Comscore Tracker

Gak Perlu Emosi, Ini 5 Cara Sabar Menghadapi Orang yang Iri Padamu

Jangan dimasukkan ke dalam hati, ya #IDNTimesLife

Menjadi orang yang kuat dan berprestasi, kadang membuat beberapa orang justru iri dan sulit menerima hal tersebut. Ada saja orang-orang yang gak suka dan membicarakanmu. Padahal kamu melakukan hal-hal yang baik dan benar.

Orang-orang yang iri padamu selalu mengambil pusing tentang segala hal yang kamu lakukan. Mulai dari cara berpakaian, berbicara, berjalan, dan sebagainya. Namun, kamu gak perlu ikut mengambil pusing sikap mereka. Cukup sabar dan lakukan 5 hal berikut ini.

1. Dengarkan saja, jangan dimasukkan hati 

Gak Perlu Emosi, Ini 5 Cara Sabar Menghadapi Orang yang Iri Padamuilustrasi sabar menghadapi gangguan dari orang lain (pexels.com/Keira Burton)

Kamu sudah melakukan hal-hal positif dan bermanfaat. Ketika ada orang yang membicarakanmu karena iri, berarti masalahnya bukan ada padamu. Namun, ada pada orang-orang tersebut.

Jangan biarkan mereka mematahkan semangatmu. Teruslah berkarya, karena masih banyak orang yang mendukungmu. Lebih baik pusatkan perhatian ke orang-orang yang selalu memberimu dukungan.

2. Kurangi berinteraksi dengan mereka 

Gak Perlu Emosi, Ini 5 Cara Sabar Menghadapi Orang yang Iri Padamuilustrasi berinteraksi (pexels.com/Armin Rimoldi)

Sering bertemu dengan orang yang selalu iri terhadapmu bisa berdampak buruk untuk kamu. Kepercayaan dirimu bahkan bisa seketika turun karena orang tersebut.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu mengurangi berinteraksi dengan mereka. Namun hanya ketika kamu bertemu atau berpapasan dengan mereka. Tetaplah menunjukkan sikap ramah dengan menyapanya. Lalu, gak perlu banyak basa-basi langsung tinggalkan mereka pergi.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Jika Kamu Senang Bergosip, Yuk Tahan Diri 

3. Carilah dukungan 

Gak Perlu Emosi, Ini 5 Cara Sabar Menghadapi Orang yang Iri Padamuilustrasi memberi dukungan (pexels.com/Monstera)

Bukan mencari dukungan untuk membalasnya dengan kebencian juga. Namun, carilah dukungan untukmu supaya kamu kuat secara mental saat menghadapi perlakuan buruk orang-orang itu.

Carilah dan mendekatlah kepada orang-orang yang selalu mendukungmu dalam berkarya. Jangan sedih, tetap semangat untuk terus berkarya.

Selalu sebarkan hal-hal positif kepada banyak orang. Percaya atau tidak, orang yang berprestasi memang selalu menjadi buah bibir. Pandai-pandailah dalam menyikapi, ya.

4. Jangan curhat di media sosial 

Gak Perlu Emosi, Ini 5 Cara Sabar Menghadapi Orang yang Iri Padamuilustrasi memposting curhatan di media sosial (pexels.com/SHVETS production)

Pastinya kamu gak perlu berhenti menggunakan media sosial. Maksudnya adalah akan lebih baik jika kamu menyelesaikannya secara langsung. Bukan curhat di media sosial.

Sebab bisa jadi, saat kamu curhat di media sosial akan ada orang lain yang tersinggung dengan unggahanmu. Hal itu tidak efektif dan malah akan memperkeruh suasana.

5. Berbicaralah langsung padanya 

Gak Perlu Emosi, Ini 5 Cara Sabar Menghadapi Orang yang Iri Padamuilustrasi berbicara (pexels.com/nappy)

Siapa tahu dengan berbicara langsung padanya, itu dapat merubah perilaku negatifnya selama ini. Tentunya, harus tetap sopan dalam memberi tahunya. Supaya dia gak semakin marah dan tersinggung.

Jika ada orang-orang yang iri terhadap keberhasilan yang kamu raih, jangan diambil pusing, ya. Anggap saja hal tersebut sebagai motivasi, agar kamu jadi lebih baik lagi.

Tak semua pujian itu tulus. Begitu juga sindiran yang gak semuanya itu buruk. Jadikan sindiran dari orang-orang yang iri sebagai sebuah hal yang bisa memacu semangatmu lagi.

Meski ada beberapa orang yang mengejekmu. Tetaplah semangat dan jangan berhenti untuk menebarkan hal positif. Lakukan terus apa yang kamu sukai. Selagi itu positif dan gak menyinggung perasaan orang lain, why not?

Baca Juga: 5 Cara Menyikapi Sahabat yang Iri karena Waktumu Tersita untuk Pacar

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Hallo,, Senang bisa menceriakan hari-hari Anda. IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya