Comscore Tracker

5 Tips Stop Rasa Iri Hati atas Keberhasilan Orang Lain

Cobalah ikut berbahagia, agar kamu merasakan hal yang sama

Iri melihat keberhasilan orang lain adalah sifat buruk yang perlu kamu hindari. Terus memelihara rasa iri hati hanya akan membuat hidupmu jauh dari ketenangan. Ketika melihat orang lain berhasil mencapai kesuksesan, ada baiknya kamu ikut berbahagia, bukan malah tak suka melihatnya.

Merasa iri hanya akan membuatmu lelah, bahkan mampu mengurangi semangat yang ada dalam diri. Apalagi di zaman yang sudah maju seperti sekarang ini, banyak cara untuk mendapatkan berbagai informasi dengan mudah. Salah satunya adalah kesuksesan yang orang lain dapatkan. Nah, agar rasa iri hati tak terus kamu alami ketika mengetahui keberhasilan yang diraih orang lain, coba lakukan beberapa tips berikut ini.

1. Saat merasa iri, coba bertanyalah kepada dirimu sendiri atas apa yang terjadi

5 Tips Stop Rasa Iri Hati atas Keberhasilan Orang Lainilustrasi merenung (pexels.com/Burst)

Ketika teman atau rekan kerjamu berhasil mendapatkan promosi kenaikan jabatan atau prestasi yang lainnya, lalu kamu merasa tak suka akan hal tersebut dan mulai merasakan iri padanya. Saat hal tersebut terjadi, cobalah bertanya kepada diri sendiri, apakah perasaan irimu itu memiliki alasan yang logis, atau hanya asumsi saja?

Cobalah renungkan kembali, apakah orang tersebut sengaja memancing agar merasa iri padanya, atau apakah kamu yang belum maksimal dalam berjuang? Bertanya kepada diri sendiri terkait semua hal ini akan menjadikanmu pribadi yang lebih realistis lagi. Hal tersebut dapat membuatmu berpikir logis dan gak lagi merasa iri atas keberhasilan orang lain.

2. Cobalah berpikir sisi positifnya 

5 Tips Stop Rasa Iri Hati atas Keberhasilan Orang Lainilustrasi berpikir positif (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tips berikutnya agar rasa iri hati terhadap keberhasilan orang lain tak selalu menghampirimu yaitu, dengan belajar untuk berpikir dan melihat sesuatu dari sisi positifnya. Jangan terburu-buru dalam menilai pencapaian yang orang lain raih, karena itu adalah awal mula perasaan iri bisa datang dan kamu rasakan.

Jika kamu mampu berpikir lebih positif lagi terhadap segala sesuatu, termasuk ketika melihat orang lain berhasil, maka kamu akan semakin termotivasi untuk bisa mencapai keberhasilan, bukan malah menjadikan rasa irimu semakin berkembang. Berpikir positif akan semakin membuatmu tenang dalam menjalani hari dan damai saat berada dalam berbagai situasi.

3. Bijaksana dalam menyerap informasi 

5 Tips Stop Rasa Iri Hati atas Keberhasilan Orang Lainilustrasi bermain media sosial (pexels.com/Eren Li)

Perhatikan lagi rasa iri yang menghampiri. Misalnya saja ketika berselancar di media sosial. Saat melakukan aktivitas tersebut, kamu jadi mengetahui banyak keberhasilan yang orang lain raih, sementara kamu masih tahap berjuang. Jika demikian, berusahalah agar lebih bijaksana dalam menyerap informasi.

Bermain media sosial itu gak dilarang. Kamu memang harus mengikuti perkembangan zaman. Namun, dewasa dan bijaksanalah saat sedang menyerap sebuah informasi, apalagi yang terkait kesuksesan orang lain. Ambillah sisi positifnya, jadikan sebagai penyemangat saja.

Jika dirasa masih belum bisa mengendalikan diri saat bermedia sosial, cobalah batasi penggunaannya. Tujuannya adalah supaya rasa iri hatimu tak semakin menggebu.

Baca Juga: 5 Tips Hilangkan Iri Hati yang Bikin Kamu Susah Sendiri

4. Kenali keahlian yang kamu miliki 

5 Tips Stop Rasa Iri Hati atas Keberhasilan Orang Lainilustrasi menulis (pexels.com/Artem Podrez)

Perasaan iri kerap menghampiri kehidupan sehari-hari seseorang saat melihat keberhasilan orang lain. Salah satu penyebabnya karena ia belum bisa meraih hal yang sama.

Maka dari itu, agar kamu gak mudah iri terhadap keberhasilan orang lain, cobalah untuk mengenali keahlian yang dimiliki. Pahami lagi secara lebih mendalam, agar kamu bisa semakin mengembangkannya. Dengan begitu, nantinya kamu akan semakin ahli dalam suatu bidang, sehingga kamu juga akan mendapat keberhasilan di masa mendatang.

5. Lebih bersyukur lagi atas kemampuan diri 

5 Tips Stop Rasa Iri Hati atas Keberhasilan Orang Lainilustrasi bersyukur (pexels.com/Oleg Magni)

Rasa syukur selain dapat membuatmu merasa cukup dengan apa yang sudah dimiliki, juga bisa membantumu dalam mengendalikan diri, termasuk rasa iri hati yang kerap menghampiri. Ketika kamu bisa mensyukuri kemampuanmu sendiri, maka kamu gak akan merasa iri hati saat mengetahui orang lain menjadi ahli dalam bidang tertentu.

Hal tersebut bisa terjadi, karena kamu akan tetap percaya diri dan yakin akan menjadi ahli juga dalam bidang yang kamu tekuni. Inilah yang akan membuatmu tak lagi merasakan iri terhadap prestasi orang lain, karena bagimu setiap orang memiliki kelebihannya masing-masing, serta semua orang juga bisa menjadi ahli dan mengukir prestasi dalam suatu bidang.

Ketika rasa iri hati mulai kamu alami, saat mengetahui orang lain berhasil menggapai kesuksesan lebih dulu darimu, cobalah terapkan kelima tips di atas, agar kamu bisa menerima kenyataan untuk lebih berjuang lagi. Jadi, bukan malah menjadikan keberhasilan orang lain sebagai sesuatu yang dirasa gak adil.

Pikiran atas ketidakadilan inilah yang kerap membuat iri hati selalu kamu alami. Belajarlah agar ikut merasa bahagia, saat orang lain meraih keberhasilan, supaya kamu juga merasakan kebahagiaan yang sama. Hilangkanlah rasa iri hati, jika kamu tak ingin terlarut dalam pikiran negatif.

Baca Juga: 5 Dampak Negatif Jika Menyimpan Rasa Iri, Jangan Mau Merugi

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya