Comscore Tracker

Saat Umur 20 Tahun, 7 Kebiasaan Buruk Ini Harus Kamu Tinggalkan

Dewasakan diri sebelum menyesal

Menginjak umur yang sudah kepala dua menjadi pengingat bagi para anak muda yang akan menempuh kehidupan yang sesungguhnya. Kadang, kehidupan di dunia terasa tak semudah seperti yang diinginkan. Akan ada banyak rintangan dan halangan yang siap menerjang.

Untuk mempersiapkan tantangan di depan, tinggalkan tujuh kebiasaan buruk ini agar bisa sukses ke depannya, ya.

1. Gaya hidup hedonisme

Saat Umur 20 Tahun, 7 Kebiasaan Buruk Ini Harus Kamu TinggalkanUnsplash.com/rawpixel

Selalu ingin bersenang-senang dan jauh dari kepenatan mungkin menjadi keinginan setiap anak muda. Namun, gaya hidup bermewah-mewahan tanpa berpikir panjang adalah kesalahan fatal. Terlebih jika bergaya hedonisme tersebut sekadar ingin diakui orang-orang atau berharap banyak like foto di Instagram.

Hedonisme membawa pengaruh buruk bagi setiap individu untuk produktif. Bukan berarti gaya hidup ini tidak boleh dilakukan sama sekali. Silakan lakukan sekali-kali dan tetap mempertimbangkan waktu dan keuangan.

2. Menghabiskan semua uang bulanan tanpa menabung

Saat Umur 20 Tahun, 7 Kebiasaan Buruk Ini Harus Kamu TinggalkanUnsplash.com/Sharon McCutcheon

Gaya hidup yang serba konsumtif berdampak pada kebutuhan finansial di masa depan. Jika sekarang belum bisa menabung dengan baik, lakukanlah sekarang dan sisihkan pendapatan setiap bulan. Ingat kata pepatah hemat pangkal kaya.

Sisihkan penghasilan agar uangnya dapat digunakan untuk hal yang lebih penting atau bisa juga untuk membuka bisnis.

3. Terlalu banyak menunggu

Saat Umur 20 Tahun, 7 Kebiasaan Buruk Ini Harus Kamu TinggalkanUnsplash.com/Vidar Nordli-Mathisen

Untuk meraih cita-cita, tidak perlu nanti-nanti. Menunggu dan menunda terus akan menyia-nyiakan waktu. Jika bisa diraih dalam waktu dekat, kenapa tidak segera dilakukan?

Baca Juga: Bukan Cuma Disiplin, Ini 6 Kepribadian Calon Wanita Sukses

4. Ingin sesuatu terlalu muluk-muluk

Saat Umur 20 Tahun, 7 Kebiasaan Buruk Ini Harus Kamu TinggalkanUnsplash.com/Jared Rice

Ingin sesuatu sesuai dengan keinginan kita itu wajar. Namun, perlu juga bersikap realistis. Terima apa pun yang telah kamu raih sekarang, misalnya pekerjaan dan gaji. Selain itu, hindari keinginan membeli barang mewah untuk bergaya. Jangan dipaksakan, apa lagi sampai berutang.

5. Tetap di zona nyaman

Saat Umur 20 Tahun, 7 Kebiasaan Buruk Ini Harus Kamu TinggalkanUnsplash.com/Fernando Brasil

Coba keluar dari zona nyaman dan cari apa yang menunjang masa depanmu, baik bekerja, belajar, atau berbisnis. Keluar dari zona nyaman dan tempa diri sendiri sebagai persiapan di masa yang akan datang.

6. Tidak produktif seharian

Saat Umur 20 Tahun, 7 Kebiasaan Buruk Ini Harus Kamu TinggalkanUnsplash.com/bruce mars

Dengan banyaknya kemudahan dan fasilitas yang ada di zaman sekarang, jangan sampai membuatmu malas dan hanya tidur seharian di kasur, ya. Kamu bisa berolahraga atau membaca buku. Ingat, waktu adalah uang.

7. Tidak disiplin

Saat Umur 20 Tahun, 7 Kebiasaan Buruk Ini Harus Kamu TinggalkanUnsplash.com/Thao Le Hoang

Lakukan segala sesuatu dengan kedisiplinan tinggi, apalagi jika ingin menggapai cita-cita. Terapkanlah disiplin waktu dalam beraktivitas. Disiplinlah juga saat berpakaian. 

Dengan menerapkan hal-hal di atas, kamu sudah siap untuk menghadapi kehidupan orang dewasa. Ayo introspeksi diri untuk kemajuan!

Baca Juga: 5 Kebiasaan Cewek Disiplin yang Patut Kamu Teladani

Faiz Zaki Photo Verified Writer Faiz Zaki

One for All. All for One

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You