Comscore Tracker

5 Cara Mewujudkan Cita-cita, biar Gak Cuma Jadi Angan!

Cari teman seperjuangan supaya termotivasi 

Apakah kamu pernah merasa lelah hingga putus asa karena cita-cita dan harapanmu gak pernah tercapai? Padahal, kamu sudah merencanakan langkah-langkahnya. Namun sayangnya, rencana itu gak pernah kamu lakukan atau sudah dilakukan tapi selalu gagal.

Hal itu terkadang jadi beban pikiran sampai-sampai mengganggu keseharianmu. Setiap malam selalu memikirkan tujuan hidup atau cita-cita yang belum tercapai.

Gak perlu sedih, sebaiknya kamu belajar tentang cara mencapai tujuan hidup agar cita-citamu gak hanya ada di angan saja. Perlu tekad yang kuat, berikut beberapa cara mewujudkan cita-cita yang lama terpendam!

1. Buatlah rencana secara bertahap 

5 Cara Mewujudkan Cita-cita, biar Gak Cuma Jadi Angan!ilustrasi merencakan tujuan secara bertahap (pexels.com/RF._.studio)

Saat sudah memiliki cita-cita yang tinggi dan besar, waktunya merencanakan untuk meraihnya secara bertahap. Kamu akan lebih mudah mencapai target saat tahapan-tahapannya dibuat lebih kecil dan sederhana.

Dalam perencanaan, tetapkan juga jangka waktunya, ya. Dengan begitu akan memudahkanmu untuk melakukannya karena terlihat lebih realistis.

2. Prioritaskan impian yang terbilang penting

5 Cara Mewujudkan Cita-cita, biar Gak Cuma Jadi Angan!ilustrasi bahagia menjalani hidup (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kamu harus tahu apa yang sebenarnya penting untukmu. Ingatlah dan ketahui nilai-nilai pada dirimu. Dengan begitu, ketika ada tujuan yang gak bisa dicapai, kamu gak akan terlalu merasa kecewa.

Cobalah cek lagi apa yang sebenarnya kamu butuhkan dalam hidup. Bahkan yang sebenarnya gak ada pengaruhnya dengan gagal atau berhasil saat berusaha meraih tujuan.

Oleh karena itu, jangan hanya fokus di tujuan utama saja. Fokus juga ke nilai-nilai personal yang membuatmu bangkit saat mengalami kegagalan dalam mencapai cita-cita.

3. Rencanakan tujuanmu secara spesifik 

5 Cara Mewujudkan Cita-cita, biar Gak Cuma Jadi Angan!ilustrasi merencanakan tujuan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Dalam jangka waktu pendek atau panjang, kamu harus bisa merencanakan apa saja tujuan dan cita-cita yang diinginkan. Jangan dirancang secara sembarangan, pastikan dibuat spesifik.

Lakukan hal simpel dan mudah. Misalnya, kamu pengin olahraga satu jam setiap hari. Ingat terus pada hasil akhir yang diinginkan. Dengan begitu, hasilnya dapat terukur dan kamu bisa mencapainya.

Baca Juga: 5 Alasan Punya Cita-cita yang Tinggi Itu Perlu dan Gak Masalah, Bro!

4. Mencari teman dengan cita-cita serupa

5 Cara Mewujudkan Cita-cita, biar Gak Cuma Jadi Angan!ilustrasi memiliki teman yang satu tujuan (pexels.com/fauxels)

Mempunyai teman yang juga sedang berjuang mencapai tujuan yang sama akan membuatmu lebih semangat lagi menjalaninya, lho. Kalian bisa saling memberikan motivasi dan mengingatkan untuk pantang menyerah.

Menggapai cita-cita gak selalu harus sendiri, kok. Bahkan, bersama teman pun gak masalah, malah akan menambah semangat. Sukses bersama-sama tentu bakal menyenangkan.

5. Nikmati segala prosesnya

5 Cara Mewujudkan Cita-cita, biar Gak Cuma Jadi Angan!ilustrasi menikmati proses (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Kalau sudah mempunyai tujuan dalam hidup, nilai-nilai personal, dan rencana langkah-langkahnya, yang bisa kamu lakukanlah adalah menikmati prosesnya. Lakukan yang terbaik dan gak perlu merasa tertekan.

Fokus saja ke hal-hal yang kecil dulu dan selangkah demi selangkah. Apabila ada hal-hal yang gak sesuai dengan apa yang diinginkan, Kamu tetap bisa santai dan ikhlas.

Gagal meraih tujuan atau cita-cita dalam hidup itu adalah hal yang wajar. Gak semua hal yang kamu inginkan itu bisa benar-benar terjadi. Namun, kamu tetap harus terus berjuang dan pantang menyerah.

Supaya tujuan dan cita-cita gak hanya di angan dan selalu gagal mewujudkannya, coba lakukan lima cara di atas. Tunggu apa lagi? Lakukan sedikit demi sedikit, nanti akan jadi bukit. Terus semangat menggapai cita-citamu, ya.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Telah Menemukan Tujuan Hidup

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Hallo,, Senang bisa menceriakan hari-hari Anda. IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya