Comscore Tracker

5 Tips agar Orang Tak Berperilaku Semena-mena Padamu

Bukan mengontrolnya, tapi kuncinya ada di kamu

Berkehidupan sosial dengan aneka ragam karakter manusia, pasti ada yang bersikap menyenangkan dan tidak. Jika orang bisa saling menghargai, kamu pun akan senang. Namun, jika sebaliknya, tentunya menyakitkan.

Kamu tidak bisa mengontrol sikap mereka, tapi kamu masih bisa membuat orang lain tidak berperilaku semena-mena padamu. Berikut beberapa tipsnya.

1. Menjadi pribadi mandiri

5 Tips agar Orang Tak Berperilaku Semena-mena Padamuilustrasi perempuan mandiri (pexels.com/fauxels)

Sosok yang mandiri, tidak akan bergantung kepada orang lain. Segala sesuatunya akan diusahakan untuk dilakukan sendiri terlebih dulu. Pribadi yang seperti ini akan dihargai oleh orang sekitar.

Dengan begitu, mereka yang tak mampu menjaga sikap dalam berperilaku akan ragu untuk semena-mena padamu. Maka, mulai sekarang latih diri agar semakin terbiasa mandiri.

2. Teguh dalam memegang prinsip

5 Tips agar Orang Tak Berperilaku Semena-mena Padamuilustrasi orang yang teguh pendirian (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Seseorang yang mempunyai prinsip dalam menjalani hidupnya, dan teguh memegangnya, biasanya dia tidak mudah terpengaruh oleh keadaan maupun orang di lingkungannya.

Keteguhannya menjadikan orang lain segan dan sulit untuk memengaruhinya. Berprinsiplah dengan benar, jalani harimu sesuai apa yang menjadi prinsip hidupmu selama ini.

Baca Juga: Harus Waspada, 5 Perilaku ini Dapat Menghancurkan Hubungan

3. Berani dan bertanggung jawab

5 Tips agar Orang Tak Berperilaku Semena-mena Padamuilustrasi pribadi pemberani (pexles.com/Sebastian Voortman)

Pemberani yang penuh tanggung jawab, juga menjadi salah satu hal yang membuat orang lain berpikir panjang, saat mereka akan menjatuhkan atau meremehkan. Inilah yang dapat membuat mereka mengurungkan niatnya untuk seenaknya terhadapmu.

Didik dirimu agar berani dan bertanggung jawab, supaya tak disepelekan hingga diperlakukan dengan tidak menyenangkan oleh siapa pun. Tumbuhkan keberanian untuk menghadapi berbagai macam orang.

4. Penuh kasih sayang tanpa memandang

5 Tips agar Orang Tak Berperilaku Semena-mena Padamuilustrasi mengucapkan terima kasih (pexels.com/fauxels)

Kasih sayang adalah sesuatu yang istimewa, di mana bisa meluluhkan hati orang yang semula keras menjadi lembut. Maka, gunakan kasih sayang yang kamu miliki untuk membuat orang lain juga bersikap sama padamu.

Jadilah pribadi yang penuh kasih terhadap siapa saja. Jangan memilih-milih dalam hal ini. Siapa pun yang kamu hadapi, cobalah sentuh hatinya dengan cinta.

5. Pandai berkomunikasi secara bijaksana

5 Tips agar Orang Tak Berperilaku Semena-mena Padamuilustrasi percakapan (pexels.com/August de Richelieu)

Komunikasi menjadi kunci orang lain akan bersikap baik atau tidaknya padamu. Jika kamu mampu berkomunikasi dengan baik dan bijaksana, maka mereka akan segan terhadapmu.

Sehingga, tidak ada keberanian pada dirinya untuk menyepelekanmu. Perilakunya pasti akan dijaga, agar sopan dan santun. Semua tergantung dari bagaimana caramu dalam mengomunikasikannya.

Ingin dihargai dan diperlakukan menyenangkan oleh orang lain? Jangan pernah berpikir untuk mengendalikan sikap mereka. Itu sangat salah. Justru, kuncinya ada pada dirimu sendiri, seperti beberapa tips tadi.

Baca Juga: 5 Perilaku yang Mencerminkan Low Attitude, Jangan Lakukan!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya