Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Punya Kepercayaan Diri yang Baik

Gak kurang, gak juga lebih

Kepercayaan diri adalah suatu hal yang gak muncul begitu saja, sebab semuanya membutuhkan waktu dan proses dalam mengembangkannya. Nah, seiring proses berjalan, kamu juga bisa melihat tanda-tandanya, lho. Penasaran seperti apa tanda bahwa seseorang itu memiliki kepercayaan diri yang baik? Berikut lima tanda yang muncul dari pribadi yang percaya diri.

1. Gak pernah takut untuk membuat kesalahan 

5 Tanda Kamu Punya Kepercayaan Diri yang Baikilustrasi seseorang yang berani mencoba hal baru (pexels.com/Thirdman)

Kepercayaan diri yang ada dalam pribadi seseorang bisa dilihat dari caranya dalam bersikap. Seseorang yang kepercayaan dirinya baik, gak akan pernah takut membuat kesalahan, bukan berarti disengaja, tapi karena dia selalu berani mencoba hal baru dan gak takut jika ternyata nantinya salah.

Bukan juga karena dirinya merasa paling benar. Namun, lebih tepat berani berpendapat maupun mengambil sebuah tindakan, tanpa merasa takut duluan. Jika, kamu masih selalu diliputi ketakutan saat akan bertindak, berarti kamu belum percaya diri.

Mempertimbangkan sesuatu sebelum bertindak itu baik, tapi janganlah sampai berpikir berulang kali hanya karena merasa takut, hingga pada akhirnya kamu mengurungkan segala niat untuk melakukan sesuatu.

2. Berani mengakui kesalahan yang telah dilakukan 

5 Tanda Kamu Punya Kepercayaan Diri yang Baikilustrasi orang mengakui kesalahannya (pexels.com/Jack Sparrow)

Tanda bahwa sebenarnya seseorang memiliki rasa percaya diri yang baik yaitu, ketika dia berani untuk mengakui kesalahan yang telah dilakukannya. Hampir setiap manusia pernah melakukan kesalahan selama hidupnya. Namun, gak semua orang berani mengakuinya, bahkan ada yang menyangkal, hingga menyembunyikan kesalahannya.

Jika, saat kamu bersalah dan berani mengakuinya, itu tanda bahwa kamu adalah pribadi yang percaya diri. Mengakui kesalahan, bukanlah hal yang memalukan, justru bisa menjadi sumber pembelajaran. Orang yang percaya diri, gak akan lari dari tanggung jawab atas kesalahan yang dilakukannya. Dia berani mengakui dan bersedia untuk memperbaikinya.

Baca Juga: 5 Keuntungan Percaya pada Kemampuan Diri Sendiri, Lebih Tangguh!

3. Bersedia menerima tantangan yang diberikan 

5 Tanda Kamu Punya Kepercayaan Diri yang Baikilustrasi orang yang berani menghadapi tantangan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tanda berikutnya, bahwa kamu memiliki kepercayaan diri yang baik yaitu, selalu bersedia menerima segala tantangan yang diberikan. Kamu gak pernah takut akan risiko gagalnya, bagi kamu mencoba menerima tantangan dan mencari strategi menghadapinya merupakan hal yang menyenangkan.

Keluar dari zona nyaman, bukanlah hal yang menakutkan bagi tipe kepribadian orang yang percaya diri. Keberanian menerima tantangan adalah sesuatu yang gak bisa dilakukan orang-orang yang kepercayaan dirinya rendah. Maka, jika kamu selalu bersedia menerima segala tantangan yang datang, selamat karena kamu adalah orang yang percaya diri.

4. Tidak membandingkan diri dengan orang lain 

5 Tanda Kamu Punya Kepercayaan Diri yang Baikilustrasi membandingkan diri dengan orang lain (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Melakukan perbandingan diri, apalagi dari sudut pandang yang negatif, itu merupakan tanda bahwa seseorang kurang percaya diri. Kebiasaan membandingkan diri dengan orang lain, adalah hal yang kurang baik, apalagi jika dampaknya membuatmu menjadi minder, saat melihat kehidupan orang lain.

Jika, ini terjadi pada dirimu, itu tandanya kamu belum percaya diri. Namun, jika kamu fokus kepada diri sendiri dan terus berupaya meningkatkan kualitasmu, itulah tanda yang menunjukkan bahwa kepercayaan dirimu sudah baik. Kamu gak lagi merasa iri hingga frustrasi mengetahui kemampuan atau kehidupan yang orang lain jalani. Bagimu, hidupmu saat ini adalah yang terbaik untuk dirimu jalani, dan kamu bersyukur akan hal tersebut.

5. Gak pernah memiliki niat untuk menjatuhkan siapa pun 

5 Tanda Kamu Punya Kepercayaan Diri yang Baikilustrasi orang berjabat tangan (pexels.com/fauxels)

Mengapa ada saja orang yang berniat untuk menjatuhkan orang lain? Salah satu jawabannya yaitu, karena rendahnya tingkatan kepercayaan diri yang dimilikinya. Maka, tanda jika seseorang itu percaya diri adalah gak pernah menjatuhkan orang lain, sekalipun orang tersebut berperilaku buruk padanya.

Orang yang ingin menjatuhkan orang lain, itu karena ada ketidaksanggupan di dalam diri untuk bersaing secara sehat. Jelas dong, itu berarti gak percaya diri dengan kemampuannya sendiri. Tingkatkan terus kemampuanmu, agar kamu mampu bersaing secara sehat, sehingga gak akan ada niat sedikit pun untuk menjatuhkan orang lain dalam sebuah persaingan hidup, entah dalam pekerjaan, pertemanan, bahkan hingga percintaan.

Ketika, kamu merasa percaya diri, maka segala sesuatu yang dilakukan pasti akan berjalan sesuai apa yang diharapkan. Dari beberapa tanda yang telah dijelaskan, sudahkah salah satu atau bahkan, hampir semuanya ada di dalam dirimu? Jika ada, itu artinya kepercayaan dirimu sudah baik.

Namun, jangan berhenti sampai di situ, teruslah berlatih dan kembangkan lagi. Rasa percaya diri, bukan sesuatu yang menunjukkan kesombongan karena ingin memamerkan potensi yang kamu miliki. Namun, kepercayaan diri merupakan keyakinan dan rasa optimismu dalam meraih sesuatu menggunakan kemampuan yang kamu miliki.

Baca Juga: 5 Tips agar Lebih Smart dan Percaya Diri, Seleksi Pertemananmu!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya