Comscore Tracker

5 Cara Ubah Sifat Bossy Jadi Lebih Rendah Hati, Berlatih Menerima 

Biar orang lainnya pun nyaman berada di dekatmu 

Apakah yang ada dalam benakmu ketika mendengar kata bos?

Bos atau pemimpin, memang selalu identitk dengan seseorang yang senang sekali mengontrol orang lain, entah dalam lingkungan pekerjaan, pertemanan, rumah, dan sebagainya. Ada saja orang-orang yang suka banget memerintah dan mengatur orang lain untuk bertindak sesuai kehendaknya.

Apakah kamu merasa seperti itu? Atau mungkin kamu pernah, bahkan sering dicap sebagai orang yang bossy?

Sifat ini memang sebaiknya kamu hilangkan supaya orang lain bisa merasa nyaman berada di dekatmu. Orang yang suka mengatur dan mengontrol orang lain, biasanya dia gak disenangi oleh lingkungan sekitarnya.

Jangan cemas dulu, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengubah sifat bossy yang ada dalam dirimu menjadi rendah hati. Berikut lima cara yang bisa kamu lakukan.

1. Berlatihlah menerima segala hal yang terjadi 

5 Cara Ubah Sifat Bossy Jadi Lebih Rendah Hati, Berlatih Menerima ilustrasi orang menerima kenyataan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Apabila kamu ingin bisa menghentikan sifat bossy yang melekat pada dirimu, pertama yang harus kamu lakukan adalah belajar untuk menerima segala hal yang terjadi. Terimalah hal-hal tersebut sebagaimana mestinya dan apa adanya.

Dalam hal ini bukan berarti kamu menolak melakukan perbaikan dan usaha agar hal-hal yang terjadi bisa menjadi lebih baik lagi, ya. Namun, belajar menerima hal-hal yang memang sudah menjadi kebiasaan yang umum, baik di tempat kerja, lingkungan masyarakat, maupun pertemanan, atau bahkan, dalam hubungan asmara juga perlu, lho.

Bukan berarti kamu pasrah begitu saja dengan keadaan. Namun lebih tepatnya supaya kamu bisa merasakan kedamaian di hati dan mampu menerima segala hal yang memang umumnya terjadi.

Mampu menerima keadaan secara apa adanya adalah salah satu ciri dari orang yang rendah hati.

2. Memberi kritik boleh, namun jangan berbagai hal kamu kritik 

5 Cara Ubah Sifat Bossy Jadi Lebih Rendah Hati, Berlatih Menerima ilustrasi orang sedang mengkritik (pexels.com/fauxels)

Seseorang yang hobi banget memberikan kritik terhadap segala hal, bahkan hal-hal sepele pun selalu dikritik adalah ciri dari orang yang bersifat bossy.

Apabila memberi kritik kepada orang lain kamu lakukan setiap saat, jelas orang gak akan nyaman berada di sekitarmu. Mengkritik seseorang secara berlebihan itu dapat menurunkan tingkat kepercayaan dirinya, lho.

Jika kamu ingin belajar menjadi pribadi yang lebih rendah hati, maka janganlah selalu melakukannya, apalagi hingga kesalahan-kesalahan kecil dari orang lain secara terus menerus kamu kritik.

Bersifat rendah hatilah dengan memberikan masukan dan saran yang tepat. Jangan malah menjadikan kesalahan yang dilakukan orang lain sebagai bahan candaan dengan mengkritiknya habis-habisan.

Baca Juga: 7 Cara Hentikan Sikap Bossy pada Diri Sendiri, Jangan Dibiarkan! 

3. Berhentilah memaksa orang lain untuk patuh padamu 

5 Cara Ubah Sifat Bossy Jadi Lebih Rendah Hati, Berlatih Menerima ilustrasi berbicara (pexels.com/Jopwell)

Orang yang bersifat bossy biasanya selalu menginginkan orang lain mendengarkan dan patuh pada setiap perintahnya. Ini jelas berlawanan dengan sifat rendah hati. Setinggi apa pun jabatan yang kamu miliki, berusahalah untuk jangan memaksakan kehendak orang lain, apalagi untuk bisa selalu mematuhi segala perintahmu.

Percayalah, jika kamu gak segera mengubah sifat burukmu yang satu ini, maka orang lain lama-lama akan merasa kesal dan malas untuk bekerja sama, maupun berdekatan denganmu. Belajar menjadi orang yang rendah hati, berarti kamu juga harus bersedia mendengarkan orang lain juga. Berkompromilah dengan bijak sehingga orang lain pun akan nyaman dan senang denganmu.

4. Belajar menyukai sebuah kerja sama 

5 Cara Ubah Sifat Bossy Jadi Lebih Rendah Hati, Berlatih Menerima ilustrasi orang bekerja sama (pexels.com/Mikhail Nilov)

Memiliki sifat bossy biasanya membuatmu selalu ingin menjadi pusat perhatian. Gak jarang, kamu menjadi suka mengontrol orang lain agar mendapatkan perhatian dari mereka. Oleh karena itu, kamu yang memiliki sifat ini biasanya akan mengendalikan berbagai hal agar terlihat keren di hadapan publik dan mengharapkan mendapat perhatian dari orang lain.

Jika ingin mengubah sifat seperti itu agar bisa menjadi pribadi yang rendah hati, maka cobalah belajar menjalin kerja sama dengan orang lain. Apabila selama ini kamu selalu ingin terlihat paling menonjol dan mengendalikan segala situasi, sekarang belajarlah untuk menurunkan egomu dan mulailah membangun hubungan baik dengan siapa saja.

Terkadang, sifat bossy memang bisa membuatmu merasa stres. Hal tersebut karena kamu ingin merasa paling kuat dan pintar, bahkan menginginkan menjadi orang yang selalu memegang kendali. Maka, atasilah masalah tersebut dengan memiliki sifat rendah hati. Salah satu caranya dengan bersedia berbagi tugas dan peran dalam meraih keberhasilan bersama.

5. Belajarlah juga untuk memberikan kepercayaan kepada orang lain 

5 Cara Ubah Sifat Bossy Jadi Lebih Rendah Hati, Berlatih Menerima ilustrasi orang berjabat tangan (pexels.com/fauxels)

Sifat bossy yang selalu ingin menjadi nomor satu dan pemegang kendali atas segala hal, hanya akan membuatmu kewalahan sendiri nantinya. Lebih baik, bersifat rendah hatilah dengan cara belajar untuk memberikan kepercayaan kepada orang lain. Milikilah kesadaran bahwa orang lain juga mempunyai potensi dan mampu bekerja secara profesional, sama sepertimu juga.

Supaya kamu gak kewalahan sendiri, berikanlah kepercayaan kepada orang lain untuk menjalankan tugasnya masing-masing. Sifat bossy sering kali muncul karena kamu gak menaruh rasa percaya kepada orang lain dan memiliki anggapan bahwa hanya kamu satu-satunya orang yang mampu melakukannya. Bersifat rendah hatilah dengan belajar mempercayai orang lain.

Itulah kelima cara yang bisa membantumu mengubah sifat bossy menjadi lebih rendah hati. Sifat yang suka mengendalikan, mengatur dan memerintah hanya akan membuat orang lain merasa kesal dan gak nyaman berada di dekatmu.

Jangan merasa paling sempurna. Lebih baik milikilah sifat rendah hati, sekalipun kamu yang paling menonjol sekarang ini.

Baca Juga: [QUIZ] Apakah Kamu Memiliki Sifat Bossy? Cari Tahu dengan Kuis Berikut!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya