Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Mampu Bangkit dari Keterpurukan Masa Lalu

Sanggup melangkah lagi untuk perbaiki semuanya

Mengalami keterpurukan tentunya tidak diinginkan oleh hampir setiap orang. Akan tetapi, kehidupan tetap ada saja cobaannya.

Bagi kamu yang sedang tidak baik-baik saja, dan terus berjuang untuk kembali bangkit. Jika beberapa tanda berikut ini, kamu temui pada diri, maka artinya kamu mampu keluar dari fase keterpurukan.

1. Bisa menerima kenyataan yang ada

5 Tanda Kamu Mampu Bangkit dari Keterpurukan Masa Laluilustrasi menerima kenyataan hidup (pexels.com/Lamar Belina)

Terpuruk memang kenyataan yang kurang menyenangkan, tapi jika kamu bisa menerima semuanya dengan hati yang lapang. Maka, artinya kamu punya kemampuan untuk kembali bangkit.

Penerimaan atas hal-hal yang sudah berlalu, merupakan pembuka jalan bagimu untuk kembali menemukan pintu kebahagiaan. Sehingga, ke depannya, berbagai kesempatan baik dapat berdatangan.

2. Bisa mengambil pelajaran atas segala hal yang dirasakan

5 Tanda Kamu Mampu Bangkit dari Keterpurukan Masa Laluilustrasi mengambil pelajaran dari kehidupan (pexels.com/Porapak Apichodilok)

Pribadi yang telah bangkit dari rasa terpuruk ditandai dengan dirinya yang mampu mengambil pelajaran atas segala hal yang menimpanya. Semua yang terjadi selalu ada hikmah yang bisa dijadikan pembelajaran.

Meski, keadaan sedang tidak terkondisikan, berusahalah untuk menemukan pelajarannya. Sebab, itu dapat membuatmu semakin kuat lagi di masa depan, dan memudahkanmu untuk mengalami kebangkitan.

Baca Juga: 5 Bukti Dirimu Kini Sudah Berhasil Bangkit dari Keterpurukan

3. Tetap bersemangat melangkah ke depan

5 Tanda Kamu Mampu Bangkit dari Keterpurukan Masa Laluilustrasi bersemangat (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Tak semua orang tetap memiliki semangat setelah mengalami keterpurukan. Namun, jika kamu masih bersemangat untuk melangkahkan kaki ke depan, itu menandakan bahwa ada kemampuan diri untuk mencerahkan masa depan.

Untuk bangkit, memang membutuhkan proses. Maka, selagi masih ada semangat, pertahankan supaya ke depannya kamu perlahan tapi pasti mengalami keinginan bangkit yang lebih besar lagi.

4. Tak menyalahkan diri maupun keadaan

5 Tanda Kamu Mampu Bangkit dari Keterpurukan Masa Laluilustrasi berlapang dada (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tanda berikutnya yang menunjukkan seseorang mampu bangkit dari sakitnya rasa terpuruk yaitu, tidak menyalahkan diri maupun keadaan yang terjadi. Semua kamu terima dengan ikhlas, dan tetap berpikiran positif di berbagai situasi.

Apabila ini terjadi pada dirimu, yakinlah sebentar lagi fase bahagia akan kamu alami. Lagi pula menyalahkan berbagai hal atas sesuatu yang terjadi padamu, itu hanya membuang waktu dan energi saja. Akan lebih bijak, jika kamu fokus untuk memperbaikinya.

5. Kesehatan tidak terganggu

5 Tanda Kamu Mampu Bangkit dari Keterpurukan Masa Laluilustrasi kesehatan mental yang selalu terjaga (pexels.com/Natalie)

Terpuruk bisa membuat seseorang mengalami gangguan kesehatan, baik fisik hingga mentalnya. Namun, jika kamu tetap sehat dan stabil, itu menandakan ada kemampuan yang bisa membuatmu bangkit.

Tentu saja, kamu pun harus berusaha menjaga kesehatan. Pandai mengatur waktu beristirahat dan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, serta rutinkan diri melakukan meditasi, agar kesehatan mental semakin baik.

Terpuruk akibat pengalaman buruk di masa lalu, tidak akan berpengaruh bagi masa depanmu. Asalkan kamu berusaha untuk bangkit dan kembali fokus menjalani hari.

Jangan merasa rendah diri atas sesuatu yang sudah terjadi. Jika kelima tanda di atas kamu rasakan, artinya kamu bisa dan mampu menata kembali masa depan, agar semakin cemerlang.

Bahkan, dari fase terpuruk juga bisa sebagai pembuka kebahagiaan, baik dari sisi diri hingga karier yang sedang dibangun saat ini. Bangkitlah, meski bertahap tapi prosesnya sungguh luar biasa untukmu ke depannya.

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Kamu Susah Bangkit dari Keterpurukan

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya