Comscore Tracker

5 Sifat yang Bikin Kamu Diterima oleh Orang Lain, Gak Harus Sempurna

Tanamkan dalam diri dan jadikan kebiasaan 

Bisa diterima di lingkungan masyarakat, tentu diinginkan oleh semua orang. Namun, hal tersebut belum pasti semua orang bisa dengan mudah diterima oleh masyarakat sekitarnya. Mungkin ada yang memiliki anggapan bahwa untuk bisa diterima oleh orang lain itu karena faktor jabatan, kekayaan atau keberhasilannya dalam mencapai sesuatu. Padahal, sebenarnya orang lebih mudah diterima dalam suatu lingkungan masyarakat itu karena sifat dan perilakunya.

Apakah kamu ingin mudah diterima oleh orang lain dalam semua jenis lingkungan? Berikut ada lima sifat yang bisa kamu tanamkan dalam diri untuk dijadikan sebagai kebiasaanmu. Dengan begitu, di mana saja kamu berada, maka orang lain akan dengan mudah menerimamu. Yuk, simak penjelasan lengkapnya.

1. Memiliki sifat rendah hati 

5 Sifat yang Bikin Kamu Diterima oleh Orang Lain, Gak Harus Sempurnailustrasi tersenyum (pexels.com/Maksim Goncharenok)

Ketika kamu memperlakukan orang lain, dari situlah kerendahan hatimu bisa terlihat. Perlakukan orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan. Orang yang memiliki sifat ini, gak akan menganggap dirinya selalu lebih baik dari orang lain. Dia gak pernah memandang siapa pun dalam berteman dan dalam hal-hal lainnya.

Meskipun, kamu memiliki jabatan tinggi atau prestasi yang banyak dan luar biasa. Hal tersebut bukan menjadi alasan untuk kamu membeda-bedakan orang lain denganmu. Memiliki sifat rendah hati gak akan membuatmu memandang orang lain secara rendah. Hal ini dikarenakan kamu menyadari betul bahwa sebaik apa pun dirimu, pasti memiliki kekurangan juga.

2. Selalu bersikap jujur 

5 Sifat yang Bikin Kamu Diterima oleh Orang Lain, Gak Harus Sempurnailustrasi berbicara (pexels.com/Monstera)

Orang yang selalu bersikap jujur pasti akan disukai oleh siapa saja. Tanamkan sifat ini sejak dini, karena hal ini dapat membuat orang lain menghormati dan menghargaimu. Maka, kamu harus selalu berusaha menjaga kepercayaan yang sudah orang lain berikan padamu. Berkata dan bersikap jujurlah dalam situasi dan kondisi apa pun.

Ketika kamu selalu jujur kepada orang lain, percayalah bahwa mereka juga akan melakukan hal yang sama padamu. Selain dapat menumbuhkan rasa saling percaya, sikap jujur juga mampu menjauhkanmu dari rasa curiga yang berlebihan kepada orang lain. Tentu sikap curiga hingga merasa khawatir dapat merusak sebuah hubungan sosialmu dengan orang lain.

Baca Juga: 5 Alasan Jujur pada Diri Sendiri Itu Penting, Patut Dilakukan!

3. Belajarlah menghargai orang lain tanpa memandang siapa orang tersebut 

5 Sifat yang Bikin Kamu Diterima oleh Orang Lain, Gak Harus Sempurnailustrasi sikap menghargai orang lain (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Apabila kamu ingin dihargai orang lain, maka kamu juga harus menghargai orang lain dulu. Jika kamu memperlakukan orang lain dengan bijaksana dan menghormatinya, mereka pasti akan menghargaimu. Oleh karena itu, jangan bersikap gak sopan dan merendahkan orang lain. Kamu gak mau dicap sebagai orang yang sombong, bukan?

Sikap menghargai orang lain merupakan suatu hal yang gak ternilai harganya. Di mana saja kamu berada dan dengan siapa saja kamu berhadapan, jika kamu selalu menghargai orang-orang yang kamu temui, percayalah hati orang lain pasti akan terbuka dan mau menghargaimu juga, meski kalian tak saling mengenal sekalipun. Yuk, mulai belajar untuk menghargai siapa saja tanpa pandang bulu. Dengan begitu, kamu akan mudah diterima siapa saja.

4. Mampu menjaga kepercayaan yang orang lain berikan padamu 

5 Sifat yang Bikin Kamu Diterima oleh Orang Lain, Gak Harus SempurnaIlustrasi saling menatap (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Apabila kamu sudah diberikan kepercayaan oleh orang lain, maka berusahalah untuk menjaganya. Jangan sampai kamu lalai terhadap tanggung jawabmu. Ketika kamu lalai dan gak menepati janjimu, maka orang lain akan kecewa dan pastinya sulit untuk kembali mempercayaimu. Jika sudah sepeti itu, tentu kamu gak akan dihargai dan diterima oleh orang lain, karena kamu dianggap sebagai orang yang suka berkhianat.

Kepercayaan itu bisa kamu dapatkan, namun sulit untuk mempertahankannya dan gak bisa ditukar oleh apa pun. Faktor ini menjadi hal dasar dan penting jika kamu ingin diterima oleh orang lain dalam lingkungan apa pun. Hubungan sosialmu dengan mereka akan terjalin dengan baik. Untuk membangun sebuah kepercayaan juga gak bisa dalam waktu yang singkat.

Kepercayaan bisa kamu dapatkan ketika orang lain mulai merasa nyaman denganmu. Gak perlu khawatir, untuk mendapatkan kepercayaan orang lain, kamu gak perlu melakukan sesuatu yang besar, mulai saja dari hal-hal sederhana, seperti datang tepat waktu ketika kamu sudah berjanji untuk bertemu.

5. Selalu membantu orang lain 

5 Sifat yang Bikin Kamu Diterima oleh Orang Lain, Gak Harus Sempurnailustrasi memberi semangat kepada orang lain (pexels.com/iPrice Group)

Membantu orang lain, bukan hanya tentang memberikan materi saja. Namun, dalam segala hal yang dapat meringankan beban orang lain itu juga sudah bisa dikatakan membantu. Misalnya, memberi orang lain saran untuk menjadi lebih baik, memberi semangat dan motivasi untuk terus berkarya, dan hal positif lainnya akan membuatmu diterima oleh orang lain.

Jika kamu berhasil menerapkan sikap ini dalam keseharian menjalani hidup, kamu pasti akan disukai oleh siapa saja yang ada di sekitarmu. Selain itu, kamu juga akan menjadi contoh bagi orang banyak. Selagi kamu mampu, mengapa gak dilakukan? Bantulah orang lain yang membutuhkan, selain akan menimbulkan rasa bahagia, kehadiranmu juga akan selalu mereka nantikan.

Ingatlah bahwa untuk bisa diterima oleh masyarakat, kamu gak perlu menjadi orang lain. Tetaplah bangga menjadi diri sendiri, perbaiki lagi yang masih kurang dan milikilah sifat-sifat di atas.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Kepercayaan Diri

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya