Comscore Tracker

5 Cara Optimis meski Hambatan yang Dilalui Terasa Sangat Berat 

Sikap optimis membantumu kembangkan potensi sesuai harapan 

Ketika kamu sedang berjuang menghadapi sesuatu maupun memperjuangkan untuk mendapatkan sesuatu, pasti kamu sering mendengar istilah optimis. Optimis adalah sikap berpikir positif atau penuh harapan yang dilakukan seseorang saat dia menghadapi berbagai hal dalam kehidupan, salah satunya adalah hambatan.

Jika kamu ingin bisa selalu bersikap dan berpandangan yang baik setiap hari, maka jadilah pribadi yang optimis. Banyak manfaat baik yang akan kamu dapatkan jika memiliki sikap ini seperti, kesehatan mental dan fisik yang baik, perkembangan potensi yang positif dan sesuai harapan. Tentunya hal tersebut membuat kualitas hidupnya semakin baik, bukan?

Nah, setelah kamu mengetahui manfaatnya, sekarang pasti kamu sudah menyadari bahwa sikap optimis memang perlu banget untuk kamu terapkan dalam menjalani kehidupan. Berikut lima cara menerapkan sikap optimis, agar kamu tetap kuat dan semangat menjalani hidup, meski hambatan yang dilalui terasa sangat berat.

1. Selalu berpikir positif 

5 Cara Optimis meski Hambatan yang Dilalui Terasa Sangat Berat ilustrasi berpikir positif (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Meningkatkan sikap optimis dalam diri bisa kamu lakukan dengan berpikir positif. Apabila kamu memiliki rasa optimis yang tinggi akan suatu hal, maka kamu akan menjadi pribadi yang pantang menyerah dan gak takut pada kegagalan. Oleh karena itu, penting untuk kamu melatih pikiran agar selalu berpikir positif terhadap segala hambatan yang terjadi, dengan percaya bahwa kamu bisa melaluinya.

Berbagai hal baik akan mengiringi perjalananmu menuju pintu kesuksesan. Selain hal tersebut, berpikir positif akan membuatmu selalu siap dan siaga dengan segala hambatan yang terjadi. Ketika kamu siap, maka kamu juga akan lebih tenang saat melakukan sesuatu dan hal tersebut mampu menghindarkanmu dari rasa stres.

2. Hentikan kebiasaan menyalahkan diri sendiri 

5 Cara Optimis meski Hambatan yang Dilalui Terasa Sangat Berat ilustrasi menyalahkan diri sendiri (pexels.com/Daniel Reche)

Berbagai hambatan yang terjadi bisa saja membuatmu gagal, ketika kamu mengalaminya, sebaiknya jangan menyalahkan diri sendiri sepenuhnya. Milikilah pola pikir bahwa segala kegagalan yang dialami itu bisa diperbaiki dan dijadikan sebagai sebuah pembelajaran untuk masa depan.

Untuk bisa menjadi pribadi optimis, kamu harus mampu mengelola kegagalan sebagai sebuah motivasi untuk berjuang lebih keras lagi, agar mencapai hasil yang maksimal dan terbaik. Tak perlu terus menerus menyalahkan diri, ketika terjadi kesalahan, kamu hanya perlu mengakuinya dan katakanlah dengan tegas bahwa kamu bersedia memaafkan diri sendiri serta memperbaikinya. Dengan begitu, sikap optimis akan semakin meningkat dan kamu akan mengubah energi negatif menjadi lebih positif. Inilah yang akan membantumu untuk terus bergerak maju.

Baca Juga: 5 Kualitas Hidup yang Hanya Dimiliki Orang Optimis, Sudah Tahu? 

3. Jadikan kesalahan di masa lalu sebagai sarana untuk belajar 

5 Cara Optimis meski Hambatan yang Dilalui Terasa Sangat Berat ilustrasi merenung (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Jangan terjebak dan terpaku pada kesalahan-kesalahan di masa lalu yang pernah kamu lakukan. Berusahalah bangkit dan jadikan kesalahanmu sebagai sarana untuk belajar, agar kamu gak melakukan hal yang sama di kemudian hari. Dengan begitu, kamu akan lebih fokus dalam menata kembali segala rencana yang akan kamu lakukan untuk mencapai tujuan.

Ketika kamu menghadapi banyak hambatan, jika kamu mampu menjadikan kesalahan sebagai pembelajaran, maka kamu sudah menerapkan sikap optimis dalam diri. Hal ini akan membuatmu semakin fokus pada pencapaian di masa saat ini dan yang akan datang, sehingga kamu gak terjebak pada kesalahan yang pernah dilakukan pada masa lalu. Melakukan cara ini memang gak bisa instan, jadi mulai dibiasakan dari sekarang, ya.

4. Bergaul dalam lingkungan dan orang-orang yang positif 

5 Cara Optimis meski Hambatan yang Dilalui Terasa Sangat Berat ilustrasi pertemanan (pexels.com/cottonbro)

Apakah saat ini lingkungan pertemananmu dipenuhi dengan orang-orang yang selalu berpikir serta berperilaku negatif? Jika iya, maka sekarang saatnya kamu mencari lingkungan baru yang di dalamnya terdapat banyak orang positif. Berada dalam lingkungan dan dikelilingi oleh orang yang positif, akan mendorongmu untuk mencapai kesuksesan.

Carilah lingkungan dan teman-teman yang selalu memiliki pemikiran positif dan perilaku yang baik ketika mereka menghadapi segala hal. Dengan begitu, kamu juga akan terpengaruh untuk bisa berpikir positif juga. Bergaul dengan orang-orang yang positif, bisa memberikanmu energi positif dalam hidup ini. Apabila teman-temanmu selalu melakukan hal-hal positif, pastinya kamu juga akan terbawa untuk melakukan hal yang sama.

5. Mensyukuri setiap hal yang terjadi 

5 Cara Optimis meski Hambatan yang Dilalui Terasa Sangat Berat ilustrasi orang bersyukur di malam hari (pexels.com/Anna Nekrashevich)

Apa pun yang terjadi, meski itu kecil, belajarlah untuk selalu mensyukurinya. Segala sesuatu yang telah kamu upayakan dengan baik, syukurilah hal tersebut. Pada malam hari sebelum tidur, luangkanlah waktu sekitar 10 menit untuk memikirkan kembali segala hal yang telah berhasil kamu lakukan pada hari itu, entah itu dari kejadian yang baik maupun yang kurang menyenangkan sekalipun.

Membiasakan diri untuk selalu bersyukur, akan membuatmu lebih bahagia. Kegiatan ini akan menjadikanmu pribadi yang optimis, karena dengan mensyukuri hal-hal kecil, kamu akan selalu merasa cukup dan hal ini mampu mengurangi stres yang bisa saja kamu alami akibat hambatan hidup yang datang.

Itulah kelima cara menerapkan sikap optimis dalam diri, meski hambatan hidup yang datang terasa sangat berat. Kamu akan tetap mampu melalui dan menikmati prosesnya. Orang yang memiliki sikap optimis akan selalu berpikiran akan masa depan dengan sudut pandang yang lebih positif, ketika menghadapi suatu hambatan. Dengan begitu, potensi yang ada dalam dirimu pun akan terus berkembang sesuai dengan harapan.

Baca Juga: 5 Alasan Harus Membiasakan Diri untuk Optimis, Yakin Pasti Bisa!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya