Comscore Tracker

5 Cara Tetap Semangat meski Harapan Belum Terwujud

Patah hati memang gak selalu dalam hubungan asmara saja

Bagi kamu yang sedang berjuang menggapai impian dan tujuan hidup, tetap semangat meski sampai saat ini usaha dan perjuanganmu belum juga terwujud. Patah hati memang gak selalu dalam hubungan asmara saja. Bahkan, dalam proses perjalanan menata hidupmu pun bisa mengalami patah hati. Salah satunya adalah saat harapan yang sudah lama diperjuangkan gak juga kunjung didapatkan.

Apabila saat ini kamu sedang merasa kehilangan semangat karena kegagalan dan membuat harapan belum juga terwujud, cobalah cara-cara berikut ini untuk mengatasinya.

1. Tetaplah memiliki sudut pandang yang positif 

5 Cara Tetap Semangat meski Harapan Belum Terwujudilustrasi berpikir positif (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Apabila kamu sempat mengalami kelelahan dan putus asa, sehingga membuatmu memiliki pikiran yang negatif, maka segeralah ubah pikiranmu tersebut ke arah yang lebih positif lagi.

Mengalami rasa putus asa, memang biasanya membuat seseorang melihat dan menilai sesuatu dengan cara yang kurang baik. Pemikiran yang negatif itu, bisa saja terjadi tanpa kamu sadari.

Nah, supaya kamu gak semakin merasa putus asa akibat sudut pandang yang negatif itu, maka berusahalah mengubahnya menjadi positif. Dengan begitu, kamu akan bisa menjadi pribadi yang tetap optimis terhadap kegagalan dalam sebuah perjuangan.

2. Jangan takut untuk memiliki impian

5 Cara Tetap Semangat meski Harapan Belum Terwujudilustrasi orang memiliki impian dalam hidup (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ketika harapanmu gak juga terwujud, lantas itu bukan berarti kamu harus berhenti bermimpi, ya. Tetaplah berani untuk bermimpi dan bersedia untuk tetap semangat dalam mewujudkannya. Jadilah orang yang memiliki sikap optimis saat berjuang mewujudkan harapan. Dengan begitu, semangatmu pun akan terus ada, meski banyak halangan di depan.

Orang yang berani bermimpi dan mau berusaha mewujudkan impian, serta harapannya, dia adalah sosok yang optimis. Orang seperti itu, gak akan kehilangan semangat saat harapannya belum terwujud, meski sudah banyak usaha yang dilakukannya. Namun, percayalah jika kamu terus berupaya dan selalu bersikap optimis, segala harapan dan pencapaian dalam hidupmu bisa kamu wujudkan.

3. Beranilah untuk terus mencoba 

5 Cara Tetap Semangat meski Harapan Belum Terwujudilustrasi seseorang yang berani mencoba hal baru (pexels.com/Thirdman)

Jangan pernah merasa takut gagal saat sedang berusaha. Tetaplah memiliki keberanian dalam diri untuk mau mencoba lagi dan lagi, sampai harapanmu menjadi kenyataan.

Kegagalan itu merupakan bagian dari sebuah keberhasilan. Jadi, jika saat ini kamu mengalaminya, maka itu memang sudah bagiannya. Namun, jangan biarkan kegagalan tersebut membuatmu menjadi takut untuk mencoba lagi. Lebih baik, jadikanlah saja sebagai sebuah pembelajaran dalam proses menuju sebuah keberhasilan mewujudkan harapan.

Baca Juga: 10 Kata Motivasi Agar Kamu Semangat Menghadapi Tantangan Hidup

4. Tetap menyayangi diri sendiri 

5 Cara Tetap Semangat meski Harapan Belum Terwujudilustrasi orang tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Seseorang yang mengalami patah hati biasanya selain semangatnya menjadi menurun, dia juga menjadi kurang merawat diri, memandang dirinya gak layak untuk sukses, dan sebagainya.

Nah, agar semangat hidupmu tetap membara, maka jangan lupa untuk menyayangi dirimu sendiri, seperti apa pun kondisinya saat ini. Tetaplah merawat diri dengan baik dan menghargai perjuangan yang telah kamu lakukan selama ini.

Percayalah bahwa gak ada yang sia-sia dari sebuah usaha. Semuanya hanya membutuhkan waktu dan proses. Jadi, sayangi dirimu dan tetap semangat dalam berproses mewujudkan harapan, ya.

5. Menikmati semua prosesnya dengan cara bersyukur 

5 Cara Tetap Semangat meski Harapan Belum Terwujudilustrasi orang bersyukur (pexels.com/Bela cheers)

Salah satu cara agar kamu bisa menikmati semuanya adalah dengan bersyukur. Mensyukuri segala hal akan membuat langkahmu dalam berjuang menjadi lebih ringan. Beban memang akan selalu ada, namun itu bukanlah masalah besar untukmu.

Dengan selalu bersyukur kamu akan bisa menikmati segala hal yang terjadi. Dan tentunya hal ini juga mampu membuat hati dan pikiranmu menjadi lebih tenang. Ketika kamu sudah merasa tenang, maka semangat pun akan datang. Tetaplah semangat mewujudkan harapan untuk kesuksesanmu di masa depan.

Patah hati karena ditinggal kekasih hati saja, kamu bisa mengatasinya. Apalagi patah hati karena harapan yang belum terwujud, pasti kamu juga akan mampu mengatasinya dan menjaga semangat dalam diri tetap membara. Teruslah semangat dan jangan mudah putus asa. Apa pun kesulitan yang kamu hadapi, maka tetaplah memilih untuk bangkit dan berjuang lagi, ya.

Baca Juga: 7 Cara agar Resolusi Hidup Tercapai di Tahun yang Baru, Semangat!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya