Comscore Tracker

5 Tips Hindari Keangkuhan Saat Berhasil Dapat Kemenangan

Rayakan kemenangan dengan cara yang elegan

Memenangkan suatu perlombaan, atau mendapatkan promosi jabatan maupun jenis kemenangan lainnya, memang sangat membahagiakan. Namun, tetaplah rendah hati dan hindarilah menyombongkan diri. Rayakanlah kemenanganmu dengan cara yang elegan. Bersikap angkuh saat mendapat keberhasilan, itu hanya menunjukkan bahwa kamu bukanlah tipe orang yang elegan.

Angkuh adalah keadaan di mana kamu merasa lebih baik, lebih tinggi dan lebih unggul dari orang lain. Menyombongkan dan membanggakan diri secara berlebihan ketika mendapatkan kemenangan adalah suatu hal yang harus dihindarkan. Bagi kamu yang baru saja meraih kemenangan, selamat dan sukses, ya. Terapkan lima tips ini agar kamu dapat menghindari bersikap angkuh, saat meraih keberhasilan dalam hidup.

1. Mengenali kelemahan yang kamu miliki 

5 Tips Hindari Keangkuhan Saat Berhasil Dapat Kemenanganilustrasi orang bercermin (pexels.com/Ivan Oboleninov)

Bersikap angkuh saat berhasil meraih kemenangan, sebaiknya jangan kamu lakukan. Keangkuhan dalam diri seseorang, memang terkadang bisa muncul, akibat kelebihan atau kualitas yang dimilikinya, itu lebih baik daripada orang lain. Maka dari itu, untuk menghindari keangkuhan, apalagi saat kamu berhasil mendapatkan kemenangan, cobalah kenali lagi kelemahan yang ada dalam diri.

Setiap manusia pasti memiliki kelebihan dan kelemahan dalam dirinya. Gak ada manusia yang benar-benar sempurna. Pada saat kamu menjadi pemenang dalam sebuah perlombaan atau kegiatan lainnya, memang itu menandakan bahwa kamu ahli dalam hal tersebut. Namun, tetaplah ingat bahwa kamu juga pasti memiliki hal-hal yang gak bisa dikuasai. Dengan menyadari hal ini, maka kamu dapat terhindar dari sikap angkuh saat menjadi seorang pemenang.

2. Jangan terus-menerus mengingat kelebihan yang ada dalam diri

5 Tips Hindari Keangkuhan Saat Berhasil Dapat Kemenanganilustrasi orang sedang mengingat suatu hal (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Merasa senang dengan kelebihan yang kamu miliki, itu memang baik, karena merupakan salah satu anugerah. Kelebihan dalam diri juga dapat membantumu dalam berbagai aspek kehidupan. Tentu saja hal tersebut dapat memudahkanmu dalam meraih sesuatu, dan menjadi ahli dalam bidang tertentu.

Namun, agar keangkuhan gak terjadi dalam diri, maka sikapilah dengan bijaksana dan sewajarnya saja tentang kelebihan yang kamu miliki. Maka, jangan terlalu membanggakan diri terhadap kualitas yang membawamu menuju kemenangan. Pikirkan dan ingatlah kelebihan secara wajar, jangan terus-menerus kamu memikirkannya. Dari kebiasaan mengingat kelebihan diri secara berlebihan inilah, yang nantinya dapat memicumu bersikap angkuh, apalagi saat berhasil memenangkan sesuatu.

3. Posisikan dirimu sama dengan orang lain 

5 Tips Hindari Keangkuhan Saat Berhasil Dapat Kemenanganilustrasi memosisikan diri sejajar dengan orang lain (pexels.com/fauxels)

Merasa lebih tinggi dan lebih baik dari orang lain, merupakan awal mula munculnya keangkuhan dalam diri. Untuk menghindarinya, cobalah kamu memosisikan diri sama dengan orang lain. Jangan merasa lebih tinggi dalam hal apa pun, meski pada kenyataannya memang kamu lebih unggul dalam hal tertentu.

Namun, ingatlah bahwa orang lain juga pasti ada yang lebih unggul dalam suatu hal daripada kamu. Maka, jangan menciptakan perbedaan kedudukan dengan orang lain. Jadilah pribadi yang ramah dan rendah hati, serta tak memberikan jarak kepada siapa saja. Apalagi sampai memosisikan diri selalu lebih tinggi dari orang lain.

Baca Juga: 5 Cara Introspeksi Diri untuk Hindari Sikap Menang Sendiri

4. Hindari menilai seseorang gak mampu, hanya karena kamu lebih unggul 

5 Tips Hindari Keangkuhan Saat Berhasil Dapat Kemenanganilustrasi menilai seseorang lebih rendah (pexels.com/Felicity Tai)

Tips selanjutnya, untuk menghindari keangkuhan saat berhasil meraih kemenangan yaitu, jangan menilai seseorang gak mampu, hanya karena pada saat itu kamu lebih unggul. Roda kehidupan terus berputar, jika saat ini kamu yang di posisi atas dan menjadi pemenangnya, tapi gak ada yang pernah tahu, apabila suatu saat nanti orang lain yang menjadi pemenang.

Maka, untuk menghindari diri bersikap angkuh saat kamu berhasil, ingatlah roda kehidupan yang terus berputar. Dengan cara ini, kamu akan mampu mengendalikan rasa senang terhadap sebuah kemenangan. Sehingga, kamu gak akan terpicu untuk menyombongkan diri karena menjadi pemenangnya.

5. Tetap menjalin hubungan secara ramah dengan orang lain 

5 Tips Hindari Keangkuhan Saat Berhasil Dapat Kemenanganilustrasi bersikap ramah (pexels.com/Sora Shimazaki)

Menjadi pribadi yang hangat dan penuh keramahan adalah lawan dari sikap keangkuhan. Tetaplah menjalin hubungan baik dan selalu bersikap ramah ke semua orang. Cara ini akan mengendalikan dirimu dari keangkuhan, apalagi saat baru saja berhasil meraih kemenangan.

Jangan terlalu memilih-milih dalam hal pertemanan, jika lingkungan di sekitar dipenuhi oleh orang-orang yang positif, maka berteman baiklah dengan semuanya. Hindari hanya menjalin hubungan baik dengan orang-orang yang ahli dan memiliki posisi tinggi saja, bertemanlah dengan segala jenis kalangan, karena hal ini dapat menghindarkanmu dari keangkuhan.

Berhasil meraih kemenangan adalah hal yang menyenangkan dan patut dibanggakan. Namun, janganlah bersikap angkuh terhadap apa yang kamu raih saat ini. Rayakanlah kemenangan dengan cara-cara yang elegan. Cara elegan bisa kamu tunjukkan dengan menghindari keangkuhan, ketika kamu menjadi seorang pemenang.

Jika selama ini kamu sudah bersikap angkuh di setiap momen kemenangan yang kamu dapatkan, maka berupayalah untuk menghentikan dan menghindarinya terjadi kembali di kemudian hari. Kelima tips di atas bisa kamu lakukan, agar dirimu tumbuh menjadi seorang pemenang yang jauh dari sikap keangkuhan.

Baca Juga: 5 Cara Introspeksi Diri untuk Hindari Sikap Menang Sendiri

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya