Comscore Tracker

5 Pentingnya Ketulusan dalam Setiap Tindakan Bagimu yang Mudah Terluka

Jika menyadari diri mudah merasa, tulus saja dalam berbuat

Perasaan setiap orang berbeda, ada yang mudah membawanya dalam setiap tindakan, ada juga yang tak terlalu memusingkannya. Khusus untukmu yang menyadari bahwa diri mudah terluka akibat memiliki perasaan sensitif yang tinggi, penting sekali meningkatkan ketulusan hati.

Apa pun yang kamu lakukan, sertailah ketulusan dalam setiap tindakannya sehingga tak mudah terluka, jika kenyataan tak sesuai harapan. Tak perlu mengharapkan balasan yang sama atas segala kebaikan yang kamu berikan. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Segala perbuatan baikmu tak akan terasa memberatkan diri 

5 Pentingnya Ketulusan dalam Setiap Tindakan Bagimu yang Mudah Terlukailustrasi berbuat baik terasa ringan dan menyenangkan (pexels.com/SHVETS production)

Ketulusan hati dalam berbuat baik kepada orang lain, perlu dimiliki oleh setiap manusia. Untukmu yang menyadari bahwa perasaannya sangat peka, cobalah tingkatkan ketulusan saat bertindak apa saja.

Kebaikan yang dilakukan tak akan memberatkan diri, sebab dijalani dengan hati yang tulus, tanpa mengharapkan balasan. Sehingga ketika tak mendapatkan kebaikan yang sama atau orang lain menyalahartikan perbuatan baikmu. Itu tak akan melukai perasaan.

2. Energi positif gak cepat habis 

5 Pentingnya Ketulusan dalam Setiap Tindakan Bagimu yang Mudah Terlukailustrasi tulus berbuat baik meningkatkan energi positif dalam diri (pexels.com/Alena Darmel)

Melakukan segala sesuatu yang didasari ketulusan hati, penting sekali terutama bagi kamu yang selama ini mudah terluka. Sakit hati yang dirasakan merupakan salah satu hal yang membuat energi positif cepat habis. Sehingga, ketika akan bertindak, ikhlas saja sebagai upaya menjaga energi positif yang ada di dalam diri.

Semakin tulus hatimu, energi positif akan terus terisi. Dengan begitu, dalam setiap tindakanmu tak akan ada paksaan, dan semakin semangat pula menebarkan kebaikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Terkait respons dari orang lain, ketika ada yang menyinggung perasaan maupun tak menghargai kebaikanmu, gak akan terlalu membuat terluka, sehingga energimu tetap ada.

Baca Juga: 6 Alasan Sikap Ramah Tak Selalu Bikin Orang Nyaman, Takut Gak Tulus

3. Mampu membangun hubungan sosial yang sehat 

5 Pentingnya Ketulusan dalam Setiap Tindakan Bagimu yang Mudah Terlukailustrasi hubungan sosial yang sehat dan berkualitas (pexels.com/Thirdman)

Kemampuan membangun hubungan sosial yang sehat, bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk kamu yang mudah merasa terluka akibat perasaan begitu sensitif. Tak perlu khawatir dan takut dalam berkegiatan sosial, percayalah jika kamu mengutamakan ketulusan, pasti mampu membangun hubungan sosial.

Kamu tak akan mudah terlukai, jika segala hal yang dilakukan atas dasar ketulusan. Setiap orang memiliki pandangannya masing-masing, jika ada yang mampu memandangmu secara positif, bersyukurlah. Namun, apabila ada yang salah mengartikan kebaikanmu, tak akan mampu melukai perasaan, sebab memiliki niat tulus pasti tak akan menuntut orang lain untuk menanggapi dengan baik juga.

4. Mudah menerima kenyataan 

5 Pentingnya Ketulusan dalam Setiap Tindakan Bagimu yang Mudah Terlukailustrasi menerima kenyataan (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Pentingnya mendasari setiap perbuatan dengan ketulusan, sangat perlu dilakukan, apalagi jika kamu memiliki perasaan sensitif yang mudah terlukai. Jika tak ingin selalu merasa tersakiti, cobalah untuk menerima kenyataan yang terjadi.

Penyebab mengapa selalu merasa tersakiti, meski niatnya berbuat baik yaitu, karena ketidakmampuan diri dalam menerima kenyataan yang kadang tak terduga. Pada umumnya, saat berbuat baik, pasti dibalas dengan kebaikan. Namun, faktanya dalam kehidupan sosial, tak selalu seperti itu. Maka, penting sekali memiliki ketulusan hati, supaya kamu gak mudah terlukai, karena bisa menerima segala jenis kenyataan yang dihadapi.

5. Apapun timbal baliknya, rasa bahagia tetap ada

5 Pentingnya Ketulusan dalam Setiap Tindakan Bagimu yang Mudah Terlukailustrasi ketulusan menghadirkan rasa bahagia (pexels.com/Visionair Media)

Hal berikutnya yang perlu kamu tahu, mengapa begitu penting memiliki ketulusan hati dalam setiap tindakan baikmu yaitu, supaya seperti apa pun timbal baliknya, tak mudah membuatmu merasa terluka. Itu disebabkan, karena ketulusan tindakan mampu memberikan rasa bahagia, sekalipun tanggapan orang lain tak menyenangkan.

Berperasaan sensitif tak akan menghalangi kebahagiaan datang menghampiri, yang penting dasari ketulusan atas segala tindakan yang kamu lakukan. Sehingga, fokusmu hanya akan ke berbuat baik saja, dan tak memikirkan tanggapan yang akan diberikan. Jadi, baik atau buruk timbal baliknya, bahagia tetap bisa dirasakan karena telah meniatkan hati untuk berbuat baik tanpa peduli terhadap responsnya.

Untukmu yang mudah terluka, jangan berhenti berbuat baik, ya. Tulus saja dalam melakukannya, tak perlu berharap balasan yang sama sebagai bentuk perlindungan perasaan. Percayalah, segala kebaikan akan tetap ada bahagianya ketika kamu telah melakukannya.

Bahagia tak selalu datang dari respons orang atas kebaikanmu. Dasari setiap tindakan dengan rasa tulus agar kamu semakin luas dalam berpikir dan mampu menjaga perasaan yang sensitif dari luka yang sebenarnya tak perlu dirasakan.

Baca Juga: Disegani karena Kebaikannya, 5 Zodiak Ini Memang Tulus Banget Hatinya

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya