Comscore Tracker

5 Tips Tanamkan Abundance Mindset dalam Diri, Yuk Tebarkan Kebaikan!

Bikin kamu selalu merasa cukup dalam jalani hidup

Setiap orang memiliki cara masing-masing dalam berpikir mengenai kehidupan yang dijalaninya. Ada yang selalu memandang sesuatu dengan penuh ketakutan dan berpikir dirinya selalu merasa kurang, dan ada pula yang sebaliknya.

Namun, pola pikir yang terbatas dan selalu gak pernah merasa cukup hanya akan membuat hidupmu semakin gak tenang dan gak damai. Nah, untuk mengatasi pola pikir yang negatif seperti itu, ada satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menanamkan pola pikir berkelimpahan atau abundance mindset.

Perkembangan zaman yang begitu pesat, memang akan selalu membawa perubahan. Sikapilah dengan bijak dan berpikirlah secara berkelimpahan mengenai segala perubahan yang terjadi, karena itu akan membuat segala hal yang ada menjadi semakin berlimpah.

Nah, manfaat dari menanamkan pola pikir berkelimpahan ini akan membuatmu memiliki sudut pandang, bahwa segala sesuatu dalam kehidupan ini gak ada yang terbatas. Bagi kamu kamu masih bingung bagaimana cara memiliki pola pikir ini, ikuti tips-tips berikut, ya.

1. Selalu mensyukuri segala hal yang ada 

5 Tips Tanamkan Abundance Mindset dalam Diri, Yuk Tebarkan Kebaikan!ilustrasi bersyukur (pexels.com/Oleg Magni)

Apakah kamu tahu, bahwa memiliki perasaan yang selalu bersyukur itu membuatmu bisa menanamkan pola pikir berkelimpahan ini dalam diri? Ketika bisa mensyukuri berbagai hal yang ada dan dialami, kamu akan mulai memiliki kesadaran bahwa ternyata kamu telah memiliki dan mengalami banyak hal.

Bahkan, mengenai hal-hal yang sebelumnya dianggap biasa saja dan kurang bermanfaat, setelah kamu mensyukurinya ternyata hal-hal tersebut sangat luar biasa, dan sungguh bermakna untuk kehidupanmu dan orang lain.

Jadi, pandai-pandailah dalam bersyukur, supaya pola pikir berkelimpahan ini dapat tertanam kuat dalam dirimu. Selain itu, kamu juga akan merasa bahagia menjalani hidup karena bisa selalu merasa berkecukupan.

2. Mudah untuk memberikan bantuan atau pertolongan kepada orang lain 

5 Tips Tanamkan Abundance Mindset dalam Diri, Yuk Tebarkan Kebaikan!ilustrasi membantu orang lain (pexels.com/Allan Mas)

Tips berikutnya agar kamu bisa memiliki pola pikir berkelimpahan adalah dengan cara bermurah hati. Biasakan diri untuk mudah memberikan bantuan atau pertolongan kepada siapa saja, tanpa memandang siapa orang tersebut. Ketika hatimu bisa selalu tergerak untuk menolong orang lain, maka menanamkan pola pikir ini akan bisa dengan mudah kamu wujudkan.

Ketika kamu sering membantu orang lain dengan hati yang tulus tanpa mengharapkan balasannya, apa yang kamu rasakan dan pikirkan saat melakukannya? Apakah saat memberikan bantuan kamu merasa dan berpikir bahwa kamu sedang berkekurangan? Gak juga, kan? Sudah pasti kamu akan merasa berkecukupan.

Baca Juga: 5 Cara agar Kamu Bisa Tetap Berjiwa Sederhana meskipun Berkecukupan

3. Biasakan diri untuk mendukung orang lain 

5 Tips Tanamkan Abundance Mindset dalam Diri, Yuk Tebarkan Kebaikan!ilustrasi orang memberi dukungan (pexels.com/cottonbro)

Tingkatkan lagi rasa kepedulianmu terhadap sesama yaitu dengan cara memberikan dukungan kepada orang lain. Mendukung pun gak selalu harus dengan materi saja. Kamu bisa mendukung melalui semangat. Salah satu cara efektif yang dapat membantu seseorang dalam mengatasi permasalahan yang dihadapinya adalah dengan cara mendukungnya.

Apabila kamu terbiasa mendukung orang lain, maka pola pikir berkelimpahan akan semakin berkembang dalam diri. Orang yang kamu berikan dukungan pun juga akan merasa senang dan bahagia.

Ketika melihat orang lain bahagia atas dukungan yang kamu berikan. Apa yang kamu rasakan saat itu? Pasti kamu pun akan mendapatkan kelimpahan rasa bahagia yang sama, bahkan lebih dari yang kamu bayangkan.

4. Jangan mempersulit urusan orang lain 

5 Tips Tanamkan Abundance Mindset dalam Diri, Yuk Tebarkan Kebaikan!ilustrasi bekerja sama (pexels.com/Anna Shvets)

Orang yang merasa berkecukupan pasti akan selalu membuat segalanya menjadi mudah, termasuk tak mempersulit urusan orang lain. Bantulah orang lain dengan ikhlas. Apabila kamu bisa membuatnya menjadi lebih mudah, mengapa harus dipersulit, bukan?

Rasakanlah dalam hati, ketika ada orang yang sedang mengalami sebuah permasalahan yang rumit. Kemudian, kamu membantunya agar menjadi lebih mudah. Pasti akan timbul rasa bahagia yang berkelimpahan dalam dirimu.

Menjalani kehidupan itu selalu ada sebab dan akibatnya. Nah, jika kamu selalu mempermudah urusan orang lain, maka suatu saat segala urusanmu pun akan dipermudah. Ketika semuanya terasa mudah, maka hidupmu akan semakin berkelimpahan, bukan?

5. Jangan pernah lelah untuk menebar kebaikan 

5 Tips Tanamkan Abundance Mindset dalam Diri, Yuk Tebarkan Kebaikan!ilustrasi bersikap baik (pexels.com/cottonbro)

Melatih diri agar dapat memiliki pola pikir berkelimpahan itu juga bisa kamu lakukan dengan cara terus menebarkan kebaikan. Jangan pernah merasa lelah untuk terus menyebarkan hal-hal baik seperti, harapan, dan rasa optimis kepada siapa saja. Hindari perbuatan yang negatif seperti menyebarkan berita tak benar, menebarkan rasa ketakutan serta kecemasan kepada orang lain, dan sebagainya.

Dalam kehidupan ini tersedia hal-hal baik yang berlimpah. Jadi, pilihlah yang baik-baik saja. Daripada menebar keburukan yang gak ada manfaatnya, bukankah hidupmu akan lebih berkualitas jika menebarkan kebaikan? Yuk, sibukkan diri dengan menebarkan kebaikan dan kasih sayang kepada siapa saja, supaya bisa bermanfaat baik juga untuk bersama.

Teruslah semangat berlatih menanamkan tips-tips di atas, ya. Memiliki pola pikir yang berkelimpahan akan membuatmu semakin bahagia dan damai. Hal tersebut karena kamu akan selalu merasa cukup dalam menjalani hidup.

Baca Juga: 5 Dampak Buruk Kurang Bersyukur dalam Hidup, Jadi Sulit Bahagia!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya