Comscore Tracker

5 Tips Sederhana Jadi Pribadi Dermawan yang Tak Perhitungan 

Lakukan semuanya dengan hati yang tulus 

Dermawan adalah sifat manusia yang banyak disukai oleh orang lain. Orang dermawan gak akan pelit atau kikir terhadap segala hal yang dia miliki. Dia gak pernah merasa khawatir akan sesuatu hal negatif yang akan terjadi di masa depannya seperti rasa takut akan jatuh miskin, uang tabungan yang akan berkurang, gak bisa merasakan kenikmatan hidup dengan bergelimang harta, dan lainnya.

Memberikan sesuatu yang dia miliki untuk membantu orang lain adalah hal yang positif dan selalu dia lakukan dengan hati yang ikhlas. Tentu sifat tersebut membuat seseorang akan benar-benar bisa merasakan kenikmatan dan kebahagiaan dalam menjalani kehidupan.

Apakah kamu menginginkannya juga? Yuk, biasakan diri menjadi pribadi dermawan yang tak perhitungan. Berikut lima tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk membiasakan diri untuk ikhlas dalam memberi.

1. Beranikan diri untuk memulai 

5 Tips Sederhana Jadi Pribadi Dermawan yang Tak Perhitungan ilustrasi memberi dengan tulus (pexels.com/Timur Weber)

Apabila kamu masih merasa sulit untuk berbagi kepada sesama dalam jumlah yang besar, maka cobalah saja dulu dari yang kecil. Gak perlu memikirkan jumlahnya, yang penting mulai saja dan tulus melakukannya. Diharapkan dengan membiasakan diri memberi dari yang kecil, maka suatu saat akan terbiasa dan ikhlas juga ketika memberikan dalam jumlah yang besar.

Namun, kamu juga harus bijaksana dalam memberi, ya. Pastikan kamu sendiri jangan sampai kekurangan karena selalu memberikan lebih kepada orang lain. Itu bukan hal yang perhitungan, kok. Itu adalah sikap dewasa dalam memberi agar semua tetap seimbang dan memiliki banyak manfaat bagi dirimu serta orang lain.

2. Latihlah diri untuk selalu berempati 

5 Tips Sederhana Jadi Pribadi Dermawan yang Tak Perhitungan ilustrasi membantu sesama yang sedang kesusahan (pexels.com/Allan Mas)

Belajarlah merasakan apa yang orang lain rasakan. Cobalah lihat dan amati orang-orang di sekitar kamu. Pasti ada yang lebih kekurangan daripada kamu.

Nah, cobalah merasakan tentang kesulitan yang mereka alami. Lalu, ambillah tindakan untuk membantunya. Kemudian rasakan betapa bahagianya kamu karena bisa membantu seseorang yang sedang dalam kesulitan.

Lakukan ini secara rutin dan ikhlas agar rasa empati dalam dirimu semakin meningkat. Kamu akan ketagihan dalam memberi dan melakukan sesuatu yang bisa membuat kehidupan orang lain menjadi lebih baik. Tentu kamu akan merasa senang ketika melihat orang yang kamu bantu juga senang.

Baca Juga: 5 Manfaat Mengembangkan Sifat Dermawan dalam Kehidupan Sehari-hari

3. Hilangkan rasa takut atas hal-hal yang belum pasti terjadi 

5 Tips Sederhana Jadi Pribadi Dermawan yang Tak Perhitungan ilustrasi merasa khawatir tentang masa depan (pexels.com/Mikhail Nilov)

Memberi sesuatu yang kamu miliki kepada orang lain itu gak akan membuat kamu menjadi jatuh miskin. Apabila cara yang kamu gunakan baik dan benar, kamu akan tetap bahagia dan gak berkekurangan. Apapun yang akan terjadi di masa depan, ambillah sisi positifnya dan jadikan pelajaran dalam hidup. Apabila yang kamu miliki berkurang di masa depan, tetaplah menjadi baik dan membantu orang lain.

Memberi itu gak melulu harus dengan menggunakan uang. Dengan memperhatikan orang sekitar dan menghargai sesama, serta hal lainnya yang bisa membuat orang lain menjadi lebih baik, itu juga sudah merupakan sifat dermawan. Jadi, selalu lakukan yang terbaik dan gak perlu mengkhawatirkan sesuatu yang belum tentu terjadi.

4. Tuliskan hal-hal positif yang kamu rasakan saat sedang berderma 

5 Tips Sederhana Jadi Pribadi Dermawan yang Tak Perhitungan ilustrasi orang menulis (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Saat kamu memberi kepada orang lain, pasti ada manfaat positif yang kamu rasakan. Tuliskan itu dan baca kembali serta pahami. Ini akan bermanfaat positif juga untukmu sehingga kamu bisa semakin mengetahui menjadi orang dermawan itu adalah sesuatu yang sangat membahagiakan.

Menjadi sosok yang bermanfaat untuk orang lain, tentu akan membuatmu mau dan terus melakukannya. Saat kamu sedang bersedih, cobalah berderma kepada orang lain. Pasti hatimu yang gundah gulana itu akan membaik dan kembali berbahagia.

5. Jalani dan nikmati hidup dengan kesederhanaan 

5 Tips Sederhana Jadi Pribadi Dermawan yang Tak Perhitungan ilustrasi menjalani hidup dengan sederhana (pexels.com/Min An)

Menjalani dan menikmati kehidupan secara sederhana mungkin gak akan langsung menjadikan seseorang berubah menjadi pribadi yang dermawan. Akan tetapi, kalau kamu bisa melakukannya. Itu akan membuatmu berbahagia.

Rasa berkecukupan dan selalu bersyukur akan segala hal yang kamu miliki dalam hidup ini akan berpengaruh dalam diri. Kemudian, kamu juga akan bisa merasakan senang saat mampu berbagi meski dalam jumlah yang kecil. Hal-hal inilah yang akan melatih dirimu menjadi pribadi yang dermawan dan baik hati.

Ingatlah juga bahwa menjadi orang yang dermawan itu gak sekadar memiliki harta melimpah lalu membagi-bagikannya. Apabila kamu memiliki harta banyak, tapi masih sering mengeluh dan merasa kurang. Hal itu gak akan bisa membuatmu jadi sosok yang dermawan.

Itulah kelima tips yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Lakukanlah semua dengan hati yang tulus dan semoga mampu mengubah dirimu menjadi lebih dermawan lagi dan gak perhitungan soal apapun. Yuk, belajar mengubah diri menjadi pribadi yang lebih baik dan bermanfaat untuk orang lain.

Baca Juga: [QUIZ] Cari Tahu Seberapa Dermawan Kamu Lewat Soal Ini!

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya