Comscore Tracker

5 Alasan Calon Mertua Ingin Tahu Finansial Kandidat Menantu

Bukan kepo, tapi kamu juga jangan malu dengan penghasilanmu, ya

Ketika ingin melanjutkan hubungan yang lebih serius, pertimbangan kondisi finansial turut menjadi sorotan. Bagi calon mertua, keuangan juga penting selain kecocokan antarkeluarga. Bukan berarti perhitungan, namun secara realistis ingin memastikan terlebih dahulu kesiapan keuangan antara dua insan yang ingin berkeluarga.

Keterbukaan mengenai finansial dari laki-laki dan perempuan harus diutamakan. Ketidakjujuran mengenai ini akan berdampak mengecewakan keluarga besar, karena berusaha menutupi realita yang ada. Maka persoalan keuangan menjadi penting untuk urusan menggelar acara sampai ketika sudah resmi menikah.

Tidak perlu merasa minder ketika ditanyakan soal keuangan lebih detail oleh keluarga calon pasanganmu. Saat saling mengetahui keuangan kedua belah pihak, maka akan mudah menemukan kesepakatan lebih lanjut.

Bukan berarti tanda meremehkan atau penolakan, kamu perlu mengetahui lima alasan ini ketika calon mertua menanyakan kondisi keuangan calon menantu.

1. Agar saling mengerti kondisi finansial

5 Alasan Calon Mertua Ingin Tahu Finansial Kandidat Menantuilustrasi kondisi finansial (unsplash.com/Towfiqu Barbhuiya)

Paling utama disorot adalah kondisi keuangan pasca pernikahan. Keluarga pasanganmu akan memproyeksikan kehidupan kalian berdua kelak. Namun bukan berarti ini adalah gambaran pasti, tentu akan ada masa di mana kondisi keuangan sedang baik ataupun terpuruk.

Orangtua dan calon mertuamu sekiranya dapat memahami keadaan kalian saat berkeluarga. Sehingga mengenai kondisi finansial dapat dimengerti karena sudah tahu sejak awal perkenalan.

2. Memastikan kesiapan untuk menikah

5 Alasan Calon Mertua Ingin Tahu Finansial Kandidat Menantuilustrasi pernikahan (unsplash.com/Alvin Mahmudov)

Biaya menggelar acara pernikahan sesuai dengan kemampuan masing-masing pihak. Tidak ada standar biaya untuk melangsungkan acara yang membahagiakan tersebut. Sedikit atau banyaknya uang yang dikeluarkan pasti akan disepakati terlebih dulu.

Mereka ingin memastikan bahwa kalian berdua siap untuk menikah. Mulai dari sebelum dan setelah acara, harapannya agar tidak terjadi masalah hanya karena perencanaan keuangan yang tidak matang.

3. Memproyeksikan kehidupan masa depan anaknya yang dinikahkan

5 Alasan Calon Mertua Ingin Tahu Finansial Kandidat Menantuilustrasi menatap masa depan (unsplash.com/Benjamin Davies)

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, proyeksi kehidupan setelah menikah pasti dipikirkan juga oleh para orangtua. Gambaran ini menyangkut bagaimana memenuhi kebutuhan hidup maupun biaya-biaya penunjang lainnya. Setiap orangtua pasti ingin yang terbaik bagi anaknya, sehingga soal keuangan ini bisa menjadi faktor yang sangat penting.

Baca Juga: Biar Direstui, Ini 5 Cara Efektif untuk Mengambil Hati Calon Mertua

4. Ingin tahu cara mengatur keuangan

5 Alasan Calon Mertua Ingin Tahu Finansial Kandidat Menantuilustrasi mengatur keuangan (unsplash.com/Adeolu Eletu)

Manajemen keuangan setiap orang berbeda-beda, termasuk pasangan kamu. Calon mertua ingin mengetahui bagaimana kamu mengatur dan mengalokasikan dana yang dimiliki. Mereka tentu tidak ingin rumah tangga kamu dan pasangan menjadi retak karena persoalan keuangan.

Tetapi, manajemen keuangan ini mesti dipahami kedua belah pihak keluarga, agar tidak terjadi kesalahpahaman atau kecurigaan. Kondisi finansial yang naik dan turun pun juga harus banyak dimaklumi karena berbagai faktor. Sehingga harus dijelaskan sejujurnya ketika sudah ada pembicaraan serius.

5. Memastikan sumber penghasilan didapat dengan cara yang benar

5 Alasan Calon Mertua Ingin Tahu Finansial Kandidat Menantuilustrasi gaji (unsplash.com/Igal Ness)

Sumber penghasilan dan bagaimana cara mendapatkannya pasti ingin dipastikan calon mertua. Mereka tidak ingin kamu dan pasanganmu hidup dari uang yang tidak berkah. Mungkin pertanyaan ini akan ditanyakan secara detail pada pertemuan resmi keluarga maupun tidak.

Tidak ada salahnya jujur jika kamu masih memiliki kekurangan soal keuangan. Setidaknya setelah mengetahui kondisi keuangan kalian, calon mertua pun memiliki keyakinan untuk menikahkan anaknya dengan kamu. Tidak perlu ragu untuk terbuka mengenai kondisi finansial saat ditanyakan.

Lima pertanyaan di atas akan sering ditanyakan ketika sudah mulai untuk serius berumah tangga. Maka jangan heran atau risih ketika calon mertua ingin tahu tentang finansial kamu. Tetap semangat dan berusaha untuk mendapatkan restu dari keluarga calon pasanganmu, ya!

Baca Juga: 5 Tips Menghindari Hening saat Ngobrol dengan Calon Mertua

Faiz Zaki Photo Verified Writer Faiz Zaki

One for All. All for One

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya