Comscore Tracker

5 Etika Menolak Undangan Pernikahan Secara Elegan di Tengah Pandemik

Biar kamu ga merasa tidak enak!

Genap sepuluh bulan pandemi virus corona mewabah di seluruh dunia tak terkecuali Indonesia, namun hingga kini masih belum ada tanda-tanda pandemi akan selesai. Bahkan, belakangan ini angka penambahan kasus positif justru semakin meningkat.

Di tengah kondisi seperti sekarang, pernahkah kamu mendapat undangan pernikahan di tengah pandemi? Jika pernah, tentunya kamu akan berpikir dua kali untuk menghadiri undangan tersebut.

Lantas bagaimana agar kita bisa tidak menghadiri undangan tersebut dengan cara yang sopan dan elegan karena alasan pandemik COVID-19? Berikut ini lima tips yang mungkin bisa membantu kamu.

1. Segera beri tahu jawaban kamu

5 Etika Menolak Undangan Pernikahan Secara Elegan di Tengah Pandemikpixabay.com/sevenminutechannel-6494547

Hal yang pertama harus dilakukan tentunya adalah konfirmasi kehadiran kamu secepat mungkin. Jika memang berniat menolak undangan tersebut, sebaiknya batalkan dari jauh-jauh hari dan jangan menunggu hingga mepet acara tersebut berlangsung.

Dengan cepat kamu konfirmasi, mereka bisa mencari alternatif rencana lain atau bisa juga jatah undangan untukmu dialihkan ke orang lain.

2. Jujur dan berikan alasan yang jelas

5 Etika Menolak Undangan Pernikahan Secara Elegan di Tengah Pandemikpixabay.com/stocksnap-894430

Dalam situasi seperti sekarang, tidak ada yang lebih baik dari berkata jujur. Komunikasikan keputusan kenapa kamu tidak hadir secara jujur dan dengan alasan yang jelas.

Katakan saja, jika memang kamu tidak bisa hadir karena sedang menghadapi situasi pandemi yang membuat tidak mungkin untuk menghadiri undangan tersebut. Bicaralah dengan pilihan kata yang sudah terstruktur dan lembut tanpa menyakiti.

Baca Juga: 5 Artis Ini Menikah di Tengah Pandemik Tanpa Kehadiran Orangtua

3. Jangan sungkan bertanya

5 Etika Menolak Undangan Pernikahan Secara Elegan di Tengah Pandemikpexels.com/@asadphotography

Cara yang dapat kamu gunakan sebagai pembuka percakapan adalah dengan bertanya. Kamu dapat menanyakan kepada pengundang, apakah acara yang akan digelar menerapkan aturan jaga jarak atau tidak.

Jangan lupa tanyakan juga, apakah acara tersebut akan dilangsungkan di dalam atau luar ruangan serta detail-detail lainnya. Jika sudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan, kamu bisa membuat keputusan apakah tetap akan menghadirinya atau tidak.

4. Temukan cara lain untuk ikut merayakan

5 Etika Menolak Undangan Pernikahan Secara Elegan di Tengah Pandemikpixabay.com/toanmda-439975

Jika memutuskan untuk tidak dapat menghadiri acara tersebut, kamu dapat mempertimbangkan salah satu ide cemerlang berikut. Kamu bisa tetap berada disana namun secara virtual!

Cara ini ibarat ganti dari tidak hadirnya kamu dalam acara yang mereka selenggarakan. Pastikan kamu menyaksikan siaran langsung pernikahannya, dengan begini kamu dinilai tetap menghormati tuan rumah dengan tetap ikut merayakan dengan cara yang berbeda.

5. Kirim kado

5 Etika Menolak Undangan Pernikahan Secara Elegan di Tengah Pandemikpixabay.com/pexels-2286921

Tips selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan kado/hadiah pernikahan. Kamu bisa membelinya secara online lalu langsung mengirimkannya kepada mereka.

Meski tengah dalam kondisi pandemi, menyelenggarakan pernikahan tetaplah hak mereka. Yang perlu digarisbawahi, penting bagi kita untuk tetap bersikap pengertian dan hormat.

Tapi yang tak kalah penting, lebih baik utamakan kesehatan dan keselamatan kamu dan keluarga dulu, ya!

Baca Juga: Bukan Gak Mau, Ini 5 Alasan Kamu Masih Menunda untuk Menikah

Faiz Irsyad Photo Verified Writer Faiz Irsyad

football and movie addict☺

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya