Comscore Tracker

5 Tips Menerapkan Pola Hidup Sederhana, Gak Banyak Gaya pun Bahagia!

Semakin membuatmu merasa damai

Menjalani kehidupan itu bermacam-macam caranya. Ada yang menjalaninya dengan berlebihan dan serba mewah, selalu berkecukupan, atau dengan sederhana dan gak banyak gaya. Hal-hal tersebut adalah pilihan hidup dari masing-masing individunya. Namun, masih jarang orang-orang yang menginginkan menjalani hidup dengan pola yang sederhana.

Apakah kamu tahu bahwa sebenarnya menjalani hidup dengan pola sederhana itu bisa membuat hidup terasa lebih damai dan bahagia? Daripada kamu banyak gaya hanya demi terlihat kaya dan keren saja, itu gak akan ada habisnya dan tentu membutuhkan biaya yang gak sedikit juga. Nah, sebelum kamu terlanjur tenggelam dalam gaya yang gak ada habisnya, cobalah terapkan pola hidup sederhana berikut ini.

1. Gak perlu bergaya yang berlebihan 

5 Tips Menerapkan Pola Hidup Sederhana, Gak Banyak Gaya pun Bahagia!ilustrasi menirukan gaya orang lain (pexels.com/Crina Doltu)

Untuk bisa menerapkan pola sederhana dalam menjalani hidup, sebaiknya kamu gak perlu bergaya yang berlebihan. Milikilah gaya yang sesuai dengan tingkat kemampuanmu saja. Gak perlu mengikuti teman-teman, hanya demi dibilang keren dan gak ketinggalan zaman saja.

Dalam hal ini berarti kamu jadilah dirimu sendiri secara utuh, jangan menjadi orang lain, apalagi karena hanya demi sebuah gaya hidup. Apabila kamu baru memiliki kemampuan untuk memakai barang-barang yang biasa dan belum sanggup membeli merek ternama, gak apa-apa. Gunakanlah sesuai kemampuanmu yang penting gak berlebihan dan nyaman kamu gunakan, maka percaya dirilah dengan hal tersebut.

2. Hindari gaya hidup konsumtif 

5 Tips Menerapkan Pola Hidup Sederhana, Gak Banyak Gaya pun Bahagia!ilustrasi belanja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Apakah selama ini jika berbelanja kamu selalu mudah tergiur oleh diskon yang sedang diadakan? Sehingga, hal tersebut sering membuatmu gak sadar jika ternyata sudah menghabiskan banyak uang. Untuk bisa menerapkan pola hidup sederhana, maka kamu perlu mengurangi kebiasaanmu yang satu ini.

Jika memang barang-barang tersebut belum kamu butuhkan, maka tahanlah diri untuk gak membelinya. Kendalikan dirimu lagi untuk membeli barang-barang atau apa pun yang memang sedang kamu butuhkan saja. Dengan begitu, barang tersebut akan dapat digunakan sebagaimana mestinya dan kamu juga gak akan merasa menyesal setelah membelinya.

Baca Juga: 5 Kiat Menekan Perilaku Konsumtif, Dahulukan Prioritas!

3. Milikilah pertimbangan yang matang sebelum membeli sesuatu 

5 Tips Menerapkan Pola Hidup Sederhana, Gak Banyak Gaya pun Bahagia!ilustrasi mencoba pakaian (pexels.com/cottonbro)

Tips berikutnya agar kamu dapat menerapkan pola hidup sederhana dan gak banyak gaya adalah selalu melakukan pertimbangan yang baik dan matang, sebelum kamu membeli sesuatu untuk dikonsumsi.

Pertimbangkan lagi segala barang yang sudah kamu miliki saat ini, apakah benar-benar dibutuhkan atau gak. Jika ternyata memang kurang berfungsi, maka bisa kamu jual kembali atau diberikan kepada yang membutuhkan.

Mempertimbangkan segala hal secara matang, akan membuatmu lebih terkendali ketika akan membeli atau mengonsumsi sesuatu. Apalagi di zaman modern seperti sekarang ini, memiliki kemampuan mempertimbangkan sesuatu secara matang sebelum membeli memang sangat penting. Ini supaya kamu gak mudah terpengaruh oleh teman-temanmu yang banyak gaya, tapi gak memikirkan ke depannya.

4. Belajar untuk menikmati segala hal yang kamu jalani 

5 Tips Menerapkan Pola Hidup Sederhana, Gak Banyak Gaya pun Bahagia!ilustrasi bekerja dengan senang hati (pexels.com/Tim Douglas)

Seseorang yang menjalani kehidupannya dengan kesederhanaan dan tanpa banyak gaya, biasanya dia bisa selalu menikmati segala hal yang dijalaninya. Jika kamu mau menerapkan pola hidup sederhana, tips ini penting untuk kamu lakukan. Belajarlah untuk selalu menikmati kehidupan yang sedang kamu jalani sekarang ini.

Segala jenis pekerjaan yang sedang kamu lakukan, hobi yang kamu tekuni, pelajaran yang sedang kamu pelajari, dan sebagainya. Apabila kamu memilih menjalani hidup dengan pola yang sederhana, maka kamu pasti akan melakukan hal-hal yang kamu sukai, tanpa terpaksa atau hanya demi terlihat keren di mata orang lain. Buatlah segala hal yang kamu lakukan menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi hidupmu.

5. Bersyukurlah atas apa yang sudah berhasil kamu raih 

5 Tips Menerapkan Pola Hidup Sederhana, Gak Banyak Gaya pun Bahagia!ilustrasi menikmati suasana (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tips selanjutnya untuk bisa menerapkan pola hidup sederhana yaitu selalu bersyukur atas apa saja yang sudah berhasil kamu raih. Sekecil apa pun pencapaianmu, tetaplah belajar untuk mensyukurinya. Bukan berarti memiliki impian yang besar itu gak boleh, ya. Boleh saja dan itu adalah hal yang wajar. Namun, berusahalah untuk jangan berlebihan.

Segala sesuatu yang berlebihan itu gak baik, termasuk dalam hal keinginan diri untuk meraih sesuatu. Nah, supaya pola pikir dan mentalmu tetap terkendali dengan baik, maka berusahalah untuk bersyukur ketika berhasil melalui setiap tahapan dalam meraih mimpi besarmu. Memiliki pola hidup sederhana, membuat seseorang dapat selalu menghargai setiap usaha yang telah dilakukannya.

Gak perlu banyak gaya juga tetap bisa hidup damai dan bahagia, kan? Meskipun tips-tips di atas terkesan sepele, tapi untuk bisa menerapkannya dalam jangka panjang dan menjadi kebiasaan sangat dibutuhkan komitmen yang tinggi dari setiap individu yang melakukannya.

Ketika kamu serius dan konsisten, maka kamu bisa berhasil menjalani hidup dengan pola sederhana. Akan ada banyak manfaat positif dari penerapan pola hidup ini. Selain membuatmu bahagia, pola hidup sederhana juga akan membuatmu terhindar dari rasa stres.

Baca Juga: 5 Manfaat Dahsyat jika Kamu Terbiasa Bersyukur, Hidupmu Berubah!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya