Comscore Tracker

5 Tips Perbaiki Pola Hidup, agar Karier Gak Meredup

Raih karier cemerlang dengan membangun kebiasaan

Keberhasilan menggapai karier impian, itu bisa kamu lakukan dengan memiliki kebiasaan yang baik. Selain membutuhkan kecerdasan, perjalanan karier seseorang juga bisa terbantu, apabila orang tersebut memiliki pola hidup yang teratur dan positif setiap harinya.

Sukses berkarier juga perlu strategi jitu untuk dapat meraihnya. Salah satunya adalah dengan memperbaiki pola hidupmu selama ini. Pola hidup atau kebiasaan yang kamu terapkan dalam keseharian, terlihat sederhana tapi sangat berpengaruh terhadap masa depan kariermu. Berikut lima tips yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki pola hidup, demi kemajuan karier. Yuk, simak baik-baik, ya.

1. Mulai memperbaiki pola makan dan istirahat 

5 Tips Perbaiki Pola Hidup, agar Karier Gak Meredupilustrasi beristirahat (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tips pertama dalam memperbaiki pola hidup yang terkait dengan perkembangan karier di masa depan yaitu, mulailah perbaiki pola makan dan istirahatmu. Pola hidup sehat penting untuk kamu miliki, karena kesehatan dapat menunjang kegiatan bekerjamu dan meningkatkan produktivitasmu.

Cobalah perhatikan lagi, makanan yang kamu konsumsi. Lalu, atur lagi jadwal istirahatmu, jangan lupa untuk mencukupi waktu tidur kurang lebih 7-9 jam per harinya. Kesehatan fisik dan mental yang terjaga dengan baik, benar-benar mampu membuat hari bekerjamu menjadi tenang dan mampu berfokus tinggi terhadap apa yang sedang kamu kerjakan.

2. Cukupi kebutuhan air di dalam tubuh 

5 Tips Perbaiki Pola Hidup, agar Karier Gak Meredupilustrasi orang minum air putih (pexels.com/cottonbro)

Pola hidup berikutnya yang perlu kamu terapkan dalam keseharian untuk menunjang karier di masa depan yaitu, pastikan kebutuhan air di dalam tubuh dapat tercukupi. Hal ini sederhana, tapi manfaatnya sangat luar biasa, sebab jika tubuhmu kekurangan air mineral, maka tingkat fokusmu bisa menurun.

Jika fokus bekerja setiap harinya terus menurun, maka hasil pekerjaanmu pasti gak akan maksimal dan gak sesuai dengan apa yang sudah ditargetkan sebelumnya. Proses berpikir dan bekerja itu membutuhkan fokus yang tinggi, dan fokus tersebut bisa kamu dapatkan, jika asupan air yang masuk ke dalam tubuh tercukupi.

Baca Juga: 5 Cara Mengatur Pola Pikir, Biar Kamu Bisa Menata Hidup dengan Baik

3. Bekerja dalam posisi yang baik dan benar 

5 Tips Perbaiki Pola Hidup, agar Karier Gak Meredupilustrasi posisi duduk saat bekerja (pexels.com/Ivan Samkov)

Pola hidup berikutnya yang perlu kamu perbaiki, agar karier masa depan gak meredup yaitu, membiasakan diri untuk menjaga postur tubuh dengan posisi yang baik dan benar, ketika kamu sedang bekerja. Poin ini juga menjadi hal sederhana dalam pola hidup atau kebiasaan sehari-hari, tapi jika dalam jangka panjang kamu bekerja dalam posisi yang gak benar, maka itu dapat merusak produktivitas bekerja.

Dalam satu hari saja, orang yang bekerja bisa menghabiskan banyak waktunya untuk duduk, entah di depan layar komputer, mengikuti kegiatan rapat, atau dalam aktivitas bekerja yang lainnya. Jika tubuhmu terbiasa gak di posisikan dengan baik dan benar, maka hal tersebut dapat menimbulkan risiko kesehatan yang serius di kemudian harinya. Apabila kesehatan sudah terganggu, maka perjalanan kariermu bisa saja akan meredup.

4. Seringlah bergerak aktif dalam keseharianmu saat bekerja 

5 Tips Perbaiki Pola Hidup, agar Karier Gak Meredupilustrasi orang sedang berjalan (pexels.com/MART PRODUCTION)

Tak bisa dipungkiri, pekerjaan di kantor terkadang memaksamu untuk tetap duduk hingga berjam-jam lamanya. Tentu saja kebiasaan ini, dapat menurunkan tingkat kesehatanmu. Tubuh yang sehat, itu membutuhkan pergerakan aktif setiap harinya, termasuk saat kamu sedang sibuk bekerja.

Sebanyak apa pun tugas pekerjaan yang menumpuk dan mengharuskanmu duduk di depan layar komputer dalam waktu yang lama, cobalah tetap berusaha untuk aktif bergerak. Hal ini untuk menyeimbangkan pola hidup dalam bekerja, agar pikiran, hati dan badan, tetap sama-sama mendapatkan kebaikan. Jika ketiga hal tersebut terjaga dengan baik, maka kemajuan karier masa depanmu, pasti akan bergerak mengalami perkembangan pesat.

5. Menjaga pola hidup sehat meski sudah selesai bekerja 

5 Tips Perbaiki Pola Hidup, agar Karier Gak Meredupilustrasi menjalani pola hidup sehat (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Memperbaiki pola hidup saat bekerja, memang dapat menghindarkanmu dari perjalanan karier yang kian meredup. Namun, memperbaikinya saat bekerja saja, itu gak cukup untuk mendapatkan kesuksesan dalam berkarier. Untuk itu, kamu juga perlu menjaga pola hidup sehat, meski sudah selesai bekerja.

Kamu hanya perlu mengendalikan diri, terkait pikiran dan emosi, serta kebiasaan sehari-hari, agar tetap sehat dan positif kapan saja dan di mana saja. Selain itu, memiliki relasi yang baik dengan siapa pun, juga perlu kamu bangun. Memiliki lingkungan sosial yang sehat adalah bagian dari pola hidup yang mampu menunjang karier di masa depanmu nanti.

Pola hidup yang sehat, baik dan teratur, bisa mendukungmu dalam berkarier. Pada dasarnya, semua itu juga berasal dari dirimu sendiri. Jika kamu ingin karier gak meredup, cobalah perbaiki pola hidupmu dengan menerapkan beberapa tips di atas. Kesibukan bekerja jangan sampai membuat pola hidupmu menjadi berantakan. Tetaplah menjaganya dengan baik, agar karier di masa depan bisa berjalan lancar dan sesuai dengan apa yang kamu harapkan.

Pola hidup yang sehat dapat menunjang pekerjaan, meningkatkan fokus dan konsentrasi, memunculkan energi positif dalam diri, hingga dapat memancing pikiranmu untuk menciptakan ide-ide cemerlang. Menerapkan pola hidup yang baik dan sehat, dapat dipastikan akan membawamu menuju kesuksesan dalam berkarier.

Baca Juga: 5 Tips Menjadi Orang yang Lebih Menyenangkan, Perhatikan Pola Pikirmu!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya