulu.

Positifkan hati, pikiran dan tindakanmu. Nantinya secara otomatis kamu akan mampu menerapkan rasa syukurmu dalam hidup sehari-hari. Kedamaian dan ketenangan pun akan kamu rasakan sebab di setiap langkahmu selalu diiringi dengan perasaan bersyukur yang tulus dari dalam hati.

5. Berterima kasih kepada diri yang telah berjuang hingga saat ini 

5 Cara Menerapkan Rasa Syukur dalam Keseharian, Simak dan Praktikkanilustrasi orang bercermin (pexels.com/Wilson Vitorino)

Betapa pentingnya berterima kasih kepada diri sendiri yang telah menemanimu berjuang hingga saat ini. Ungkapan terima kasih kepada diri merupakan salah satu bagian dari cara menerapkan rasa syukur di dalam kehidupan.

Jadi, jangan hanya berterima kasih kepada orang lain yang telah membantumu. Kepada dirimu sendiri pun itu sangat perlu. Sebab di saat suka maupun duka, sosok yang akan selalu ada itu adalah dirimu sendiri. Maka, jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih kepada diri, ya. Saat kamu melakukannya, perasaan bersyukur atas berbagai hal juga akan semakin meningkat.

Rasa syukur memang sebaiknya selalu terus diterapkan dalam kehidupan. Sekarang, kamu semakin tahu dan memahami kan tentang bagaimana caranya agar mampu menerapkan rasa syukurmu dalam keseharian? Segera coba untuk melakukannya agar kamu semakin menikmati hari dan selalu mensyukuri tentang apa pun yang terjadi dalam hidupmu.

Bersyukur mampu meningkatkan rasa bahagia di hati sehingga dalam menjalani hari pun, kamu akan semakin happy. Bahkan ketika masalah menghampiri, kamu akan tetap mampu menenangkan hati dan pikiran. Tingkatkan lagi rasa syukurmu supaya kamu semakin memahami bahwa hidup ini memang seharusnya dipandang dari berbagai sisi secara positif.

Baca Juga: 5 Cara Menanamkan Rasa Syukur Menurut Psikologi 

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya