Comscore Tracker

5 Tips Atasi Pikiran yang Tersita Akibat Rindu pada Seseorang

Rindu hanya dirasakan pada saat tertentu, nikmati saja

Memiliki perasaan kepada seseorang yang kita sayang, entah kepada pasangan maupun gebetan, terkadang memang bisa menyita pikiran. Ketika setiap hari bisa bertemu dengannya, saling berbagi cerita bersama, dan mendapatkan perhatian darinya, itu membuat hatimu merasa gembira. Menjalani aktivitas pun terasa menyenangkan.

Lantas, bagaimana jika kamu dan dia saat ini sedang berjauhan karena ada pekerjaan atau faktor lainnya? Rasa rindu pasti menggebu dan membuat pikiranmu menjadi selalu tertuju padanya.

Perasaan rindu yang dalam menjadikan waktumu selalu tersita untuk memikirkannya. Ini adalah hal yang wajar, tapi tenang saja karena itu semua bisa diatasi, lho. Berikut lima tips untuk mengatasi rasa rindumu kepada seseorang.

1. Cari kesibukan yang positif 

5 Tips Atasi Pikiran yang Tersita Akibat Rindu pada Seseorangilustrasi melakukan hobi (pexels.com/Michael Burrows)

Kangen pada seseorang yang kamu sayang memang hal yang wajar. Namun, jika sudah menyita waktumu karena selalu memikirkannya, maka jangan dibiarkan. Hal ini supaya kamu tetap produktif dan menjalani kegiatan harianmu maksimal.

Untuk mengatasi rasa rindumu pada seseorang, entah itu pasangan maupun gebetan, cobalah mencari kesibukan apa saja yang positif agar pikiranmu gak terus-menerus tertuju padanya. Kamu juga bisa belajar maupun bekerja dengan lebih giat lagi dari biasanya. Dengan begitu, kamu bisa mengesampingkan pikiran tentangnya sejenak dan bisa fokuskan diri ke hal-hal yang sedang kamu kerjakan.

2. Gunakan waktu liburmu untuk pergi bersenang-senang bersama teman 

5 Tips Atasi Pikiran yang Tersita Akibat Rindu pada Seseorangilustrasi hangout bersama teman (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Menikmati kebersamaan untuk bersenang-senang dengan teman-teman juga dapat membantumu mengatasi rasa rindu yang sangat menyita pikiranmu. Ketika akhir pekan, jangan menghabiskan waktu sendirian. Lebih baik, kamu gunakan waktu liburmu untuk pergi bersenang-senang bersama teman.

Berkegiatan bersama atau saling bercerita dengan teman-temanmu ampuh untuk mengalihkan rasa rindumu kepada seseorang yang sedang jauh. Jika kamu sendirian, yang akan terjadi malah pikiranmu akan semakin tertuju padanya. Pergilah bersenang-senang bersama teman, hal ini bisa menyingkirkan perasaan rindu untuk sementara.

3. Senantiasa tetap berdoa 

5 Tips Atasi Pikiran yang Tersita Akibat Rindu pada Seseorangilustrasi orang berdoa (pexels.com/Mikhail Nilov)

Berdoa juga dapat mengatasi pikiran yang selalu tersita karena rindu padanya. Buktikan rasa cinta dan sayangmu kepada seseorang dengan cara mendoakannya. Ketika pikiranmu selalu tertuju padanya, hingga membuatmu sulit untuk tidur di malam hari, maka panjatkanlah doa untuknya.

Berdoalah agar kamu dan dia selalu dalam keadaan baik serta jauh dari bahaya. Berdoalah agar hati dan pikiran kalian bisa selalu tenang meski sedang berjauhan.

Doakanlah segalanya yang terbaik untuk kalian berdua. Gak perlu merasa terbebani dengan rasa rindumu padanya, karena sebenarnya dengan kerinduanmu, kamu menjadi bisa ingat padanya dan berdoa untuk kebaikan berdua.

Baca Juga: 5 Cara Mengobati Rindu dengan Keluarga saat Bulan Ramadan

4. Hindari mengisi mendengarkan musik galau

5 Tips Atasi Pikiran yang Tersita Akibat Rindu pada Seseorangilustrasi mendengarkan musik (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Merasa rindu kepada seseorang yang sedang gak ada di sampingmu memang membuat hati pilu. Saat kondisi seperti itu, mendengarkan musik berirama galau atau mellow selalu dilakukan. Namun, sebaiknya itu janganlah kamu lakukan karena hanya akan membuatmu semakin terhanyut dalam perasaan rindu.

Jika sudah terhanyut dalam perasaan rindu yang menggebu, maka pikiranmu malah akan selalu tertuju padanya. Ada baiknya untukmu menghindari memutar lagu atau musik yang membuatmu semakin galau akibat rindu.

5. Nikmati saja perasaan rindu yang ada di hatimu 

5 Tips Atasi Pikiran yang Tersita Akibat Rindu pada SeseorangIlustrasi tersenyum (pexels.com/Artem Podrez)

Jika kamu merasa rasa rindu ini begitu menyita pikiran, maka janganlah terus-menerus memikirkannya hingga menjadi beban dalam hati dan pikiran. Cobalah terima rasa rindu itu dan nikmati saja. Caranya sederhana, yaitu dengan membiarkan saja perasaanmu mengalir dengan sendirinya.

Ketika jatuh cinta dan sayang kepada seseorang, entah itu sudah menjadi pasangan maupun masih sebagai gebetan, kamu pasti akan merasa rindu padanya. Maka dari itu, nikmati saja dan lalui hari-harimu dengan penuh kasih sayang dan cinta untuk dia yang sedang kamu rindukan.

Rindu itu gak selamanya akan menyita pikiran dan waktu. Selama kamu dapat mengatasinya dengan berbagai kegiatan yang positif setiap harinya. Kelima tips di atas bisa membantumu dalam mengatasi kerinduan yang dalam kepada seseorang, entah itu pasangan maupun masih berstatus gebetan.

Gak perlu berusaha keras untuk menghilangkan rasa rindumu padanya. Terima dan nikmati saja, karena rasa rindu itu akan memberikanmu sensasi bahagia yang berbeda dan itu juga hanya bisa kamu rasakan di saat-saat tertentu saja.

Baca Juga: 5 Tips Atasi Rasa Rindu Pada Keluarga Saat Tak Bisa Bertemu

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya