Comscore Tracker

5 Hal yang Membuyarkan Fokus Saat sedang Serius Mengejar Cita-cita

Salah satunya adalah perihal asmara

Sulit berkonsentrasi dalam menjalani aktivitas sehari-hari dapat mengganggu proses perjuanganmu untuk mendapatkan cita-cita yang kamu mau. Produktivitas semakin menurun hingga kesehatan fisik dan mental ikut terganggu. Jika sudah begitu, bagaimana bisa cita-cita yang kamu impikan bisa terwujud?

Nah, agar kamu bisa selalu fokus saat sedang serius mengejar cita-cita dan masa depan yang cemerlang, ketahuilah beberapa hal berikut ini.

1. Pola tidur yang gak pernah teratur 

5 Hal yang Membuyarkan Fokus Saat sedang Serius Mengejar Cita-citailustrasi orang yang memiliki pola tidur tidak teratur (pexels.com/Pixabay)

Tidur menjadi aktivitas yang harus dilakukan secara teratur karena pola tidurmu sangat memengaruhi tingkatan fokus saat sedang beraktivitas baik bekerja, berinteraksi, maupun aktivitas lainnya. Pikiranmu bisa tenang dan gak bercabang sehingga kamu bisa lebih fokus dalam melakukan sesuatu.

Seseorang yang pola tidurnya sembarangan atau waktunya kurang, akan sulit berkonsentrasi ketika dirinya menjalani berbagai kegiatan. Kamu menjadi mudah terganggu saat sedang bekerja dan berpikir.

Apabila gak segera kamu perbaiki, maka pola tidur yang berantakan tersebut dapat menurunkan daya ingatmu juga.

2. Selalu melakukan banyak hal dalam satu waktu 

5 Hal yang Membuyarkan Fokus Saat sedang Serius Mengejar Cita-citailustrasi orang sedang bekerja (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Kebiasaan multitasking juga menjadi salah satu hal yang membuat fokusmu semakin buyar. Melakukan banyak hal dalam satu waktu dapat membuat konsentrasimu mudah terpecahkan. Sadarilah bahwa kemampuan otak akan berfungsi secara maksimal jika kamu menyelesaikan satu pekerjaan dulu dalam satu waktu.

Selain dapat membuyarkan fokus, kebiasaan ini juga dapat menyebabkanmu menjadi kurang efisien dalam bekerja atau berkegiatan lainnya. Bahkan, sangat besar kemungkinannya kamu akan melakukan banyak kesalahan dan kekeliruan.

Tentu saja kamu gak mau seperti itu, kan? Maka, mulai sekarang kurangilah kebiasaan multitasking. Selesaikan satu tugas dulu hingga tuntas, selanjutnya baru mengerjakan yang berikutnya.

Baca Juga: 5 Hal yang Akhirnya Kamu Pelajari dari Kegagalan Meraih Cita-cita

3. Hubungan asmara yang gak sehat 

5 Hal yang Membuyarkan Fokus Saat sedang Serius Mengejar Cita-citailustrasi pertengkaran dalam hubungan (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Tingkatan fokus seseorang tak hanya berkaitan dengan pikiran. Namun juga dapat dipengaruhi oleh faktor dari luar, salah satunya adalah hubungan asmara yang gak sehat. Bagi kamu yang menjalani toxic relationship, sebaiknya perbaiki dari sekarang. Tidak dilarang saat mengejar cita-cita sambil menjalani hubungan asmara.

Akan tetapi agar fokusmu dalam berjuang gak terbuyarkan, maka jalanilah hubungan yang sehat. Pola hubungan asmara yang kurang sehat dapat menghambat prosesmu dalam menggapai cita-cita. Salah satu dampak negatifnya adalah membuatmu menjadi sulit untuk fokus pada apa yang sedang kamu perjuangankan terkait kehidupan masa depan.

4. Terlalu sering bermain media sosial 

5 Hal yang Membuyarkan Fokus Saat sedang Serius Mengejar Cita-citailustrasi sedang bermain media sosial (pexels.com/THIS IS ZUN)

Perkembangan zaman memang bisa memberikan dampak positif bagi kehidupan manusia. Salah satunya dapat memudahkanmu dalam mencari informasi dan hal-hal lainnya. Namun, jika kamu kurang bijaksana dalam menyikapi perkembangan yang terjadi, maka dampak negatifnya pun bisa kamu rasakan.

Media sosial adalah bagian dari perkembangan zaman. Ini juga menjadi suatu hal yang kerap membuyarkan fokus seseorang. Terlalu sering bermain media sosial akan membuatmu lupa pada tujuan yang sebenarnya ingin kamu capai.

Bukan tak boleh menggunakannya, hanya saja tetaplah memberikan batasan pada dirimu. Ketika sedang bekerja, hindarilah membuka media sosialmu agar fokusmu gak terganggu.

5. Mudah merasa bosan 

5 Hal yang Membuyarkan Fokus Saat sedang Serius Mengejar Cita-citailustrasi orang merasa bosan saat bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hal berikutnya yang mampu membuyarkan fokusmu yaitu rasa bosan yang melanda. Kebosanan juga bisa menurunkan tingkatan fokus saat kamu sedang bekerja. Beberapa hal yang kamu kerjakan setiap harinya, memang ada yang terasa membosankan. Pekerjaan yang membosankan akan membuat fokusmu mudah teralihkan.

Solusi untuk mengatasinya adalah cobalah ambil jeda waktu beristirahat sejenak sambil menikmati makanan maupun minuman. Kamu juga bisa melakukan hal-hal yang membuatmu senang, untuk mengusir kebosanan yang sedang dirasakan. Sesuatu yang membosankan bisa kamu atasi saat kamu melakukan sesuatu yang kamu sukai.

Ketika pikiran sudah segar dan rasa jenuhmu hilang, maka kamu bisa melanjutkan pekerjaan. Dengan cara ini, fokusmu gak akan terbuyarkan. Jika memang sudah merasa bosan, jangan terus memaksakan diri bekerja. Berikan waktu untuk pikiran dan tubuh beristirahat dulu.

Mengejar cita-cita impian memang membutuhkan fokus yang tinggi. Namun, hal yang wajar jika tingkatan fokus suatu saat menurun karena kamu adalah manusia yang bisa merasa lelah. Tapi, tak perlu terlalu resah agar fokusmu gak mudah goyah. Segera atasi kelima hal yang bisa membuyarkan fokus di atas tadi.

Fokus merupakan hal yang penting agar segala sesuatu yang kamu lakukan dapat berjalan sesuai dengan rencana. Ketika kamu kehilangan fokus saat sedang bekerja maupun aktivitas lainnya, berusahalah untuk tenang dulu dan jangan terlalu mengkhawatirkan itu.

Terlalu khawatir hanya akan menghambatmu dalam melangkah, bahkan fokusmu bisa semakin buyar nantinya. Asalkan kelima hal tadi mampu kamu atasi, maka ke depannya kamu akan tetap fokus dan berkonsentrasi.

Baca Juga: [QUIZ] Kami Tahu Mindset Apa yang Bikin Kamu Susah Wujudkan Cita-Cita

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya