Comscore Tracker

Pentingnya Berpikir Kritis, 6 Manfaat Ini Pasti Didapatkan

#GoodLife Tidak hanya kritis, skeptis juga perlu

Berpikir kritis merupakan alat penting bagi pola pikir kita agar menangkal hoax dan terhindar dari provokasi. Selain kritis, bersikap skeptis atau meragukan adalah senjata terpenting untuk mengolah informasi yang di dapat. Terutama pada era pasca kebenaran sekarang ini, orang-orang akan selalu membenarkan apa yang ada, bukan lagi mencari suatu kebenaran.

1. Melatih daya berpikir kreatif

Pentingnya Berpikir Kritis, 6 Manfaat Ini Pasti DidapatkanUnsplash.com/rawpixel

Daya kreativitas berpikirmu akan dimainkan disini. Berpikir kritis tidak hanya mengkritisi, namun juga akan menemukan suatu jalan keluar dari kasus-kasus yang ada. Tentunya dengan banyak alternatif yang dimiliki, kita akan mudah menjadi seseorang yang juga kreatif.

2. Memahami masalah yang sebenarnya

Pentingnya Berpikir Kritis, 6 Manfaat Ini Pasti DidapatkanUnsplash.com/bruce mars

Kita akan memahami sebuah informasi atau masalah secara menyeluruh. Tidak dari informasi yang berat sebelah dari satu sisi saja. Dengan begitu kita akan memahami dan menemukan jalan keluar dari suatu masalah.

3. Tidak mudah terprovokasi

Pentingnya Berpikir Kritis, 6 Manfaat Ini Pasti DidapatkanUnsplash.com/Pietro Tebaldi

Banyak di luar sana orang-orang terprovokasi karena langsung mempercayai sebuah informasi tanpa meragukannya terlebih dahulu. Pemikiran yang jernih akan membantu kita menyaring informasi yang beredar itu. Dengan demikian kita akan terhindar provokasi dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Baca Juga: Pahami 5 Hal Ini Sebelum Berpikir Hidup Orang Lain Lebih Bahagia!

4. Memecahkan masalah dengan baik

Pentingnya Berpikir Kritis, 6 Manfaat Ini Pasti DidapatkanUnsplash.com/sebastiaan stam

Banyaknya alternatif jawaban dari hasil olah berpikir kritis, kita akan menggunakan solusi terbaik untuk memecahkan suatu masalah. Apa lagi akan baik memecahkan masalah tanpa masalah.

5. Terhindar dari hoax

Pentingnya Berpikir Kritis, 6 Manfaat Ini Pasti DidapatkanUnsplash.com/rawpixel

Kecepatan arus informasi yang beredar sekarang ini sudah tidak terbendung lagi. Kita menerima informasi tersebut harus berpikir kritis untuk terhindari dari hoaks. Selain diri sendiri yang dirugikan akibat hoaks, konflik antar individu maupun konflik antar kelompok sangat memungkin terjadi.

6. Menjadi pribadi yang terbuka

Pentingnya Berpikir Kritis, 6 Manfaat Ini Pasti DidapatkanUnsplash.com/Breno Bitencourt

Tentunya dengan keterbukaan diri terhadap segala sesuatu, kita dapat memilah mana yang baik dan buruk. Tidak asal menghakimi sesuatu tanpa fakta dan data yang jelas.

Baca Juga: Duh, 5 Cara Berpikir Pendek Ini Bisa Menghambatmu Jadi Orang Kaya

Faiz Zaki Photo Verified Writer Faiz Zaki

One for All. All for One

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya