Comscore Tracker

7 Manfaat yang Akan Kamu Dapat Kalau Rajin Baca Buku

Siapa bilang baca buku bikin cupu?

Ketika SD, guru sering berkata buku adalah jendela dunia. Dan kunci untuk membukanya adalah dengan membaca. Namun mirisnya, kegiatan membaca justru menjadi kegiatan yang dianggap cenderung membosankan, sehingga minat literasi di Indonesia cenderung rendah.

Padahal jika rajin membaca, banyak sekali manfaat yang didapat dari membaca buku. 7 manfaat ini akan kamu dapat bila berhenti dari kebiasaan malas membaca buku.

1. Kamu bisa terhindar dari hoax

Silentcode.likeagirl.io

Hoax menjadi isu yang sedang hangat dibicarakan di Indonesia akhir-akhir ini. Begitu cepat hoax atau informasi palsu itu beredar seiring dengan kemudahan mendistribusikannya melalui jejaring media sosial.

Dengan membiasakan membaca buku, yang referensi dan konten informasinya jelas, kita tidak akan mudah percaya dengan satu berita yang belum jelas keabsahannya. Hal ini karena kita terbiasa membaca sesuatu secara mendalam dan detail sehingga kalau menemukan informasi yang hanya sepotong kita akan langsung curiga bahwa informasi tersebut terindikasi hoax.

 

2. Rajin membaca bisa bikin kamu loveable

washingtonian

Ya, buat kamu, cewek maupun cowok, pasti suka ilfeel dengan orang yang tong kosong nyaring bunyinya alias orang yang banyak ngomong tapi tidak tahu apa-apa. Membaca buku bisa bikin kamu orang yang lebih berwawasan, dan bisa bertanggungjawab dengan omongannya, dan itu loveable banget. Jadi pacar idaman pula!

3. Kamu jadi punya kharisma tersendiri

cnbc

Kata siapa orang yang suka baca buku hanya berakhir menjadi seorang kutu buku atau nerd saja. Justru orang yang suka baca buku akan terlihat lebih berkharisma di depan kawan-kawannya. Mereka akan mengagumimu karena keuletanmu, dan tak jarang mempercayaimu untuk jadi tempat bertanya.

4. Membantu gerakan berantas buta huruf dan buta literasi

dreamofitaly

Meskipun sudah bisa membaca, bukan berarti tugasmu selesai sampai disitu. Justru jika kamu malas membaca, kemampuanmu itu justru akan sia-sia dan kurang bermanfaat. Dengan meninggalkan kebiasaan malasmu dan mulai baca buku, kamu bukan saja mendapat manfaat untuk dirimu sendiri, kamu bisa menjadi inspirasi bagi orang-orang disekitarmu yang masih malas baca, atau bahkan tidak bisa baca. Kamu bisa mengajari mereka kebiasaan kerenmu ini.

5. Kamu ikut mengapresiasi penulis buku

Studentpexels.com

Di Indonesia saja, banyak sekali penulis-penulis produktif yang karya-karyanya bahkan banyak yang dianugerahi banyak penghargaan. Bahkan sudah sejak lama Indonesia mempunyai banyak penulis-penulis dan sastrawan-sastrawan yang luar biasa yang karya-karyanya masih bisa kita nikmati hingga hari ini.

Dengan mulai membaca buku, kamu berarti ikut mengapresiasi karya-karya mereka, bukan tidak mungkin bisa menjadi salah satu dari mereka dan mengharumkan nama Indonesia seperti mereka.

6. Jadi lebih siap menghadapi era ini

businessinsider

Di era yang sudah serba digital ini, sebenarnya sudah banyak sarana yang memudahkanmu menemukan bahan bacaan. Sayangnya, kadang kamu terlalu malas untuk melakukannya. Kamu lebih suka nongkrongin feed instagram, bermain game online, bergosip, bahkan melahap informasi yang kurang bermanfaat. Padahal, membaca buku bisa membuatmu lebih gasiap dalam menghadapi era ini.

Katakan saja ada satu berita yang menghebohkan di jagad media sosial, jika kamu yang asalnya malas membaca, akan lebih mudah terpengaruh berita tersebut walaupun kamu sendiri belum tahu jelas kebenarannya.

Tapi jika sebelumnya kamu sudah terbiasa membaca, kamu akan lebih jeli untuk mencerna berita tersebut, dan bisa lebih bijak dalam menyikapinya.

7. Pada akhirnya, kebiasaan membacamu membawamu ke arah yang lebih baik

backinactionva

Mau menyusun skripsi? Kamu harus baca referensi, bahkan skripsi orang lain juga.

Mau membuat penelitian? Harus memahami dan membaca teori-teorinya.

Jadi orang tua? Harus rajin membaca, agar anakmu nanti punya tempat bertanya dan kamu bisa menjadi guru yang baik.

Pada akhirnya, membaca memang sudah menjadi kebutuhan tak terelakkan setiap manusia. Akan terasa berat memang jika kamu sering malas-malasan atau bahkan tak mau membaca buku. Ayo, buang semua rasa malasmu, sekarang saatnya maju demi hidupmu yang lebih baik.

Line Ads

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You

I Want More !