Comscore Tracker

5 Cara Tetap Tenang meski Suasana Hati Gak Karuan 

Berhenti memikirkan kemungkinan buruk 

Segala hal yang sedang kamu rasakan, tentu akan mempengaruhi caramu dalam bertindak. Kalau kamu sedang merasa gembira, bahagia, senang dan emosi positif lainnya, pasti segala hal yang kamu lakukan akan terasa menyenangkan dan ringan saat melakukannya.

Berbeda jika yang kamu rasakan adalah sedih, kecewa, marah dan emosi negatif lainnya. Ini akan membuat kamu malas untuk beraktivitas dan suasana dalam seharian itu juga akan terasa buruk.

Lalu, bagaimana saat tiba-tiba mendengar kabar yang kurang mengenakan atau berdebat dengan teman dan lainnya, sementara kamu dituntut harus tetap tenang pada saat itu? Yuk, simak lima cara agar kamu bisa tetap tenang, meski suasana hati sedang gak karuan.

1. Jangan terus memikirkan hal-hal yang buruk 

5 Cara Tetap Tenang meski Suasana Hati Gak Karuan ilustrasi berpikir (pexels.com/cottonbro)

Saat hatimu sedang gundah gulana karena mendapat masalah yang rumit, biasanya kamu akan cenderung mencari jalan keluar yang terbaik. Padahal kalau kamu bisa lebih tenang, sebenarnya bukan masalahmu yang menjadikan semua semakin rumit, tapi pikiran burukmu yang kamu ciptakan sendiri.

Berhenti memikirkan kemungkinan buruk merupakan salah satu cara yang terbaik untuk mengendalikan emosi yang kamu rasakan. Dengan begitu, suasana hatimu akan merasa lebih tenang. Menenangkan diri sejenak di tempat yang sepi dan nyaman, itu bisa membuatmu lebih rileks dan pikiran lebih jernih.

2. Jangan langsung meluapkan dengan cara yang buruk 

5 Cara Tetap Tenang meski Suasana Hati Gak Karuan ilustrasi memaki (pexels.com/Yan Krukov)

Menangis dengan keras, berteriak, memaki orang-orang atau bahkan menghancurkan segala benda yang ada di sekitarmu, hal tersebut sering juga digunakan sebagai sarana meluapkan emosi yang benar-benar sudah tak tertahankan.

Sebelum melakukan hal-hal itu, sebaiknya kamu pikirkan dulu dengan tenang dan matang mengenai konsekuensi yang akan kamu terima jika melakukan hal-hal tersebut. Gak bisa dipungkiri juga jika kamu melakukannya, tentu masalah akan semakin runyam. Saat sedang merasa emosi sekali, cobalah untuk menarik napas yang dalam kemudian keluarkan secara perlahan. Setelah merasa lebih tenang, pasti kamu akan bisa berpikir jernih dan berhati-hati dalam memutuskan sesuatu.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Menyukai Suasana Tenang, Berisik Bikin Capek

3. Cobalah untuk berhenti sejenak dari segala aktivitas 

5 Cara Tetap Tenang meski Suasana Hati Gak Karuan ilustrasi menenangkan diri (pexels.com/Thiều Hoàng Phước)

Saat kamu sedang marah, sedih, kecewa cobalah berhenti sejenak dari aktivitas. Kemudian, pikirkan dengan kepala dingin tentang apa yang ingin kamu katakan dan lakukan. Berhenti sejenak dari aktivitas itu perlu, apalagi saat kamu sedang beremosi. Dengan begitu, kamu akan mampu memikirkan segala kemungkinan tanggapan dari orang lain tentang perkataan dan perlakuanmu.

Renungkan kembali, apakah jika kamu berkata dan bersikap yang demikian itu akan melukai hati orang lain? Jika iya, sebaiknya pikirkan kembali bagaimana mengungkapkan sesuatu agar orang lain gak terluka.

4. Tersenyum dan ambil sisi positifnya 

5 Cara Tetap Tenang meski Suasana Hati Gak Karuan ilustrasi tersenyum (pexels.com/Mikhail Nilov)

Gak akan membaik jika kamu membiarkan diri terjebak dalam emosi yang negatif tersebut. Daripada terus-menerus memikirkan kejadian-kejadian yang membuatmu marah, sedih, kecewa dan lainnya. Lebih baik ambil sisi positifnya yang bisa kamu jadikan pelajaran untuk ke depannya.

Gak mudah juga memang untuk bisa menemukan hal positif dibalik kejadian negatif yang membuat emosi tak menentu. Namun, jika kamu berhasil menemukannya, itu bisa dijadikan sebagai pendorong semangatmu, sehingga kamu bisa memancarkan emosi positif.

5. Kendalikan emosi negatif dengan cara ikhlas dan berlapang dada 

5 Cara Tetap Tenang meski Suasana Hati Gak Karuan ilustrasi berlapang dada (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Masalah datang silih berganti dan setelah kamu berjuang menghadapinya, sekarang adalah saatnya untuk bangkit dan membuktikan pada dunia bahwa kamu kuat dan baik-baik saja. Bukan berarti kamu harus berpura-pura bahagia.

Namun, pahamilah bahwa gak semua masalah yang terjadi harus kamu tunjukkan kepada orang-orang. Apalagi jika kamu berada dalam kondisi yang menuntutmu untuk tetap bersikap profesional. Jadi, yang harus kamu lakukan sekarang agar emosi gak meledak adalah menerima dengan ikhlas dan lapang dada.

Kamu pun harus menyadari bahwa dalam hidup ini ada beberapa hal yang gak bisa diubah. Seberat dan sesulit apa pun itu, kamu harus berusaha untuk mengendalikan emosi negatif tersebut.

Ingat, jangan berlama-lama terjebak dalam sisi negatif dari masalah yang kamu alami. Sebenarnya dari semua masalah yang terjadi, selalu ada hal positif yang bisa kamu ambil. Kemudian, jadikan hal tersebut sebagai penyemangat agar kamu termotivasi untuk melakukan segalanya lebih baik lagi.

Baca Juga: Stop Lakukan 5 Hal Ini agar Hidupmu Jadi Jauh Lebih Tenang 

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya