Comscore Tracker

5 Tips jadi Pribadi Penyabar dalam Berbagai Hal, Ikhlas Hadapi Cobaan

Biar gak terlarut dalam emosi negatif

Masalah bisa saja datang silih berganti. Terkadang, sebagai manusia yang mempunyai hati dan perasaan, dalam menghadapi segala cobaan, pasti ada saatnya kuat dan ada saatnya juga merasa gak sabar untuk ingin segera selesai. Namun, semua hal pasti ada proses yang harus dilaluinya. Jadi, mau gak mau kamu harus sabar menjalani setiap tahapannya.

Sabar menghadapi berbagai hal dalam kehidupan ini, memang mudah diucapkan. Namun, pada kenyataannya cukup sulit untuk dilakukan. Sering kali ketika berhadapan dengan banyak masalah, kamu terlarut dalam emosi negatif dan kerap menyalahkan orang lain, diri sendiri, bahkan segala hal juga kamu salahkan. Nah, supaya kamu bisa menjadi lebih sabar lagi dan mampu menerima dengan ikhlas segalanya yang terjadi. Berikut ada lima tips menjadi sosok penyabar yang bisa kamu lakukan.

1. Miliki niat dan tekad yang kuat 

5 Tips jadi Pribadi Penyabar dalam Berbagai Hal, Ikhlas Hadapi Cobaanilustrasi orang merenung dan menguatkan niat dalam diri (pexels.com/Vlada Karpovich)

Menghadapi banyak masalah dalam kehidupan, mengharuskanmu belajar lebih sabar lagi dalam berbagai hal. Tujuannya adalah agar kamu gak terlarut dalam emosi negatif yang justru dapat menjerumuskanmu ke dalam keterpurukan. Oleh karena itu, dibutuhkan niat dan tekad yang kuat dari dalam dirimu.

Menjadi pribadi yang lebih sabar lagi dalam berbagai hal, itu juga perlu menguatkan diri. Percaya dan yakinlah terhadap dirimu sendiri bahwa kamu pasti mampu bersikap lebih sabar lagi, saat sedang menghadapi masalah yang datang bertubi-tubi dalam menjalani banyak hal dalam hidup ini. Apabila niat dan tekadmu sudah kuat, maka menjadi sosok yang sabar pasti bisa kamu lakukan.

2. Memiliki sikap optimistis yang tinggi 

5 Tips jadi Pribadi Penyabar dalam Berbagai Hal, Ikhlas Hadapi Cobaanilustrasi bersikap optimis (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Seseorang yang selalu optimis, biasanya dia akan selalu berpikiran lebih positif. Pikiran yang positif akan menghasilkan tindakan yang baik. Oleh karena itu, milikilah sikap optimistis yang tinggi, supaya kamu gak berprasangka buruk terhadap kehidupan ini. Prasangka buruk tersebut kerap membuatmu menjadi mudah terpancing emosi negatif.

Pribadi yang penyabar, harus mampu mengendalikan emosi dirinya. Salah satu cara yang efektif yaitu dengan bersikap lebih optimistis lagi. Belajarlah untuk selalu menyikapi banyak hal dengan lebih optimis. Jangan terus menerus berpikiran negatif hingga membuatmu pesimis. Cobalah untuk bisa melihat segala sesuatu dari berbagai sisi. Jika ada hal negatif, belajarlah untuk mengambil sisi positifnya juga, karena dari situ kamu akan melatih diri untuk bisa lebih sabar lagi.

3. Memilih lingkungan pergaulan yang baik 

5 Tips jadi Pribadi Penyabar dalam Berbagai Hal, Ikhlas Hadapi Cobaanilustrasi pertemanan (pexels.com/Helena Lopes)

Dalam hal ini, bukan berarti kamu harus membedakan orang, ya. Akan tetapi, apabila kamu ingin menjadi pribadi yang lebih baik lagi, maka kamu harus berkumpul dan bergaul dengan orang-orang yang positif. Lingkungan sangat memengaruhi proses pertumbuhan dirimu. Pilihlah lingkungan pergaulan yang positif, agar kamu bisa bertumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang baik, salah satunya menjadi sosok yang lebih penyabar.

Bukan tanpa alasan, karena jika kamu terus menerus bergaul dengan orang-orang yang mudah marah dan mudah tersulut emosi negatif lainnya, maka sulit untukmu menjadi pribadi yang penyabar dan ikhlas dalam menerima segala kenyataan. Hindarilah bergaul dengan orang yang mudah iri dan merasa gak suka melihat keberhasilan orang lain. Pilihlah teman yang senang ketika melihat orang lain senang, karena nantinya kalian akan saling mendukung dan menguatkan untuk bisa selalu bersabar.

Baca Juga: 5 Alasan Penyabar Layak Jadi Kriteria Pasangan Idaman

4. Belajar mengambil pejalaran dari setiap perjalanan dalam kehidupan 

5 Tips jadi Pribadi Penyabar dalam Berbagai Hal, Ikhlas Hadapi Cobaanilustrasi belajar dari pengalaman di masa lalu (pexels.com/Evelina Zhu)

Masalah dalam hidup ini memang sulit untuk dihindarkan, karena setiap orang pasti akan menghadapi persoalan hidupnya masing-masing, ada yang tergolong ringan, tapi ada juga yang tergolong berat. Apa pun golongannya, ketika suatu permasalahan datang dan menimpamu, pasti kamu merasa bersedih, bahkan hingga gak berdaya untuk menatap masa depanmu sendiri.

Sangat manusiawi jika memang kamu merasa kecewa terhadap permasalahan yang sedang dihadapi. Namun, untuk melatih diri menjadi lebih bersabar lagi, tentu kamu harus belajar untuk mengontrol emosimu sendiri. Tahan dirimu agar gak sampai marah terhadap keadaan yang sedang dihadapi. Cobalah mengendalikan emosi, hingga kamu bisa menjadi lebih bersabar lagi. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengendalikan emosi yaitu, dengan belajar mengambil pelajaran dari setiap perjalanan dalam kehidupan.

5. Tenangkan hati dan pikiran 

5 Tips jadi Pribadi Penyabar dalam Berbagai Hal, Ikhlas Hadapi Cobaanilustrasi menenangkan diri (pexels.com/Karolina Grabowska)

Menjadi sosok penyabar, tentunya kamu harus belajar untuk mengelola hati dan pikiran, agar senantiasa merasa tenang. Sikap yang mudah tersulut emosi, biasanya bisa muncul akibat hati dan pikiran sedang gundah gulana. Oleh karena itu, cobalah untuk menenangkan hati dan pikiranmu, agar gak terlalu stres dalam menghadapi kehidupan ini.

Ketika hati dan pikiran selalu merasa tenang dan damai, meski banyak permasalahan yang kamu hadapi, maka kamu gak akan mudah marah dan stres dalam menyelesaikan segala jenis permasalahan kehidupan. Apabila hati dan pikiran tenang, maka untuk bisa sabar dalam berbagai hal, akan bisa kamu lakukan.

Sikap mudah marah gak akan bisa menyelesaikan segala jenis masalah. Sikap tersebut malah justru sebaliknya, akan membuat kamu semakin tersulut emosi dan semakin gak mampu mengendalikan emosi negatif. Bukan gak mungkin, malah kamu akan menyesal nantinya.

Cobalah terapkan kelima tips di atas, supaya kamu mampu menjadi pribadi yang senantiasa sabar dalam menghadapi berbagai hal. Ketika suatu saat kamu kembali menghadapi permasalahan hidup yang sama, maka kamu akan lebih mampu bersabar dan ikhlas menerima cobaan yang datang.

Baca Juga: 5 Sisi Istimewa dari Lelaki Penyabar, Jadi Idaman para Wanita!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya