Comscore Tracker

5 Sikap Bijak yang Perlu Dilakukan Saat Kamu Terus Dibandingkan

Jangan emosi dan tahan dirimu untuk gak melawan

Apakah kamu merasa sering dibandingkan-bandingkan dengan orang lain? Baik itu oleh orangtua, keluarga, teman-teman, atau bahkan pasanganmu.

Rasanya pasti gak enak dan kesal banget ya terus-menerus dibandingkan dengan orang lain, entah dari sisi pendidikan, prestasi, finansial, dan sebagainya. 

Mungkin ada yang melakukannya karena memiliki tujuan positif yaitu untuk kebaikanmu. Namun, tetap saja hal tersebut sangat membuatmu gak betah berlama-lama bersama mereka.

Lalu, bagaimana caranya agar kamu bisa menghadapi orang-orang yang hobi banget membanding-bandingkanmu dengan orang lain? Nah, supaya kamu gak semakin kesal dan bisa tetap semangat menjalani hidup, berikut ada lima sikap bijak yang perlu kamu lakukan jika dirimu terus menerus dibanding-bandingkan.

1. Tunjukkan kemampuan yang kamu miliki 

5 Sikap Bijak yang Perlu Dilakukan Saat Kamu Terus Dibandingkanilustrasi orang berprestasi (pexels.com/Moose Photos)

Salah satu hal yang cukup penting untuk dilakukan saat kamu terus-menerus dibandingkan dengan orang lain yaitu, menunjukkan kemampuan yang kamu miliki kepada mereka. Mengapa hal ini penting? Karena biasanya ketika seseorang terus dibandingkan dengan yang lainnya, dia akan menjadi kurang termotivasi dan semangat dalam menjalani aktivitas kesehariannya.

Ketika kamu menjadi bahan perbandingan, maka jangan menyerah dan putus asa. Tetaplah menjaga emosi dan energi dalam diri untuk selalu menunjukkan kemampuan yang terbaik dari dirimu.

Daripada terus merasa pilu, lebih baik waktu dan energimu digunakan untuk memberikan bukti kepada mereka bahwa kamu mampu dan berkualitas.

Tetaplah percaya diri dengan kemampuan yang kamu miliki ya dan tunjukkan kepada semua orang, meski kamu berbeda namun tetap bernilai.

2. Berpegang teguhlah pada dirimu sendiri 

5 Sikap Bijak yang Perlu Dilakukan Saat Kamu Terus Dibandingkanilustrasi orang berpendirian kuat (pexels.com/Rene Asmussen)

Terkadang, orang-orang yang terus-menerus membandingkan dirimu dengan lainnya, itu dikarenakan ada patokan standar dari lingkungan pergaulannya.

Akan ada banyak jenis mengenai standar hidup. Nah, jadikan saja hal-hal tersebut sebagai pilihan bagimu. Bukan malah kamu jadikan sebagai standarmu juga.

Setiap orang memiliki standar hidupnya masing-masing. Jika memang berbeda, itu bukan hal yang salah, kok. Tetaplah berpegang teguh pada pendirianmu sendiri. Percayalah, jika kamu mengikuti standar orang lain, nantinya kamu sendiri yang akan semakin tersiksa dan gak nyaman.

Dengan teguh pada pendirianmu sendiri, maka ketika orang lain kembali membandingkanmu dengan yang lain, kamu gak akan merasa kesal dan gak sampai terpengaruh oleh mereka.

Baca Juga: 5 Dampak Negatif Akibat Terlalu Sering Dibandingkan Dengan Orang Lain 

3. Jangan ragu untuk meminta dukungan dari mereka 

5 Sikap Bijak yang Perlu Dilakukan Saat Kamu Terus Dibandingkanilustrasi sedang berbicara (pexels.com/Armin Rimoldi)

Cara berikutnya yang menunjukkan bahwa kamu mampu bersikap bijak saat terus menerus dibandingkan yaitu, meminta dukungan dari mereka yang membandingkanmu dengan orang lain.

Saat sedang dibandingkan dengan temanmu atau anggota keluarga yang lain, cobalah untuk menjelaskan tentang kemampuan yang kamu miliki dan mintalah dukungan dari mereka supaya kamu menjadi lebih bersemangat lagi mengasah kemampuan yang ada.

Kamu bisa mengajak berbicara mereka. Gak perlu takut akan responsnya, karena yang terpenting adalah sampaikanlah dengan sopan dan santun. Pasti dia akan berusaha mengerti dan memahamimu.

Katakan pada mereka bahwa setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda dan mintalah dukungan kepada mereka, terutama secara mental agar kamu terus termotivasi dalam mengembangkan potensi diri.

4. Jangan melawan mereka 

5 Sikap Bijak yang Perlu Dilakukan Saat Kamu Terus Dibandingkanilustrasi orang berdebat (pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Terus-menerus dibandingkan dengan orang lain memang sangat menyebalkan. Terkadang kamu juga pasti merasa gak bisa menahan emosi diri. Rasanya ingin sekali membalas omongan mereka. Namun, akan lebih baik dan bijak lagi jika kamu menahan diri untuk gak melawan mereka.

Daripada kamu membuang-buang energi dan pikiranmu hanya untuk merasa kesal dan marah akibat terus dibandingkan dengan orang lain, lebih baik jika kamu bersedia menerima perlakuan mereka apabila dari beberapa faktor orang yang dibandingkan denganmu itu memang lebih unggul darimu.

Selain itu jika kamu ingin menyampaikan isi hati, katakanlah kepada mereka bahwa kamu mungkin belum sebaik orang tersebut, namu kamu akan terus bersemangat dan berusaha memberikan yang terbaik.

5. Jangan dimasukkan hati dan berikan saja bukti 

5 Sikap Bijak yang Perlu Dilakukan Saat Kamu Terus Dibandingkanilustrasi orang sukses (pexels.com/sumit kapoor)

Saat kamu mengalami hal ini yaitu selalu dibandingkan dengan orang lain, hal tersebut memang membuatmu gak senang. Namun, jangan dimasukkan ke dalam hati, ya. Bersabarlah dan respons mereka dengan bijak. Lebih baik fokus saja memperbaiki diri dan meningkatkan kualitasmu. Kemudian, buktikan saja ke mereka bahwa kamu mampu dan bisa menjadi yang terbaik.

Gak perlu berkecil hati karena setiap orang pasti memiliki waktunya masing-masing dalam menggapai kesuksesan diri. Saat kamu mampu bersikap cuek dan tetap memiliki optimis dalam diri, maka omongan negatif orang lain gak akan bisa memengaruhimu. Jadi, tetap bersemangatlah untuk mengembangkan dirimu dan buktikan kepada mereka bahwa setiap orang bisa meraih sukses dengan caranya masing-masing.

Itulah kelima sikap bijak yang perlu kamu lakukan saat orang-orang terus-menerus membandingkan dirimu dengan yang lain. Memang rasanya gak enak dan gak nyaman saat menjadi bahan perbandingan, apalagi tentang kemampuan diri, itu sangat sensitif.

Kuncinya adalah tetaplah jalin komunikasi yang baik dengan mereka. Jangan melawan, tapi bercerita saja ke mereka mengenai perasaanmu saat dibandingkan dengan orang lain.

Jika kamu menyampaikan isi hatimu, pasti mereka akan memahami bahwa kamu gak nyaman jika terus dibanding-bandingkan.

Membuat orang lain paham tentang perasaanmu, juga bukan hal yang mudah. Namun cobalah saja dulu, siapa tahu mereka mengerti dan luluh saat kamu tulus dalam mengungkapkannya.

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu Katakan pada Dirimu ketika Sering Dibandingkan

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya