Comscore Tracker

5 Tips Miliki Keteguhan dalam Hadapi Derasnya Arus Perubahan Zaman

Biar gak hilang arah dan mampu pegang kendali hidup sendiri

Seiring berjalannya waktu, arus perubahan zaman semakin deras. Segala hal menjadi bisa lebih cepat dijalani dan yang sebelumnya terasa mustahil menjadi mungkin terjadi. Perubahan yang terjadi juga begitu cepat. Bagi kamu yang belum siap menghadapi perubahan dalam hidup, mulai perbaiki dan lakukan persiapan dari sekarang.

Salah satu hal yang perlu kamu miliki di tengah derasnya arus perubahan zaman yaitu keteguhan hati. Seseorang yang teguh, pasti memiliki pendirian yang kuat. Maka dari itu, keteguhan hati perlu kamu pelajari dan miliki karena dapat membantumu agar gak mudah terbawa arus perubahan zaman yang terkadang bisa membuatmu bingung.

Tentu saja selain deras, arusnya juga pasti akan banyak. Jika kamu teguh, maka kamu akan tetap mampu bertahan dan memegang kendali atas hidup yang kamu jalani sendiri.

Ingin memiliki keteguhan hati? Yuk, cermati dan ikuti beberapa cara tipsnya ini.

1. Memiliki sikap menghargai diri sendiri 

5 Tips Miliki Keteguhan dalam Hadapi Derasnya Arus Perubahan Zamanilustrasi menghargai keunikan diri sendiri (pexels.com/Moose Photos)

Cara pertama agar kamu memiliki keteguhan hati dalam menghadapi derasnya arus perubahan zaman yaitu, dengan memiliki sikap menghargai diri sendiri.

Perubahan zaman akan menyediakan berbagai pilihan yang bisa membuatmu ingin menjadi seperti orang lain. Tentu saja itu hanya akan membuatmu ragu akan dirimu sendiri.

Jika sudah ragu dengan diri, maka bagaimana caranya bisa memiliki keteguhan hati? Langkah pertama yang perlu kamu upayakan yaitu hargailah kepribadian dan segala hal yang terkait dengan dirimu. Dengan begitu ketika banyak arus perubahan yang terjadi, kamu akan tetap memegang kendali atas hidupmu sendiri.

2. Menghargai perbedaan yang terjadi 

5 Tips Miliki Keteguhan dalam Hadapi Derasnya Arus Perubahan Zamanilustrasi menghargai perbedaan (pexels.com/Mikhail Nilov)

Perubahan zaman akan selalu membawa perbedaan, baik dalam prosesnya maupun orang-orang yang ada di dalamnya.

Untuk memiliki keteguhan hati dalam menghadapinya, kamu juga perlu memiliki sikap menghargai perbedaan yang ada seperti perbedaan pendapat, cara berpikir dan sudut pandang, serta perbedaan karakter manusianya.

Ketika kamu mampu menghargai berbagai jenis perbedaan, maka derasnya arus perubahan zaman gak akan membuatmu tenggelam dan gak mudah tergoyahkan. Kamu menjadi lebih mampu mengembangkan cara berpikir dan bersikap, serta mampu menyesuaikan diri dengan segala perbedaan yang muncul dalam setiap perubahan.

Baca Juga: 5 Alasan Hidupmu Bahaya Kalau Kamu Gak Punya Keteguhan Hati

3. Pelajari kepribadian seorang pemimpin 

5 Tips Miliki Keteguhan dalam Hadapi Derasnya Arus Perubahan Zamanilustrasi seorang pemimpin (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Seorang pemimpin pasti merupakan orang yang berkarakter tangguh dan teguh pada pendiriannya. Cara ini bisa kamu lakukan untuk melatih diri agar memiliki keteguhan hati dalam menghadapi arus perubahan zaman. Jadilah kuat dan tangguh seperti seorang pemimpin, meski banyak sekali godaan yang menantangnya.

Jangan khawatir, kemampuan ini bisa dipelajari dan dilatih setiap hari. Asalkan kamu berkomitmen dan konsisten melatihnya, maka seiring berjalannya waktu, kamu akan memiliki keteguhan hati yang kuat layaknya pemimpin yang bijak.

Perubahan zaman akan mudah membuat seseorang menjadi terbawa arus tanpa arah yang jelas. Namun jika kamu teguh pada prinsipmu, maka kamu gak akan mudah dipengaruhi oleh siapa pun dan apa pun.

4. Berlatih tahan banting menghadapi tekanan hidup 

5 Tips Miliki Keteguhan dalam Hadapi Derasnya Arus Perubahan Zamanilustrasi pribadi tangguh (pexels.com/Evelina Zhu)

Memiliki keteguhan hati dalam menghadapi arus perubahan zaman yang semakin hari semakin deras yaitu, dengan melatih diri agar selalu tahan banting ketika kamu mengalami tekanan dalam kehidupan. Jadilah pribadi yang tangguh, maka kamu akan teguh dan gak mudah mengalami stres karena dampak negatif dari perubahan zaman.

Semakin kamu tahan banting menghadapi cobaan hidup, maka keteguhan hati akan menjadi semakin kuat. Percayalah dengan kemampuan yang kamu miliki. Jadikan hal tersebut sebagai kekuatan tambahan untukmu menghadapi perubahan zaman.

Beranilah menghadapi tantangan yang datang. Teguhkan hati dan sambut perubahan zaman dengan senang hati agar kamu gak tertinggal di kemudian hari.

5. Kuat pendirian dengan tetap menjadi pribadi fleksibel 

5 Tips Miliki Keteguhan dalam Hadapi Derasnya Arus Perubahan Zamanilustrasi bersikap fleksibel (pexels.com/Alena Darmel)

Memiliki pendirian yang kuat atas prinsip hidupmu sendiri adalah hal yang menunjukkan bahwa kamu memiliki keteguhan hati.

Dalam proses menghadapi derasnya arus perubahan zaman agar kamu bisa menjadi orang yang terbuka dan sukses di setiap perubahan yang terjadi, maka belajarlah juga menjadi pribadi yang fleksibel.

Keteguhan hati itu bukanlah semata-mata harus bersikap keras pada perubahan. Dalam arti, gak mau mengikuti perubahan zaman. Jika kamu bersikap seperti ini, maka kamu pasti akan tertindas oleh perubahan. Padahal dalam kehidupan akan selalu ada yang namanya perubahan.

Maka dari itu, tetap teguh pada apa yang menjadi prinsipmu serta tetap menyesuaikan dengan keadaan yang sedang kamu hadapi. Hidup bisa saja berjalan tak sesuai dengan harapan. Ketika kamu teguh dan fleksibel, maka semuanya akan tetap menyenangkan dan gak akan membuatmu merasa tertekan.

Kemajuan zaman yang semakin pesat dan berkembang pasti akan selalu membawa perubahan. Bukan untuk dihindari, tetaplah hadapi perubahan yang terjadi.

Dengan memiliki keteguhan hati, maka segala perubahan yang ada gak akan membuatmu mudah terbawa arus yang tanpa tujuan.

Baca Juga: 10 Nasihat Bijak Gus Baha Untuk Jalani Hidup yang Penuh Berkah

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya