Comscore Tracker

5 Alasan Pengembangan Diri Mampu Memperkokoh Ketahanan Mental

Membuatmu mampu bertahan dalam berbagai situasi 

Salah satu hal yang penting untuk bisa mencapai kehidupan yang membahagiakan adalah dengan cara melakukan pengembangan diri. Dengan begitu, ketika kamu dihadapkan dengan berbagai halangan dan rintangan dalam kehidupan. Kamu akan mampu menghadapinya dengan baik.

Dengan melakukan pengembangan diri, kamu akan menjadi orang yang mampu bertahan dalam berbagai situasi dan kondisi. Banyak manfaat baik yang akan kamu dapatkan jika mau melakukan pengembangan diri. Maka, penting banget agar setiap orang mau melakukan pengembangan diri, agar ketahanan mentalmu semakin kokoh. Berikut lima alasannya, simak baik-baik, ya.

1. Melakukan pengembangan diri membuatmu memiliki kesadaran terhadap diri sendiri 

5 Alasan Pengembangan Diri Mampu Memperkokoh Ketahanan Mentalilustrasi sedang bercermin (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Percayalah bahwa pengembangan diri itu mampu membawamu untuk menemukan jiwamu yang sebenarnya. Dengan melakukan hal ini, kamu akan belajar untuk lebih mengenali diri sendiri, sehingga membuatmu memiliki kesadaran diri. Ketika kamu sudah menyadari dan mengenali dirimu sendiri, maka kamu akan mudah untuk melakukan hal-hal lain saat proses mengembangkan diri.

Memiliki kesadaran diri akan membuatmu mengetahui tujuan dan makna hidupmu selama ini. Jika masih bingung bagaimana cara melakukannya, maka cobalah bertanya pada diri tentang bagaimana sikap yang akan ditunjukkan jika kamu memiliki suatu keterampilan tertentu? Apakah hal tersebut dapat mendorongmu untuk terus mengembangkan diri atau sebaliknya?

Apabila kamu serius dan berkomitmen dalam mengembangkan diri, maka secara otomatis kamu akan memiliki kesadaran diri. Dengan begitu, ketika terjadi suatu permasalahan, kamu gak akan membiarkannya berlalu begitu saja, melainkan akan terus berupaya untuk menentukan langkah yang tepat dalam menjalani kehidupan.

2. Pengembangan diri membuat segalanya lebih terarah 

5 Alasan Pengembangan Diri Mampu Memperkokoh Ketahanan Mentalilustrasi sedang belajar bersama (pexels.com/cottonbro)

Ketika kamu sudah memiliki kesadaran diri, maka kamu akan memiliki kesadaran dan dorongan yang kuat untuk bisa mencapai sesuatu yang kamu inginkan dalam hidup ini. Hal tersebut jelas membuatmu semakin terarah, dan kamu juga akan semakin fokus untuk terus memperbaiki kualitas diri.

Jika kamu sudah lebih terarah, maka kamu akan mencoba untuk menggunakan waktu dengan sebaik dan sebijak mungkin. Melakukan pengembangan diri akan membuatmu tahu bahwa kehidupan yang sedang dijalani itu selalu penuh dengan warna. Inilah yang membuatmu semakin terarah untuk kehidupan. Ketika diri sudah lebih terarah, pencapaian terbaikmu pun akan bisa kamu raih.

Baca Juga: 5 Cara Praktis Mengembangkan Diri Melalui Growth Mindset

3. Berusahalah untuk selalu fokus 

5 Alasan Pengembangan Diri Mampu Memperkokoh Ketahanan Mentalilustrasi fokus bekerja (pexels.com/cottonbro)

Tingkatkan lagi fokus perhatianmu untuk mengembangkan diri, karena hal tersebut dapat membawamu kepada suatu kehidupan yang lebih jelas. Gak banyak orang yang memahami mengenai apa yang mereka butuhkan dan hal-hal apa saja yang mereka inginkan. Hal tersebut tentu dapat memicu stres.

Pengembangan diri yang rutin dilakukan akan membuat hidupmu lebih terarah dan semuanya dapat berjalan secara efektif. Salah satu hal yang akan terus-menerus terjadi dalam perjalanan hidup adalah pengembangan diri. Dengan begitu, kamu menjadi mudah dan berani dalam mengambil keputusan.

4. Ciptakan hubungan yang baik 

5 Alasan Pengembangan Diri Mampu Memperkokoh Ketahanan MentalIlustrasi pertemanan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ketika kamu sudah melakukan pengembangan diri, maka kamu akan menjadi seseorang yang lebih menghargai hubungan dengan orang lain. Melakukan pengembangan diri akan membuatmu bersedia untuk berintrospeksi, agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Kamu juga menjadi pantang untuk bersikap menghargai siapa saja.

Berusahalah juga untuk memberikan apresiasi kepada orang lain. Bila kamu bersalah, jangan pernah malu untuk mengakuinya, dan cobalah beranikan dirimu untuk mengucapkan kata maaf yang tulus. Dengan begitu, hubungan kamu dengan sosial juga akan menjadi hangat kembali.

5. Memiliki pertahanan yang kokoh 

5 Alasan Pengembangan Diri Mampu Memperkokoh Ketahanan MentalIlustrasi laki-laki tangguh (pexels.com/Burst)

Halangan dan rintangan akan selalu hadir dalam kehidupan setiap orang. Nah, dengan melakukan pengembangan diri, kamu akan siap dan mampu menjalani berbagai halangan yang datang menghampirimu. Memiliki ketahanan mental yang kokoh membuatmu memiliki kesadaran yang lebih dalam. Dengan begitu, ketika mengalami banyak tantangan, kamu mampu melewatinya.

Pengembangan diri akan menaikkan motivasimu dalam menjalani kehidupan yang penuh dengan ketidakpastian. Apa pun yang akan terjadi, pasti kamu akan selalu bersemangat menghadapinya. Seberat dan sebesar apa pun halangan yang menghampirimu, semuanya gak akan menjadi beban,

Setiap orang terlahir berbeda dengan yang lainnya. Kuncinya adalah jika kamu ingin berhasil mengembangkan diri, maka jangan pernah sekalipun membanding-bandingkan diri dengan orang lain. Jadikan saja perbedaan yang terjadi itu sebagai motivasi.

Baca Juga: 5 Cara Membangun Ketahanan Mental Saat Sedang Diterpa Masalah

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya