Comscore Tracker

5 Tips Ampuh Untukmu yang Sudah Menemukan Tujuan, tapi Ragu Melangkah

Segera keluar dari situasi yang penuh ketidakpastian ini

Tujuan hidup adalah hal yang dimiliki oleh hampir setiap manusia. Menemukan tujuan hidup juga gak mudah untuk dilakukan. Kamu harus menyakinkan diri dengan apa yang benar-benar kamu inginkan serta harus menyesuaikan kemampuan dan keadaan. Bagi kamu yang sudah berhasil menemukan tujuan hidup, selamat, ya!

Kamu sudah satu langkah lebih maju dari yang lainnya. Namun, ketika sudah menemukan apa yang menjadi tujuanmu, ternyata gak cukup, lho jika hanya sampai di situ. Kamu tetap harus maju melangkah untuk benar-benar bisa menggapai tujuanmu tersebut. Mencapai tujuan hidup memang prosesnya gak singkat, bahkan kamu juga harus menguatkan mental agar bisa tegar saat menghadapi segala halangan.

Salah satu halangan yang akan kamu temui adalah keraguan dalam diri untuk maju melangkah. Namun, jangan khawatir dan bingung karena ada beberapa tips yang bisa membantumu agar lebih yakin dan percaya diri untuk melangkah menuju tujuan hidup yang kamu inginkan. Yuk, baca sampai selesai.

1. Hentikan kebiasaan berbicara negatif kepada diri sendiri 

5 Tips Ampuh Untukmu yang Sudah Menemukan Tujuan, tapi Ragu Melangkahilustrasi orang bercermin (pexels.com/Min An)

Ketika sudah menemukan tujuan, namun masih ragu untuk melangkah, tips pertama yang perlu kamu lakukan adalah menghentikan kebiasaanmu yang sering berbicara negatif kepada diri sendiri. Faktor ini merupakan permasalahan yang sering dihadapi oleh hampir semua orang.

Kebiasaan ini bisa berdampak positif apabila yang kamu bicarakan adalah hal-hal baik. Namun, jika yang kamu bicarakan adalah hal buruk tentang dirimu sendiri, dampaknya pun akan negatif. Jelas hal ini dapat membuatmu semakin ragu ketika akan melangkah mencapai tujuan karena kamu menjadi meragukan kemampuan dirimu sendiri. Oleh karena itu, jagalah kata-kata yang kamu keluarkan untuk dirimu sendiri.

2. Saringlah segala informasi yang kamu terima 

5 Tips Ampuh Untukmu yang Sudah Menemukan Tujuan, tapi Ragu Melangkahilustrasi orang membaca dan menyaring informasi (pexels.com/Thirdman)

Saat menjalani proses dalam menemukan tujuan hidup, pasti sebelumnya kamu telah mempelajari banyak hal dan mengamatinya. Dari hal-hal tersebut, pasti ada berbagai informasi yang kamu dapatkan dan kamu percaya. Nah, saat kamu sudah memutuskan untuk memilih tujuan hidupmu, sebaiknya kamu perlu menyaring berbagai informasi yang kamu terima itu.

Bukan tanpa alasan, seseorang bisa ragu melangkah, padahal dia sudah yakin dengan tujuan yang ingin dicapainya, salah satunya adalah karena informasi-informasi dari luar yang kamu dengar. Untuk mengatasi keraguanmu, cobalah selalu memiliki cara memandang dan menilai sesuatu dengan lebih teliti dan kritis lagi. Dengan begitu, kamu akan mampu selektif dalam menyaring berbagai informasi. Namun, ingat bahwa kamu juga harus memiliki pendirian yang teguh atas tujuan hidup yang sudah kamu pilih.

Baca Juga: 5 Sebab Harus Berani Menepis Keraguan akan Kemampuan Diri

3. Jangan membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain 

5 Tips Ampuh Untukmu yang Sudah Menemukan Tujuan, tapi Ragu Melangkahilustrasi membandingkan diri dengan orang lain (pexels.com/Royal Anwar)

Ketika melihat orang lain bisa menggapai kesuksesannya, pasti kamu akan terkesima melihatnya. Namun, janganlah kemudian kamu membandingkannya dengan dirimu yang masih berjuang. Itu hanya akan membuatmu merasa rendah diri. Memang bisa berdampak baik jika kamu mampu menjadikannya sebagai motivasi. Akan tetapi, biasanya ketika seseorang menjadikan pencapaian orang lain sebagai pembanding dengan dirinya, yang muncul adalah dampak buruk.

Salah satu dampak buruk yang akan kamu rasakan adalah munculnya keraguan dalam diri untuk melangkah maju menggapai tujuanmu sendiri. Jika kamu selalu membandingkan diri dengan orang lain, kamu akan tertinggal dari orang tersebut karena kamu menjadi gak fokus dengan tujuanmu sendiri.

Tetap tenang karena kamu bisa menghentikan kebiasaan ini. Jadi, jangan membandingkan diri dengan orang lain. Namun, bandingkanlah dirimu sendiri di masa lalu dengan masa sekarang. Dengan begitu, selain akan bisa fokus meraih tujuan, kamu pun menjadi bisa mengetahui perkembangan dirimu dari hari ke hari.

4. Miliki pola pikir berkembang 

5 Tips Ampuh Untukmu yang Sudah Menemukan Tujuan, tapi Ragu Melangkahilustrasi orang berpikir (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sudah menemukan tujuan hidup, tapi masih ragu untuk melangkah mencapainya? Mungkin itu karena kamu belum memiliki pola pikir yang berkembang. Pola pikir berkembang mampu mengatasi keraguan yang muncul dalam diri karena orang yang memiliki mindset seperti ini gak akan pernah meragukan dirinya dan gak merasa takut gagal serta gak akan insecure dengan kemampuan yang dimilikinya.

Keraguan untuk melangkah mencapai tujuan terkadang membuat kamu menjadi orang yang takut dengan kegagalan. Nah, jika kamu memiliki pola pikir berkembang, kamu gak lagi takut dan ragu karena kamu mampu melihat semua hal dengan sudut pandang yang luas dan terbuka. Seandainya terjadi kesalahan, kamu akan memandang bahwa kesalahan tersebut merupakan bagian dari proses mencapai keberhasilan.

5. Berceritalah kepada orang yang bijaksana dan bisa kamu percaya 

5 Tips Ampuh Untukmu yang Sudah Menemukan Tujuan, tapi Ragu Melangkahilustrasi orang sedang bercerita (pexels.com/Alexander Suhorucov)

Tips selanjutnya untuk mengatasi rasa ragu saat kamu sudah menemukan tujuan hidup adalah dengan cara bercerita tentang keraguanmu kepada orang yang bijaksana dan bisa kamu percaya. Dengan bercerita kepada mereka, kamu akan mendapatkan dukungan mental dan lainnya sehingga kamu bisa menjadi lebih percaya diri dan yakin lagi untuk maju melangkah mencapai tujuan yang sudah kamu tentukan.

Ceritakan saja tentang hal-hal yang kerap membuatmu ragu saat akan melangkah. Siapa tahu mereka bisa membantumu untuk keluar dari situasi yang membingungkan tersebut. Oleh karena itu, pilihlah orang yang tepat untuk berbagi cerita supaya kamu juga akan mendapatkan saran yang positif dan baik untuk masa depanmu.

 

Itulah kelima tips ampuh untukmu yang sudah menemukan tujuan hidup, namun masih merasa ragu untuk melangkah menggapainya. Percaya diri dan yakinlah dengan tujuan yang sudah kamu pilih dan jangan meragukan kemampuan yang kamu miliki untuk dapat mencapainya. Jangan sampai rasa ragumu membuat kamu terjebak dalam situasi yang penuh ketidakpastian.

Baca Juga: 5 Cara Mengusir Keraguan Saat Mau Membuka Obrolan dengan Orang Lain

Adelbertha Eva Y Photo Verified Writer Adelbertha Eva Y

Tetap Semangat

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya