Comscore Tracker

5 Alasan Mengalami Masa Sulit Gak Selalu Berakhir Pahit

Kesulitan akan mengajarkanmu untuk tumbuh dan berkembang

Mengalami kesulitan dalam hidup memang menjadi tantangan tersendiri, sebab perlu upaya yang cukup keras darimu agar bisa melaluinya dengan baik. Jatuh bangun itu sudah menjadi bagiannya, tapi jika kamu berhasil melewatinya, maka akan ada kebahagiaan setelah masa sulit itu berlalu.

Jadi, apabila sekarang kamu sedang diuji dengan berbagai jenis kesulitan, tetaplah tenang dan lalui saja dengan upaya yang terbaik. Berikut ada lima alasan yang perlu kamu baca, supaya semakin memahami bahwa, mengalami masa sulit, itu gak akan selalu berakhir pahit.

1. Setiap masalah selalu ada dampak baiknya 

5 Alasan Mengalami Masa Sulit Gak Selalu Berakhir Pahitilustrasi berpikir positif (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tak semua masalah membawa duka bagi kehidupan, asalkan kamu mau dan mampu menghadapinya dengan penuh kebijaksanaan. Masalah hidup akan selalu ada dan tak hanya kamu saja yang mengalaminya. Hampir semua orang memiliki masalahnya masing-masing, tinggal bagaimana caranya mereka menghadapinya.

Jika kamu berpandangan positif dan menyikapinya dengan cara yang baik, maka permasalahan pasti akan selesai secara tuntas dan menghasilkan kebaikan. Bisa berdampak baik, karena setiap kamu menghadapi masalah, pasti akan ada upaya untuk mencari solusinya, sehingga pada proses ini, kamu juga bisa belajar banyak hal yang tentu saja meningkatkan kualitas hidupmu.

2. Sarana belajar memahami kehidupan di masa lalu untuk lebih baik di masa depan 

5 Alasan Mengalami Masa Sulit Gak Selalu Berakhir Pahitilustrasi mengevaluasi pengalaman masa lalu (pexels.com/Dids)

Masa-masa sulit juga sebagai sarana untukmu belajar memahami kehidupan. Ketika, semua sudah terlewati, pengalaman sulit di masa lalumu bisa menjadi pembelajaran untuk bisa lebih baik lagi di masa depan. Terkadang, masalah juga bisa membuat hidupmu semakin bermakna, asalkan disikapi secara positif, ya.

Maka, jika saat ini kamu sedang menghadapi masa-masa sulit, tetaplah berusaha untuk berprasangka baik. Sebab, pengalaman burukmu di masa sekarang yang sedang kesulitan, akan menjadikanmu pribadi yang lebih baik di masa mendatang. Belajarlah dari masalah-masalah di masa sulitmu, supaya jika suatu saat mengalaminya kembali, kamu gak akan lagi merasa sulit dan tertekan.

3. Pernah mengalami masa sulit, membuatmu gak panik saat ada masalah 

5 Alasan Mengalami Masa Sulit Gak Selalu Berakhir Pahitilustrasi merasa panik (pexels.com/SHVETS production)

Alasan berikutnya, mengapa masa sulit gak selalu berakhir pahit yaitu, dari pengalamanmu tersebut, secara otomatis akan membuatmu gak panik, seandainya suatu saat kamu kembali dihadapkan pada permasalahan. Terbiasa menghadapi kesulitan, kamu akan menjadi pribadi yang terlatih ketika harus menyelesaikan konflik maupun permasalahan.

Seseorang yang sudah terbiasa berada dalam masa-masa sulit, pasti gak akan mudah panik dan gelisah, jika dia berhadapan lagi dengan permasalahan. Entah itu tergolong mudah maupun sulit, kamu tetap bisa tenang dan fokus untuk menemukan solusi terbaiknya.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Sepele yang Bikin Kamu Kesulitan Menabung

4. Meningkatkan kemampuanmu dalam hal pemecahan masalah 

5 Alasan Mengalami Masa Sulit Gak Selalu Berakhir Pahitilustrasi orang sedang memecahkan suatu permasalahan (pexels.com/AlphaTradeZone)

Sedang alami masa sulit? Tak perlu khawatir, berupayalah saja melakukan yang terbaik. Sebab, masa-masa seperti ini, merupakan kesempatan untukmu belajar dalam meningkatkan kemampuan memecahkan permasalahan.

Masa sulit tak selalu berakhir pahit, memang benar adanya. Hal tersebut dikarenakan, jika kamu berani menghadapi kesulitan, maka secara bersamaan kemampuanmu dalam memecahkan suatu permasalahan, akan terus meningkat. Peganglah sebuah prinsip, bahwa setiap jenis kesulitan pasti akan selalu ada jalan keluarnya yang bisa memudahkanmu. Nah, sekarang tinggal bagaimana usahamu mencari jalan kemudahan tersebut.

5. Kesulitan saat ini, bisa menjadi hal yang meringankanmu di masa depan 

5 Alasan Mengalami Masa Sulit Gak Selalu Berakhir Pahitilustrasi orang sedang berjalan (pexels.com/MART PRODUCTION)

Mengalami masa-masa sulit, berarti kamu harus ada semangat dan usaha untuk bisa melewati semuanya. Usaha yang kamu lakukan sekarang pasti melalui proses dan perjuangan. Kedua hal tersebut adalah senjata untukmu bisa bertahan di masa depan. Sebab, kesulitan yang sama mungkin saja bisa kembali terjadi.

Jika, sekarang kamu berhasil melaluinya, maka pengalaman kamu dalam berusaha akan menjadi pembelajaran yang bisa kamu terapkan kembali, apabila di masa depan kamu mengalami kesulitan yang sama. Sehingga, hal-hal yang semula sulit, gak akan terasa memberatkan diri lagi, sebab kamu sudah tahu tentang bagaimana cara menghadapinya. Maka, kesulitan di masa lalu bisa menjadi sarana untuk meringankan beban di masa sekarang.

Pertahankan pikiran dan sikap positifmu dalam segala situasi. Apabila saat ini kamu sedang berada dalam masa sulit, ingatlah kembali kelima alasan tadi. Teruslah bersemangat dan kuatkan dirimu. 

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kamu Kesulitan saat Melakukan Decluttering

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya