Comscore Tracker

5 Tips Tegar Hadapi Cobaan dalam Proses Mencapai Tujuan

Sebab cobaan hidup, mungkin saja dialami bukan hanya sekali

Setiap orang memiliki tujuan dalam hidupnya, dia akan berusaha untuk mencapainya dengan melakukan beberapa cara. Proses mencapai tujuan hidup memang gak selalu mulus, pasti akan ada saja cobaan yang datang menghampirinya. Apakah saat ini kamu sedang berusaha meraih tujuan hidupmu, namun dalam perjalanan kamu mulai merasa lelah akibat cobaan yang datang cukup berat?

1. Jika ingin menangis, maka jangan ditahan 

5 Tips Tegar Hadapi Cobaan dalam Proses Mencapai Tujuanilustrasi orang menangis (pexels.com/Liza Summer)

Menghadapi cobaan dalam proses mencapai tujuan, itu memang berat dan melelahkan. Jika kamu merasa sedih dan ingin menangis, maka menangislah saja. Menangis akan membuatmu merasa lebih baik, daripada kamu menahan rasa sedih hanya di dalam hati saja. Biarkan air mata membasahi pipimu, gak perlu merasa malu, karena menangis itu adalah suatu hal yang manusiawi.

Semua orang pasti pernah menangis, jadi gak apa-apa jika kamu tak kuasa menahan sedih akibat cobaan yang datang silih berganti, saat kamu sedang berjuang. Menghadapi cobaan hidup, kamu memang harus berusaha untuk tegar. Namun, jangan salah mengartikan kata tegar, ya.

Tegar itu bukan berarti gak boleh menangis. Akan tetapi, tegar adalah menerima dengan lapang dada segala cobaan yang datang. Dan menangis, merupakan salah satu cara yang bisa membantumu menerima dengan ikhlas segala cobaan yang datang, serta mampu melewatinya dengan baik.

2. Tetap menjalin hubungan sosial yang kuat 

5 Tips Tegar Hadapi Cobaan dalam Proses Mencapai Tujuanilustrasi pertemanan (pexels.com/Diva Plavalaguna)

Merasa terpuruk saat menghadapi banyak cobaan hidup, memang hampir dirasakan oleh setiap orang yang mengalaminya. Bahkan, sampai ada orang yang meragukan hidup ini dan menyalahkan kuasa Tuhan, hingga bertanya-tanya kenapa semua ini terjadi pada dirinya. Beberapa orang yang kurang mampu menyikapi cobaan dengan bijak, mereka pun bisa menyalahkan keadaan dan orang lain atas musibah yang menimpa mereka.

Dalam kondisi seperti, sebaiknya kamu jangan mengurung diri dan menyendiri terlalu lama. Akan lebih baik lagi, jika kamu tetap menjalin hubungan sosial yang kuat dengan teman-teman dan keluarga. Hal tersebut karena dengan keberadaan orang-orang terdekat di sampingmu, saat kamu sedang rapuh itu bisa membantumu dalam menguatkan dan menenangkan diri.

Baca Juga: 5 Hal Ini Bisa Menjadikanmu Lebih Kuat saat Menghadapi Cobaan Berat

3. Hindari kebiasaanmu yang sering melamun 

5 Tips Tegar Hadapi Cobaan dalam Proses Mencapai Tujuanilustrasi orang melamun (pexels.com/RODNAE Productions)

Kebiasaan termenung sambil membiarkan pikiranmu terbang melayang tanpa arah dan tujuan, itu gak baik jika terus kamu lakukan, apalagi saat kamu sedang banyak cobaan. Aktivitas melamun tersebut bisa berpotensi membuatmu semakin larut dalam keterpurukan, hingga menyebabkan rasa stres yang kamu alami menjadi semakin berat.

Tegar dalam menghadapi cobaan hidup, memang terkadang terasa berat. Kamu bisa tertekan secara fisik dan juga mental. Salah satu solusi yang tepat untuk kondisi seperti ini adalah jangan menyerah dan tetap berusaha. Hindari kebiasaanmu yang suka melamun, terlebih dalam kondisi yang sedang seperti ini. Saat kamu sedang terpuruk, lalu setiap harinya kamu melamun, justru itu hanya akan membuat masalah hidup semakin buruk.

4. Berpikir mencari solusinya 

5 Tips Tegar Hadapi Cobaan dalam Proses Mencapai Tujuanilustrasi berpikir (pexels.com/Sora Shimazaki)

Daripada kamu mengurung diri dan meratapi nasib, maka akan lebih baik jika kamu berpikir untuk mencari solusi dari setiap cobaan yang datang. Hal ini merupakan salah satu cara yang cukup ampuh membuatmu tegar dalam menghadapi banyak cobaan. Ketika kamu memfokuskan pikiran untuk mencari solusi terbaiknya, maka kamu gak akan larut ke dalam keterpurukan.

Lakukanlah secara bertahap, yang terpenting teruslah berusaha memikirkan cara dan strategi untuk menghadapi segala cobaan. Gak perlu terburu-buru dalam melakukannya, milikilah kesadaran bahwa semua hal itu membutuhkan waktu dan proses. Pulihkan dulu lukamu di masa lalu, seiring berjalannya waktu, saat kamu merasa sudah membaik, cobalah mulai berpikir tentang sesuatu yang bisa dijadikan sebagai solusi dan jalan keluar yang terbaik.

5. Berusahalah untuk bangkit 

5 Tips Tegar Hadapi Cobaan dalam Proses Mencapai Tujuanilustrasi tersenyum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Mengalami banyak cobaan saat kamu dalam proses berjuang mencapai tujuan, memang akan ada banyak penyesalan. Namun, jangan fokus di hal-hal yang membuatmu menyesal, dan terus menerus menyalahkan diri sendiri, serta keadaan. Proses berjuang mencapai tujuan yang diinginkan, memang gak mudah dan pastinya akan ada banyak cobaan yang datang.

Beberapa cobaan tersebut, memang ada yang bisa dihindari. Namun, untuk cobaan yang sulit dihindari dan mau gak mau harus kamu hadapi, maka ikhlaskanlah hatimu untuk menghadapinya, karena jika kamu menyesalinya pun, itu gak ada manfaatnya. Belajarlah untuk mengambil pelajaran dari apa yang telah kamu alami. Kemudian, berusahalah bangkit dan bersiaplah untuk menatap masa depan yang lebih baik.

Cobaan yang datang saat kamu dalam proses mencapai tujuan, itu bisa dalam ukuran ringan maupun berat. Saat ukurannya ringan, mungkin kamu akan mudah melaluinya, namun saat cobaan terasa begitu berat, sudah jelas dan pasti akan membutuhkan perjuangan yang lebih dari kamu.

Meski begitu, tetaplah tegarkan dirimu dalam menghadapinya. Dunia ini sangat adil, jadi percayalah bahwa hidupmu pasti gak akan terus menerus mengalami cobaan berat. Kemampuan tegar dalam menghadapi cobaan, memang perlu kamu pelajari dan miliki. Hal tersebut dikarenakan, bahwa mengalami cobaan hidup itu, mungkin saja akan terjadi lagi di kehidupan yang akan datang.

Baca Juga: 5 Alasan Seseorang yang Hidupnya Penuh Cobaan Lebih Kuat

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya