Comscore Tracker

5 Tips Penuhi Hati dengan Cinta untuk Jalani Hidup, Beban Berkurang

Bahagia itu datangnya dari hati

Apakah kamu sering merasakan beban pikiran yang berat setiap hari? Merasa kurang bersemangat untuk belajar, bekerja, dan aktivitas lainnya. Bisa jadi itu karena ada hal yang masih keliru dengan cara kamu dalam menjalani hidup.

Salah satu faktor penting yang menjadi sumber beban pikiranmu itu berasal dari hati. Hati yang kosong dan hampa biasanya akan memengaruhi pikiranmu sehingga membuat kamu menjadi kurang bersemangat dan merasa gak bahagia menjalani hari.

Oleh karena itu, cobalah isi dan penuhi hatimu dengan cinta sehingga dalam menjalani hidup ini, kamu gak akan hampa serta beban berat di pikiranmu juga dapat berkurang.

Nah, berikut ada lima tips yang bisa kamu lakukan untuk memenuhi hatimu dengan cinta.

1. Memiliki pola pikir untuk selalu berbahagia 

5 Tips Penuhi Hati dengan Cinta untuk Jalani Hidup, Beban Berkurangilustrasi berpikir (pexels.com/SHVETS production)

Salah satu yang menjadi pilihan hidup seseorang dalam menjalani kehidupan adalah merasakan kebahagiaan. Bahagia itu bukan ditentukan oleh tingginya jabatan, harta yang kamu miliki, atau bukan juga dari sisi kesempurnaan fisik. Akan tetapi, kebahagiaan hidup ditentukan berdasarkan bagaimana caramu dalam merespons sesuatu dan menghargai hal tersebut.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang cobalah melatih pola pikirmu untuk bisa selalu berbahagia. Dengan begitu, hatimu akan selalu dipenuhi oleh rasa cinta.

Setelah kamu mampu memiliki pola pikir tersebut, selanjutnya aktiflah untuk menemukan dan menciptakan cara sendiri untuk berbahagia. Sekecil apa pun, berupayalah melakukannya. Jangan hanya menunggu saja kapan datangnya waktu bahagia, ya.

2. Berikan bantuan dengan tulus kepada orang lain 

5 Tips Penuhi Hati dengan Cinta untuk Jalani Hidup, Beban Berkurangilustrasi membantu orang lain (pexels.com/Charlotte May)

Apakah kamu tahu bahwa terkadang hal yang paling ampuh membuatmu berbahagia adalah dengan cara membuat orang lain juga merasa bahagia? Ya, itu memang benar. Jadi, janganlah ragu untuk melakukan sesuatu kepada orang lain. Berikan bantuan kepada siapa saja yang membutuhkan tanpa harus mengharapkan imbalan.

Percayalah dan lakukan saja. Cara ini efektif banget untuk meningkatkan suasana hatimu yang sedang gak baik. Hatimu yang kosong rasa kasih sayang, akan kembali terisi oleh cinta.

Melakukan kebaikan untuk orang lain atau berbuat baik demi kepentingan bersama, memang bisa membuat seseorang merasakan kebahagiaan yang gak ada bandingnya.

Baca Juga: 5 Tips agar Kamu Selalu Self Love atau Mencintai Diri Sendiri

3. Selalu bersyukur 

5 Tips Penuhi Hati dengan Cinta untuk Jalani Hidup, Beban Berkurangilustrasi orang bersyukur (pexels.com/SHVETS production)

Tips berikutnya supaya hatimu terus dipenuhi oleh rasa cinta adalah bisa kamu wujudkan dengan cara membiasakan diri untuk selalu mensyukuri segala hal yang terjadi.

Bersyukur merupakan salah satu cara terbaik agar kamu bisa merasakan kebahagiaan di hati. Hargailah segala kebaikan yang pernah kamu lakukan dan dapatkan selama hidup ini.

Bersyukur atas hal tersebut akan membuat harimu lebih bermakna. Daripada kamu terus menerus memusingkan hal-hal yang gak kamu miliki, bahkan terus memikirkan hal-hal yang membuatmu selalu membandingkan diri dengan yang lain, lebih baik syukuri saja apa yang terjadi, apa yang ada, dan segala hal yang kamu miliki saat ini.

Biasakan dirimu untuk bisa selalu bersyukur ya dan rasakan kebahagiaannya.

4. Jangan terus menerus mengeluh, namun nikmati saja segala hal yang terjadi 

5 Tips Penuhi Hati dengan Cinta untuk Jalani Hidup, Beban Berkurangilustrasi menikmati proses (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setiap manusia memiliki tujuan hidupnya masing-masing dan hal tersebut sering kali membuat seseorang merasa khawatir sampai stres karena merasa tertekan dengan target-target hidup yang dibuatnya sendiri.

Nah, hal inilah yang membuatmu sering melupakan berbagai kesempatan dan kejadian yang sedang kamu jalani tersebut.

Jika sudah begitu, bagaimana hati bisa terpenuhi oleh cinta?

Tetap tenang dan jangan panik karena ada salah satu cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi hal tersebut yaitu, dengan melakukan mindfulness.

Ketika kamu bisa menyadari dan menikmati segala momen yang sedang terjadi, maka kamu akan lebih bisa merasakan bahagia di hati.

5. Menerima diri sendiri secara utuh dan apa adanya 

5 Tips Penuhi Hati dengan Cinta untuk Jalani Hidup, Beban Berkurangilustrasi orang bercermin (pexels.com/Hiển Nguyễn)

Pada dasarnya gak ada manusia yang benar-benar sempurna. Semua orang pasti memiliki kekurangan dan kelebihan dalam dirinya. Dengan begitu, artinya mereka pasti pernah melakukan kesalahan dalam hidupnya. Itu adalah hal yang wajar. Namun, jangan biarkan rasa bersalahmu atau kekurangan dirimu itu membuatmu terlarut dalam kesedihan.

Cobalah belajar untuk menerima kekurangan diri sendiri dan memaafkan diri jika kamu bersalah. Cara ini mampu membuat hatimu kembali dipenuhi dengan rasa cinta sehingga kamu akan menjadi seseorang yang terus bertumbuh dan berkembang dengan lebih baik lagi setiap harinya.

Untuk dapat mengisi hati dengan rasa cinta, kamu juga harus mencintai dirimu sendiri dan menjadikannya prioritas untuk dibahagiakan.

Itulah kelima tips yang bisa kamu lakukan agar hatimu selalu dipenuhi oleh cinta. Menjalani hidup dengan penuh cinta akan membuatmu merasa bahagia dan beban pikiran pun akan berkurang.

Karena kebahagiaan itu juga gak datang dengan sendirinya, maka kamu harus terus semangat dan aktif dalam memenuhi hati dengan rasa cinta, ya. Dengan begitu, kamu akan bisa menjalani hidup dengan lebih berbahagia lagi.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Terlalu Berlebihan dalam Self-Love

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya