Comscore Tracker

5 Manfaat Memaafkan Diri untuk Kehidupanmu Sendiri

Membantumu melepaskan rasa sakit hati

Memaafkan kesalahan yang telah kamu lakukan adalah tindakan yang bijaksana. Hal ini mampu membuat kehidupanmu lebih dipenuhi kedamaian atas diri sendiri.

Sebab, jika kamu belum mampu memaafkan diri, selain tidak tenang, untuk maju dan berkembang pun akan terasa sulit dilakukan. Berikut beberapa manfaatnya jika kamu memaafkan diri untuk hidupmu sendiri.

1. Membantumu dalam melepaskan sakit hati

5 Manfaat Memaafkan Diri untuk Kehidupanmu Sendiriilustrasi bersedih (pexels.com/Alena Darmel)

Rasa sakit hati datangnya tidak hanya dari perilaku yang kurang menyenangkan dari orang lain saja. Akan tetapi, juga dari ketidakmampuan diri dalam memaafkan kesalahan yang telah dilakukan.

Jika kamu bisa perlahan memaafkan, maka itu dapat membantumu dalam melepaskan rasa sakit hatinya. Apa pun yang sudah terjadi, biarkan menjadi pembelajaran diri.

2. Membuatmu tidak menyimpan rasa dendam

5 Manfaat Memaafkan Diri untuk Kehidupanmu Sendiriilustrasi orang yang menyimpan rasa dendam (pexels.com/Spencer Selover)

Seseorang yang bisa memaafkan orang lain saja, hatinya tidak akan penuh dendam kepada yang bersalah. Maka, untuk diri sendiri pun, sebaiknya perlakukanlah lebih dari itu.

Maafkan diri yang telah sengaja maupun tidak berbuat kesalahan. Manusia tidak ada yang sempurna, jangan terlalu keras menghukum diri, cobalah berbaik hati dengan memaafkan diri. Sehingga, rasa dendam kepada diri tidak akan semakin membesar hingga membebanimu.

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Berat Memaafkan Orang Lain, Telanjur Sakit Hati!

3. Meredakan kemarahan kepada diri

5 Manfaat Memaafkan Diri untuk Kehidupanmu Sendiriilustrasi orang sedang marah (pexels.com/Moose Photos)

Kemarahan pun bisa semakin memuncak, meski diri sendiri yang melakukan kekeliruan. Ketika diri dikuasai rasa marah, maka berkegiatan akan sulit untuk mendapatkan hasil maksimal.

Untuk itu, belajarlah memaafkannya, karena ini juga sebagai pintu kebahagiaan dan pembuka jalan kesuksesan di masa depan. Saat kemarahan perlahan terlepas dari diri, untuk menjalani hari nantinya, kamu akan ringan dalam melangkah.

4. Memudahkanmu menerima kenyataan

5 Manfaat Memaafkan Diri untuk Kehidupanmu Sendiriilustrasi menerima kenyataan hidup (pexels.com/Lamar Belina)

Menerima kenyataan yang mungkin kurang menyenangkan bagimu, memang hal yang tidak bisa instan dilakukan. Namun, dengan kamu berusaha memaafkan diri terlebih dulu, ini juga menjadi cara yang akan memudahkanmu dalam mengerti dan menerima kenyataan yang terjadi.

Apa pun kenyataan yang menimpamu, pasti ada hal baik di baliknya. Maka, tidak perlu kamu menggerutu hingga menyesalinya. Beri maaf dari hati yang terdalam, ikhlaskan semuanya, supaya hatimu bahagia.

5. Lebih mencintai diri dengan penuh kebijaksanaan

5 Manfaat Memaafkan Diri untuk Kehidupanmu Sendiriilustrasi mencintai diri sendiri (pexels.com/MART PRODUCTION)

Pribadi yang mencintai dirinya, selalu bisa memaafkan orang lain yang menyakiti dan memaafkan dirinya sendiri yang telah bersalah. Itulah sebabnya, kehidupan yang dijalaninya terasa damai dan sejahtera.

Oleh karena itu, berusahalah memaafkan diri sebagai tanda kamu mencintai diri sendiri. Cinta kepada diri, bukanlah hal yang egois. Justru, ini menjadi tindakan yang perlu diutamakan. Ketika, dirimu dipenuhi perasaan cinta, maka orang sekitar pun akan ikut merasakan kebahagiaannya.

Memaafkan diri sangat banyak manfaat positifnya bagi kehidupan yang kamu jalani, baik di masa kini maupun yang akan datang nanti. Kebahagiaan mudah untuk ditemukan, karena dirimu tidak menyimpan emosi negatif.

Lakukan saja perlahan, tidak perlu terlalu dipaksakan. Biarkan semua berjalan secara alami, dan kedamaian hati pun akan selalu mengiringi. Nantinya, di setiap hari pasti kamu akan semakin produktif dan mampu mencetak banyak prestasi. Itu semua karena kamu telah memaafkan kesalahan yang sudah terjadi, serta ada kemauan untuk memperbaiki.

Baca Juga: 5 Tips Cara Memaafkan Orang Lain, Baik untuk Dirimu Sendiri!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya