Comscore Tracker

Cegah Bad Mood Seharian, 5 Cara Ini Bisa Kamu Coba Sekarang! 

Semua dimulai dari dirimu!

Suka merasa gak sih, mood kemarin yang kurang baik terbawa sampai besok hari, bahkan gak hilang seminggu penuh. Kalau sudah begini, jangan sampai keterusan! Malahan bisa pengaruh ke performa kerja atau aktivitasmu.

Nah, kamu perlu nih menyiasati supaya hal ini gak terulang terus-terusan. Paling gak mood-mu bisa terjaga ya, itu udah bagus kok! Buat kamu yang mengalami ini, IDN Times mau kasih tips ampuh buat menangani mood-mu itu. Yuk simak! 

1. Coba bangun lebih pagi dan banyak bersyukur

Cegah Bad Mood Seharian, 5 Cara Ini Bisa Kamu Coba Sekarang! Ilustrasi seorang wanita bangun tidur (Shutterstock.com/Art_Photo)

Coba, kapan terakhir kamu bangun lebih pagi? Setiap orang memang punya alasan masing-masing untuk bangun pagi. Kerja atau sekolah mungkin di antaranya. Atau bisa jadi karena terbiasa. 

Untuk menjaga mood, bangun lebih pagi kami rekomendasikan karena kamu bisa siap menjalani hari dan mempunyai waktu lebih dengan mempersiapkan segalanya agar lebih baik. 

Supaya bisa bangun lebih pagi, otomatis kamu harus bisa bersiap tidur lebih awal untuk menghindari begadang dan kurang tidur yang bisa mengacaukan mood-mu lho. Jangan lupa juga mensyukuri apa yang telah kamu lalui kemarin, ya!

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Perasaan Bad Mood yang Sering Datang Tiba-tiba

2. Awali harimu dengan olahraga, yuk!

Cegah Bad Mood Seharian, 5 Cara Ini Bisa Kamu Coba Sekarang! Ilustrasi pasangan berolahraga bersama (Shutterstock/TORWAISTUDIO)

Dari bertambahnya waktu berkat bangun tidur lebih awal tadi, olahraga bisa kamu masukkan dalam rencana kegiatanmu setiap hari ataupun seminggu minimal tiga kali. Gak perlu lama, sehari 30 menit olahraga bisa bikin kamu bahagia. Kenapa demikian? 

Buat kamu ketahui, olahraga yang dilakukan dapat menghasilkan hormon endorfin. Nah, hormon ini merupakan salah satu hormon yang bisa membantu meningkatkan perasaan positif, termasuk kebahagiaan dan kesenangan. Nah, gimana gak terjaga tuh mood-mu seharian?

3. Jangan lupa catat rencana dan prioritasmu hari ini

Cegah Bad Mood Seharian, 5 Cara Ini Bisa Kamu Coba Sekarang! Ilustrasi wanita membuat catatan (Shutterstock/Mr.Whiskey)

Dalam menjalani hari, kadang kita tak bisa menduga apa yang bakal terjadi. Padahal, kamu sudah rencanakan itu jauh-jauh hari. Biar harimu lebih terarah dan gak mengacaukan kegiatan juga mood-mu, kamu wajib deh mencatatnya. Dari aktivitas ini, kamu bisa mengetahui mana prioritas dan rencanamu hari ini. 

Misalnya kamu bisa tahu nih, pekerjaan mana yang lebih mudah atau susah, dan mana yang tenggat waktunya mepet sehingga bisa kamu dahulukan. Dari hal itu, pasti kamu bisa menargetkan tiap-tiap list harianmu harus selesai kapan sehingga bisa menghemat waktu atau cepat menyelesaikannya. Nah, percaya deh hal ini juga bisa membuatmu puas dan anti bad mood!

4. Cari informasi yang kamu banget

Cegah Bad Mood Seharian, 5 Cara Ini Bisa Kamu Coba Sekarang! Ilustrasi pria sedang browsing (Shutterstock/Art_Photo)

Pagi salah satu waktu yang tepat buat mencari informasi karena berbagai kabar diperbarui. Supaya mood-mu terjaga, coba deh jangan cek berbagai macam berita. Pilih saja informasi yang kamu banget, misalnya hobi atau minatmu. Hal ini buat meningkatkan mood dan meminimalkan bad mood karena berita buruk yang mungkin bisa memengaruhimu. 

Lewat browsing ataupun nonton berita, kamu mesti pastikan juga provider rumahmu aman, ya. Ingat, hal kecil yang mengganggu bisa bikin mood rusak lho. Misalnya mau tahu update pertandingan bola, tapi streaming sering buffering. Kan jadi gak banget. 

Nah, di sini IDN Times juga mau kasih rekomendasi provider buatmu nih, yakni IndiHome. Kenapa IndiHome? Buat kamu ketahui, penyedia layanan internet fixed broadband ini pada 2020 diperkirakan sukses menambah pelanggan tertinggi kurang lebih mencapai 1 juta orang. Hal itu berdasarkan laporan desk research enciety Business Consult. Banyak banget kan! 

Kalau dibandingkan dengan provider lain yang hanya bertambah masing-masing seratus ribu pelanggan, pencapaian IndiHome ini sangat signifikan bahkan ketika awal-awal pandemik. Itu pun bukti bahwa IndiHome mampu mengombinasikan antara merebut pasar, dan di lain sisi juga mampu mempertahankan eksisting pelanggannya.

Tahun lalu, bahkan IndiHome mengantongi lebih dari 10 juta pelanggan di seluruh penjuru Indonesia atau kurang lebih dengan market share 85 persen. Tentu ini bukan pekerjaan yang mudah bagi Telkom atau IndiHome untuk mengelola loyalitas pelanggannya lho. Hal ini juga bisa dikatakan bahwa IndiHome berhasil memenangkan persaingan dengan memahami customer experience. 

5. Ngobrol dengan teman atau keluarga juga bisa!

Cegah Bad Mood Seharian, 5 Cara Ini Bisa Kamu Coba Sekarang! Ilustrasi mengobrol dengan teman (Shutterstock/Urbanspace)

Kalau hal-hal tadi masih bersifat pribadi, kamu bisa lho menjaga mood dengan mengobrol dengan orang-orang dekatmu. Bertukar pikiran atau sekadar bercanda bisa meringankan beban di pikiran, bukan? 

Dari hal itu, kamu juga bisa curhat apa hal yang menjadi pikiranmu belakangan ini. Dengan orang-orang yang kamu percaya, kamu gak perlu khawatir ceritamu ke mana-mana. Malahan solusi terbaik dan tulus pasti kamu dapat dari mereka. 

Nah, itu tadi cara-cara menjaga mood yang bisa IDN Times rekomendasikan buatmu. Sebetulnya, bad mood itu wajar, tapi intinya kamu bisa lho mengatur dan menjaga mood-mu setiap harinya. Kuasa atas dirimu ada di tanganmu kok! (WEB)

Baca Juga: 5 Hal yang Gak Boleh Kamu Lakukan saat Pasangan sedang Bad Mood

Topic:

  • Ezri T Suro

Berita Terkini Lainnya