Comscore Tracker

5 Tips Hadapi Teman Hobi Menyindir, Anggap Gak Ada Masalah

Belajar mengendalikan perasaan diri sendiri 

Hidup dalam lingkungan sosial, kamu pasti akan menemui berbagai macam karakter dari orang lain. Kemungkinan akan mendapatkan perlakuan yang gak menyenangkan dari orang lain itu bisa saja terjadi, baik secara ucapan maupun tindakan. Dalam sebuah hubungan pertemanan, keharmonisan juga gak selamanya bisa terwujud. Pasti ada saja momen-momen yang membuat hubungan menjadi memanas.

Misalnya, saat terjadi konflik atau perbedaan pendapat, mereka mulai menyindirmu, entah itu dilakukan di media sosialnya atau secara langsung padamu. Menyindir tentu saja membuat hubungan pertemanan gak lagi menyenangkan. Hal itu juga sebaiknya jangan dibiarkan berlarut-larut, sehingga harus kamu hadapi.

Nah, supaya masalah yang terjadi gak semakin panjang dan membuat hubungan renggang. Berikut lima tips untuk menghadapi teman yang suka menyindir.

1. Berusaha mengendalikan keadaan 

5 Tips Hadapi Teman Hobi Menyindir, Anggap Gak Ada Masalahilustrasi mendengarkan (pexels.com/Liza Summer)

Mendapatkan sindiran dari teman memang bukan hal yang menyenangkan. Namun, satu hal penting yang perlu kamu lakukan saat itu adalah mengendalikan keadaan. Berusahalah untuk tetap tenang, agar kamu gak terpancing emosi dan terbawa arus seperti yang teman-temanmu inginkan. Sebaiknya jangan langsung memberikan reaksi yang negatif, dengarkan dulu saja mereka.

Setelah semua keadaan membaik, barulah kamu merespons mereka dengan memberikan jawaban yang bernada santai. Selalu berusahalah untuk mengendalikan emosi kamu. Jangan biarkan mereka terus-menerus menyindirmu. Pastikan kamu harus mampu menghentikan perlakukan gak menyenangkan mereka, agar keadaan dan hubungan pertemanan tetap baik-baik saja.

2. Tanggapi secara positif 

5 Tips Hadapi Teman Hobi Menyindir, Anggap Gak Ada Masalahilustrasi berbicara (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Saat teman sedang menyindir, biasanya ketika mengucapkan kalimat sindirannya tentu terdengar bernada negatif. Oleh karena itu, kamu harus bisa menetralkannya dengan memberikan tanggapan yang bernada positif. Tahan diri untuk gak ikut berkata-kata yang bernada negatif. Memang gak mudah, tapi berusahalah untuk menanggapinya secara positif, ya.

Dengan memberikan tanggapan yang positif, maka keadaan akan tetap terasa hangat. Suasana yang terjadi saat itu juga gak akan menjadi kaku. Tanggapan yang kamu berikan secara positif tersebut, akan membuat aura positifmu menyebar kepada teman-teman yang lainnya. Keadaan pasti akan tetap terkendali.

3. Tanggapi dengan humor 

5 Tips Hadapi Teman Hobi Menyindir, Anggap Gak Ada Masalahilustrasi percakapan (pexels.com/Jopwell)

Apabila kamu menanggapi komentar negatif sindiran dari teman, sudah dapat dipastikan suasana akan semakin keruh. Rasa gak nyaman akan dirasakan oleh kamu, mereka dan orang-orang di sekitarmu. Nah, untuk menghadapi perbuatan dari teman yang gak menyenangkan itu, cobalah respons dengan berkomentar yang bernada humor.

Dengan cara ini, suasana yang tadinya panas, bisa menurun dan menjadi hangat. Membalas sindiran dengan humor itu adalah cara yang efektif dan tanpa emosi. Dijamin dia akan merasa gak enak hati sendiri nantinya, bahkan seketika langsung terdiam. Dengan begitu, dia gak akan melanjutkan menyindirmu kembali.

Baca Juga: 10 Sindiran Pedas Lewat Chat Ini Jitu Bikin Nyesek dan Malu!

4. Anggap saja gak ada masalah dengannya 

5 Tips Hadapi Teman Hobi Menyindir, Anggap Gak Ada Masalahilustrasi tersenyum (pexels.com/Mikhail Nilov)

Siapa pun orang yang menyindir kamu, sudah pasti dia memiliki tujuan untuk memancing emosi negatifmu. Apabila itu dilakukan oleh temanmu, cuek saja pada mereka dan anggaplah gak ada masalah di antara kalian. Jangan sampai kamu bereaksi dengan menunjukkan kemarahan dan kesedihan.

Gak perlu memperpanjang masalah, supaya emosi kamu gak terpancing. Jika memang gak ada kesalahan yang kamu lakukan, bersikaplah seolah-olah sindiran yang mereka lakukan itu bukan untukmu. Dengan begitu, merekalah yang nantinya akan terpancing emosi, karena tujuan utama mereka untuk membuatmu marah dan sedih, gak bisa terwujud.

5. Memaafkan mereka akan lebih bijak 

5 Tips Hadapi Teman Hobi Menyindir, Anggap Gak Ada Masalahilustrasi orang saling memaafkan (pexels.com/William Fortunato)

Ketika seseorang sedang disindir oleh teman-temannya, wajar memang jika merasa sakit hati dan terkadang menjadikanmu bersikap seperti orang lain. Tetaplah menjadi diri sendiri. Berusahalah untuk gak bersikap lebih buruk dari apa yang mereka katakan tentangmu, maka penting banget untuk kamu memiliki kemampuan mengatur emosi agar tetap terkendali.

Nah, agar kamu gak sampai emosi dan bersikap buruk pada mereka. Cobalah menarik napas panjang dan hembuskan secara perlahan sampai kamu merasa lebih rileks lagi. Tenangkan dirimu terlebih dulu dan maafkan teman-teman yang telah menyindirmu. Lebih baik memaafkan daripada pikiran dan energimu terbuang sia-sia untuk membalas mereka.

Kuncinya adalah milikilah pola pikir yang tepat, maka berbagai macam sindiran yang ditujukan padamu pasti bisa kamu hadapi dengan bijak. Tetaplah tersenyum dan percayalah keadaan akan kembali normal dan membaik.

Baca Juga: 9 Ilustrasi Ini Menyindir Pekerja Kantoran, Kamu Banget?

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

IG: adelbertha_eva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya