Comscore Tracker

Hai Mahasiswa, Siapkan 6 Hal Ini Dulu Sebelum Terjun ke Dunia Kerja

Semua ingin menangkan posisi dalam bekerja

Mencari atau mendapatkan pekerjaan itu tidak semudah kamu saat membalikkan telapak tangan. Setuju? IDN Times sih setuju banget, apalagi guna mendapatkan sebuah pekerjaan idaman pun kamu harus ‘berlomba’ dengan para pesaing lainnya.

Buat kamu para mahasiswa yang sedang membaca ini, kamu berada di tempat yang tepat. Soalnya, kali ini IDN Times akan kasih kamu beberapa tips sebelum ‘berperang’ di dunia kerja nanti. Setidaknya, kamu harus unggul di enam hal ini ya!

1. Membuat CV yang menarik di mata para HRD

Hai Mahasiswa, Siapkan 6 Hal Ini Dulu Sebelum Terjun ke Dunia KerjaSeorang pria sedang wawancara kerja (Shutterstock.com/Blue Planet Studio)

Bikin CV bisa dibilang petamu sebelum pergi ke medan peperangan dunia kerja. Ya, dari sana percaya deh, kamu bisa mengukur kemampuanmu dan berkaca diri. Sudah sejauh mana pengalaman dan skill-mu misalnya.

Gak perlu buat CV yang mentereng dan berwarna-warni. CV sederhana tapi menggambarkan dirimu juga bisa menjadi senjata menaklukkan para HRD. Buat kamu ketahui, selembar CV-mu yang singkat, padat, dan jelas cuma dibaca 3-5 detik oleh mereka menurut banyak penelitian.

Baca Juga: Capek Cari Kerja? Ini 5 Tips Melamar Kerja Agar Mental Tetap Aman

2. Menjalin relasi untuk melamar pekerjaan

Hai Mahasiswa, Siapkan 6 Hal Ini Dulu Sebelum Terjun ke Dunia KerjaPara mahasiswa sedang berkumpul (Shutterstock.com/Vitchanan Photography)

Punya kakak tingkat, jangan cuma diincar jadi pujaan hati. Karena sesungguhnya, dia bisa jadi kunci kariermu nanti. Dari menjalani relasi dimulai dari mereka saja, sesungguhnya kamu gak bakal merugi kok.

Satu atau dua kating (kakak tingkat) dan jejaring mereka bisa juga jadi relasimu ke depan. Mungkin kamu bisa klasifikasi minatmu dan mereka yang sama. Dari situ kan sudah ada kecocokan dan prediksi kariermu ke depan mau ke mana dari hasil diskusi. Siapa tahu dari situ rekomendasi kerja menghampirimu. Intinya manfaatkan itu!

3. Berburu webinar dan job fair

Hai Mahasiswa, Siapkan 6 Hal Ini Dulu Sebelum Terjun ke Dunia KerjaPara mahasiswa mengikuti webinar (Shutterstock.com/Urbanscape)

Zaman sekarang mau belajar apa saja gampang, karena teknologi sudah banyak berkembang. Ikutan webinar yang kamu banget, juga bisa kapan aja kok. Mau ngelamar kerja gak perlu desak-desakan, karena ada job fair online. Nah, gak ada alasan buat malas-malasan lagi sekarang ‘kan?

Intinya, manfaatkan hari-harimu supaya gak kelewatan banyak webinar yang bertebaran. Tapi kalau dipikir-pikir lagi, kenapa harus memilih salah satu saja kalau kamu bisa mengikutinya semua? Soalnya, Sampoerna University akan mempersembahkan Bright Future Festival 2021 nih khusus untukmu.

Di acara virtual ini, kamu akan diajak untuk menemukan potensi dan juga meningkatkan pola pikir melalui berbagai sesi nih. Mulai dari:

  • Webinar. Kamu bisa memperluas pengetahuan dan perspektif baru melalui 18 sesi seputar karier, kesehatan mental, pengembangan diri, bisnis/kewirausahaan, kreatif & digital, serta masih banyak lagi.
  • Job fair. Kamu akan bertemu dengan para recruiters dari berbagai perusahaan terkemuka di Indonesia yang bisa sesuai dengan minat, bakat dan kepribadianmu.
  • CV review. CV kamu akan di-review sekaligus diberikan panduan untuk ke tahap selanjutnya dalam dunia kerja.
  • Job interview. Kamu berkesempatan untuk mendapatkan wawancara kerja secara eksklusif dengan recruiters berpengalaman demi mendapatkan karier impianmu selama ini.

Wah, kalau ini sih Bright Future Festival bisa dibilang paket lengkap banget ya! Sangat cocok untuk kamu yang masih berstatus sebagai mahasiswa ataupun fresh graduate yang mungkin sampai saat ini masih mencari pekerjaan dan ingin meraih karier impianmu.

Catat ya, Bright Future Festival 2021 akan dilaksanakan pada 10-12 Desember 2021 atau kamu bisa klik di sini atau follow akun Instagram @brightfuture_festival untuk informasi selengkapnya ya!

It's showtime, guys! Mulai berburu, jangan ragu akan masa depanmu!

4. Tidak ada waktu kosong, langsung diisi dengan freelance

Hai Mahasiswa, Siapkan 6 Hal Ini Dulu Sebelum Terjun ke Dunia KerjaSeorang wanita bekerja freelance dari rumah (Shutterstock.com/fizkes)

Waktu luang kadang melalaikan kita, begitu kata pepatah. Memang benar adanya, dari niat scroll media sosial sebentar, gak taunya jadi sambil rebahan seharian! Gak berasa juga kan kamu juga sebentar lagi jadi sarjana. Sudah sesiap itu kah kamu terjun ke dunia kerja?

Dari hal tadi saja kita bisa belajar, kalau waktu gak bisa menunggu. Tapi, dari waktu luang yang makin bertambah di semester-semester akhir bisa kamu andalkan. Saran IDN Times, cari dulu pekerjaan freelance yang bisa jadi modal portofoliomu buat melamar kerja ke depan, ya! Yah kalau sangat minim jumlahnya, kamu bisa ambil yang lain. Yang penting, dapat cuan!

5. Bisa jadi nilai tambah, sesekali jadi asisten dosen deh

Hai Mahasiswa, Siapkan 6 Hal Ini Dulu Sebelum Terjun ke Dunia KerjaMahasiswa sedang berbincang dengan dosennya (Shutterstock.com/Wirestock Creators)

Gak melulu jadi karyawan di sebuah perusahaan, ada juga mahasiswa yang ingin berkarier sebagai pengajar ke depannya. Makanya mereka kini punya minat juga buat meneruskan pendidikan ke jenjang berikutnya seperti S2. 

Kini mereka mulai cari tahu gimana sih dunia pengajaran itu. Salah satunya lewat cara menjadi asisten dosen (asdos). Banyak juga lho kesempatan belajar di bidang akademisi lewat kegiatan ini. Kampus pun siap memfasilitasi dan mendukung mahasiswa yang mau berkembang dengan cara ini. 

Hal ini seperti kepedulian Sampoerna University kepada student dan lulusannya, bahkan sampai mereka lulus nanti lho. Salah satunya lewat Bright Future Festival 2021 yang akan meningkatkan potensi setiap yang ikutan. 

Makanya, mahasiswa dan lulusan Sampoerna University gak hanya mendapat knowledge, tapi juga dukungan supaya mereka work dan world ready. Jadi, jangan sampai ketinggalan Bright Future Ready 2021 ya! Karena Sampoerna University bisa jadi kampus terbaik bagi mereka yang ingin dapat karier terbaik.

6. Apply magang supaya punya minimal pengalaman kerja

Hai Mahasiswa, Siapkan 6 Hal Ini Dulu Sebelum Terjun ke Dunia KerjaSeorang pria sedang magang di perusahaan (Shutterstock.com/Kzenon)

Gak ada salahnya juga kamu mulai cari-cari tempat magang lho. Lagi pula, pekerja magang sekarang juga lumayan banyak dicari, bukan?. Sudah dapat sertifikat dan skill baru, minimal kamu dapat uang makan plus ongkos. Tapi, bukan itu sebetulnya esensi magang, tapi bagaimana kamu bisa tahu nih bagaimana medan pertempuran dunia kerja sesungguhnya.

Tak perlu kaget jika dunia kuliah dan dunia kerja berbeda, dari magang kamu bisa belajar semua. Nah, jangan lupa serap banyak ilmu di sana ya. Selain itu, jaga attitude-mu juga di mana pun kamu berada.

Itu dia ‘amunisi’ yang perlu kamu siapkan sebelum terjun ke dunia kerja. Gak usah sekaligus kamu jalani, cicil satu-satu dari sekarang bisa jadi solusi. (WEB)

Baca Juga: Susah Keterima saat Ada Lowongan Magang? 5 Hal Ini Wajib Kamu Lakukan

Topic:

  • Marwan Fitranansya

Berita Terkini Lainnya