Comscore Tracker

5 Kiat Hadapi Orang yang Berusaha Mematahkan Ambisimu

Berjuanglah melebihi apa yang orang lain kerjakan 

Setiap orang pasti memiliki cita-cita dan tujuan hidup yang ingin dicapai. Berbagai cara pun kamu lakukan untuk bisa mencapainya. Namun, untuk berkomitmen agar terus semangat mengejar tujuan itu bukan hal yang mudah. Ada saja rintangan yang datang. Salah satu rintangan yang kamu hadapi adalah orang-orang yang berusaha mematahkan ambisimu untuk meraih cita-cita dan tujuan hidup.

Berbagai keraguan dan kekhawatiran muncul dalam benak mereka. Hal tersebut bisa muncul dan orang lain rasakan karena banyak faktor, seperti rasa iri dan gak mau tersaingi. Satu hal yang perlu kamu pahami yaitu semakin tinggi cita-cita dan tujuan yang ingin dicapai, maka akan semakin tinggi pula keraguan orang lain terhadap kemampuanmu. Oleh karena itu, kamu perlu menyiapkan mental untuk menyikapi mereka yang berusaha mematahkan ambisimu. Berikut adalah lima kiat yang bisa kamu lakukan.

1. Cari tahu apa alasan mereka berbuat seperti itu padamu 

5 Kiat Hadapi Orang yang Berusaha Mematahkan Ambisimuilustrasi berbicara (pexels.com/SHVETS production)

Jangan hanya menerima dan berdiam diri saja, apabila ada seseorang yang selalu meragukan kemampuanmu dalam meraih cita-cita dan tujuan. Bertindaklah dengan tegas agar mereka segera berhenti melakukan hal itu. Ajaklah mereka berbicara, tanyakan tentang apa alasannya berbuat seperti itu padamu.

Apabila alasan mereka masuk akal dan bermaksud baik padamu, maka kamu terimalah dengan lapang dada. Kemudian, melakukan introspeksi diri dan perbaiki apa yang masih kurang. Jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih karena telah memperhatikanmu.

2. Tuliskan alasan-alasan yang membuatmu ingin meraih tujuan itu 

5 Kiat Hadapi Orang yang Berusaha Mematahkan Ambisimuilustrasi orang menulis (pexels.com/Dziana Hasanbekava)

Bukan hanya demi mendapatkan perhatian atau pengakuan dari orang lain saja. Pastikan tujuan yang ingin kamu capai adalah sesuatu yang bermanfaat positif untukmu di masa depan. Tuliskan semua hal yang menjadi alasan mengapa kamu berambisi meraih tujuan tersebut.

Ketika kamu memiliki beberapa alasan yang kuat, maka kamu gak akan mudah rapuh ketika ada banyak orang yang meragukan kemampuanmu. Selain itu, cara ini juga ampuh mendorong dirimu untuk terus mengejar tujuan dan bisa membuatmu menikmati segala prosesnya.

3. Percayalah pada diri sendiri bahwa kamu mampu 

5 Kiat Hadapi Orang yang Berusaha Mematahkan Ambisimuilustrasi perempuan percaya diri (pexels.com/Edmond Dantès)

Ketika seseorang sedang berjuang untuk meraih cita-cita dan tujuan, memang dia akan membutuhkan dukungan juga dari orang lain. Namun, ada baiknya kamu juga perlu meyakinkan diri sendiri bahwa kamu bisa. Tingkatkan rasa percaya diri agar kamu gak selalu bergantung pada dukungan dari orang lain.

Ini penting karena pikiran seseorang pasti bisa berubah. Nah, apabila orang-orang yang biasanya mendukungmu. Kemudian, mereka mulai ragu dengan kemampuanmu, kamu bisa jadi akan kehilangan rasa percaya diri. Jadi, ada baiknya kamu mulai meningkatkan lagi kepercayaan diri. Apabila suatu saat ada orang lain yang ingin mengubur cita-cita dan tujuan hidupmu, kamu gak akan terpengaruh oleh mereka.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Terlalu Meremehkan Diri Sendiri

4. Berlatihlah untuk selalu fokus 

5 Kiat Hadapi Orang yang Berusaha Mematahkan Ambisimuilustrasi orang belajar (pexels.com/Karolina Grabowska)

Jika kamu sudah memiliki tujuan hidup dan sudah merencanakan banyak cara untuk meraihnya. Kamu seharusnya gak perlu merasa takut lagi jika ada komentar yang kurang menyenangkan untukmu. Berlatihlah agar kamu bisa selalu fokus dalam menjalani prosesnya dan rasakan manfaat positifnya di masa depan.

Jangan patah semangat untuk meningkatkan keterampilan yang kamu miliki saat ini, agar hal tersebut bisa kamu gunakan sebagai penunjang kesuksesan yang kamu cita-citakan. Kamu bisa melatih berbagai hal dari sekarang seperti, berlatih berbicara di depan umum, belajar berbagai macam bahasa asing dan yang lainnya.

5. Abaikan saja meraka 

5 Kiat Hadapi Orang yang Berusaha Mematahkan Ambisimuilustrasi bersabar menghadapi orang lain (pexels.com/fauxels)

Memiliki ambisi yang sehat untuk dapat mencapai sesuatu yang kamu inginkan, memang gak akan semudah yang kamu bayangkan. Ada saja hal-hal yang menghambat perjalananmu. Saat orang lain terus menerus meragukan impianmu, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah abaikan saja mereka.

Merasa sakit hati dan kecewa dengan perlakuan mereka memang hal yang wajar. Namun, bersabarlah karena rasa sakit yang kamu rasakan nanti akan tergantikan oleh rasa bahagia ketika kamu berhasil meraih apa yang kamu inginkan. Buktikan bahwa ambisimu terhadap sesuatu itu bukanlah omong kosong belaka.

Itulah kelima kiat yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi orang-orang yang berusaha mematahkan ambisimu, saat kamu sedang berjuang meraih cita-cita dan tujuan hidup. Bersabarlah dan buktikan bahwa kamu mampu meraihnya. Awal berjuang mungkin akan terasa berat, namun saat kamu terus belajar dan pantang menyerah. Kamu akan menjadi pribadi tangguh dalam mencapai sesuatu yang menjadi ambisimu.

Baca Juga: 5 Hal yang Akan Terjadi Jika Kamu Terlalu Meremehkan Orang Lain

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya