Comscore Tracker

5 Cara Bangun Kebebasan Finansial Sejak Usia Muda, Persiapkan Dirimu

Mulai rencanakan masa depan yang lebih matang 

Mendapatkan kebebasan finansial adalah impian dari semua orang. Usia muda adalah fase seseorang sedang sangat produktif. Ketika masa-masa produktif inilah, kamu harus mulai membangun kebebasan finansial. Jadi, lakukanlah beberapa hal untuk merencanakan masa depan yang lebih matang.

Kebebasan finansial membuatmu dapat menjalani hidup dengan senang dan nyaman setiap harinya. Hati dan pikiranmu pun akan damai dan sejahtera, karena kamu gak lagi terbebani oleh tanggungan utang ini dan itu. Apakah kamu tertarik memilikinya? Jika iya, maka mulailah membangun kebebasan finansial tersebut sejak usiamu masih muda.

Manfaatkan masa muda untuk merencanakan masa depan yang baik, termasuk dalam hal finansial yang dapat membawamu mencapai taraf kemapanan dalam aspek keuangan. Berikut lima cara yang bisa kamu lakukan. Yuk, persiapkan dirimu sejak sekarang.

1. Memiliki perencanaan hidup yang baik 

5 Cara Bangun Kebebasan Finansial Sejak Usia Muda, Persiapkan Dirimuilustrasi orang merencanakan tujuan hidup (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Langkah pertama jika kamu ingin mendapatkan kebebasan finansial, maka milikilah perencanaan hidup yang baik sejak usiamu masih muda. Hal ini menjadi dasar dalam menggapai kebebasan finansial, karena segala perencanaan yang baik, pasti juga akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat dan baik pula untukmu di masa depan.

Tenang, gak serumit yang kamu bayangkan, kok. Sekarang cobalah untuk menentukan tujuan hidupmu secara detail dan jelas. Sehingga, nantinya kamu akan memiliki target dan langkah-langkah yang jelas juga. Dengan begitu, segala hal yang sudah kamu siapkan sebagai perencanaan hidup, dapat kamu lakukan dengan tepat untuk meraih target-target tersebut.

2. Milikilah pola hidup yang sederhana 

5 Cara Bangun Kebebasan Finansial Sejak Usia Muda, Persiapkan Dirimuilustrasi orang menjalani pola hidup sederhana (pexels.com/SHVETS production)

Salah satu permasalahan yang kerap dialami oleh generasi muda adalah soal pola atau gaya hidup yang dijalaninya. Gak sedikit orang muda yang mengikuti gaya hidup orang lain. Mereka menghamburkan banyak uang, hanya demi terlihat keren saja. Terkadang, mereka sampai memaksakan dirinya untuk bisa menjalani gaya hidup yang sebenarnya menyiksa mereka. Jadi, jangan salah dalam mengartikan kata keren, ya. Keren itu gak selalu terkait dengan hal-hal yang bersifat foya-foya.

Misalnya, seseorang memiliki pendapatan yang belum stabil, namun karena lingkungan pergaulannya suka berfoya-foya, orang tersebut memaksakan dirinya mengikuti teman-temannya. Bahkan, ada yang sampai nekat berutang demi tuntutan gaya hidup dari lingkungan pergaulannya.

Pola hidup seperti ini harus kamu hindari, supaya kebebasan finansial bisa kamu miliki. Oleh karena itu, bergayalah sesuai dengan kemampuanmu saja. Akan lebih bagus, jika selagi muda, kamu belajar untuk memiliki dan membiasakan diri menjalani kehidupan dengan pola yang sederhana.

Baca Juga: Good Bye Foya-Foya! 5 Tips Ini Bantu Kamu Wujudkan Kebebasan Finansial

3. Biasakan diri untuk menabung 

5 Cara Bangun Kebebasan Finansial Sejak Usia Muda, Persiapkan Dirimuilustrasi menyisihkan pendapatan untuk menabung (pexels.com/Karolina Grabowska)

Setelah kamu terbiasa menjalani hidup dengan pola sederhana, selanjutnya biasakan dirimu untuk rajin menabung, ya. Sisihkan sebagian pendapatan yang kamu miliki untuk dimasukkan ke dalam tabungan. Akan lebih baik lagi jika kamu menyisihkannya di awal saat kamu menerima gaji atau pendapatan.

Jadi, janganlah menunggu ada sisa uang untuk ditabung, namun sisihkan dulu sebagian di awal untuk menabung. Sisanya barulah kamu atur kembali untuk keperluan penting lainnya. Apabila kamu belum terbiasa, memang akan terasa sulit, namun cobalah saja sampai kamu terbiasa, dan nantinya kegiatan menabung di awal ini, gak akan menjadi beban untukmu. Yuk, rajin menabung sejak masih muda, mumpung kebutuhan hidup juga belum terlalu banyak.

4. Mengatur pola pikirmu 

5 Cara Bangun Kebebasan Finansial Sejak Usia Muda, Persiapkan Dirimuilustrasi berpikir (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Selain kamu harus mengatur gaya hidup dan pengeluaran, untuk membangun kebebasan finansial sejak usia muda, kamu juga perlu mengatur pola pikirmu, lho. Bangunlah pola pikir mengenai finansial yang baik dan tepat. Dengan begitu, ketika suatu saat nanti kamu mengalami kondisi finansial yang cukup rumit, kamu gak akan merasa terbebani.

Milikilah pola pikir bahwa keuangan bukanlah suatu hal yang menjadi negatif, ketika gak memilikinya dalam jumlah banyak. Pola pikir tersebut sesuai untuk diterapkan ketika kamu sedang membangun kebebasan finansial. Jadi, seandainya suatu saat kamu dihadapkan dengan kondisi finansial yang menurun, maka kamu akan tetap semangat dan mampu terus berpikir positif bahwa keuangan bukanlah hal yang membebani kehidupan.

5. Mulailah rajin mencatat pengeluaranmu 

5 Cara Bangun Kebebasan Finansial Sejak Usia Muda, Persiapkan Dirimuilustrasi orang menulis (pexels.com/Pixabay)

Salah satu hal yang mampu mendukungmu dalam mewujudkan kebebasan finansial adalah dengan rajin mencatat pengeluaran. Selagi masih muda, lakukanlah kebiasaan ini, sehingga pengeluaranmu akan lebih terkendali. Dalam hal ini memang sangat dibutuhkan kedisiplinan yang tinggi untuk bisa rutin melakukannya.

Ketika kamu rajin mencatat pengeluaranmu, itu artinya kamu gak bisa seenaknya dan bebas dalam mengeluarkan uang, karena kamu menjadi bisa memperhitungkan antara pendapatan dan pengeluarannya. Oleh karena itu, mencatat jenis pengeluaran menjadi salah satu cara efektif untuk mewujudkan impianmu yaitu, mendapatkan kebebasan finansial.

Itulah kelima cara yang bisa kamu lakukan untuk membangun kebebasan finansial. Persiapkan dirimu dengan baik menuju masa depan yang lebih matang. Usia muda adalah fase seseorang sedang produktif. Gunakanlah dengan bijak, termasuk dalam hal finansial, agar di masa depan nantinya kamu bisa mencapai taraf kemapanan.

Gunakan pendapatanmu untuk hal yang bermanfaat dan memperbanyak pengalaman, ya. Bukan malah untuk menghambur-hamburkan uang demi gaya hidup, biar dibilang keren. Gaya hidup mentereng, belum tentu menunjukkan bahwa seseorang sudah bebas secara finansial. Namun, orang yang bebas finansial, sudah pasti gaya hidupnya keren dan gak perlu selalu mentereng.

Baca Juga: Kenali 6 Produk Investasi untuk Wujudkan Kebebasan Finansial

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya