Comscore Tracker

Bikin Lebih Produktif, 6 Tipe Self Care yang Mudah Dilakukan Tiap Hari

Yuk, lebih sayangi dirimu

Rutinitas harian yang padat ditambah dengan terbatasnya waktu dan tenaga, membuat energi kita mudah terserap hingga kurang perhatian terhadap diri. Pikiran terpecah karena jadwal yang tidak sedikit, tubuh pun jadi kurang terawat karena sibuk dengan berbagai kegiatan di luar. Padahal keseimbangan tubuh baik itu dari segi fisik, emosional, maupun spiritual juga perlu dijaga. 

Meski kesannya sepele, namun beberapa hal di bawah ini akan memberi solusi kala kamu mulai acuh terhadap diri. Yuk, mulai lebih sayangi dirimu dengan beberapa hal seperti di bawah ini!

1. Kamu butuh manajemen stres yang tepat, sehingga mampu mengatasi tekanan stres harian tanpa perlu kelimpungan

Bikin Lebih Produktif, 6 Tipe Self Care yang Mudah Dilakukan Tiap Hariunsplash/Brooke Cagle

Untuk mengatasi tekanan atau stres dari luar diri, hendaknya kamu punya manajemen stres yang tepat. Cara terbaik untuk mengelola stres adalah mempelajari cara coping yang sehat. Coping adalah salah satu perilaku individu untuk berinteraksi dengan lingkungan dengan tujuan menyelesaikan masalah atau persoalan.

Strategi coping stress yang positif bisa mulai dari mana saja, seperti misalnya mendengarkan musik, bermain dengan hewan piaraan, tertawa atau menangis, pergi nonton atau makan bersama teman, mandi, menulis atau melakukan hobi lain, berdoa, berolahraga, mendiskusikan situasi dengan teman dekat, dan lain sebagainya. 

2. Manusia secara fisik butuh keseimbangan pada tubuhnya, pastikan kamu tidur cukup dan makan dengan benar, ya

Bikin Lebih Produktif, 6 Tipe Self Care yang Mudah Dilakukan Tiap Hariunsplash/ Anthony Tran

Meski kesannya sepele, dua hal ini adalah pola tubuh untuk terus mengisi energinya. Tidur dengan cukup jadi sepenting itu mengingat tubuh manusia didesain sedemikian rupa untuk bekerja dan istirahat dengan seimbang. Begitu pula, perhatikan setiap makanan yang kamu makan, karena kerap kali orang sakit akibat hal-hal dari luar termasuk makanan. 

3. Jangan lupa untuk tetap menjaga komunikasi dengan orang terdekat, mereka adalah support system terbaik untukmu

Bikin Lebih Produktif, 6 Tipe Self Care yang Mudah Dilakukan Tiap Hariunsplash/ Alejandro Escamilla

Secara emosional, manusia butuh dukungan oleh orang lain. Salah satu coping stress yang positif adalah mendiskusikan situasi dengan orang terdekat. Membangun komunikasi dan kedekatan secara tidak langsung membuat kamu merasa diperhatikan sehingga akan memberi pandangan yang segar pula untuk keadaan yang kamu hadapi. Jangan lupa untuk tetap membangun komunikasi dengan orang tersayang seperti pasangan, keluarga, dan teman-teman kamu.

Baca Juga: Gak Melulu Mahal, 5 Self Care Inspiratif untuk Millennials dan Gen Z

4. Begitu pula dengan mengambil waktu sendiri untuk berdoa, meditasi, atau yoga. Hal-hal yang membuat kamu lebih rileks dan tenang

Bikin Lebih Produktif, 6 Tipe Self Care yang Mudah Dilakukan Tiap Hariunsplash/Dardan

Pikiran kita, baik itu secara spiritual maupun psikologis perlu untuk disegarkan. Kamu bisa melakukan beberapa kegiatan untuk lebih menenangkan diri seperti berdoa, meditasi, atau yoga. Hal-hal yang menurut orang remeh seperti berjalan di ruangan terbuka atau menikmati pemandangan alam juga salah satunya. Intinya, lakukan sesuatu yang kamu suka untuk meredakan ketegangan kamu.

5. Selalu luangkan waktu untuk hobi atau hal lain untuk lebih mengenal dirimu, ini jadi penghargaan dan kepuasan kamu

Bikin Lebih Produktif, 6 Tipe Self Care yang Mudah Dilakukan Tiap Hariunsplash/ Jakob Owens

Kamu pasti punya hobi tertentu yang dapat menyegarkan lagi pikiran dan memantik semangat tiap hari. Luangkan waktu melakukan hal itu untuk lebih mengenal dirimu. Mengambil waktu untuk hobi kamu adalah salah satu penghargaan terhadap dirimu sendiri lho, ini dapat menjadi me time yang tepat.

6. Perhatikan lingkungan tempat tinggal seperti rumah atau kamar, pastikan untuk tetap bersih dan aman

Bikin Lebih Produktif, 6 Tipe Self Care yang Mudah Dilakukan Tiap Hariunsplash/ Trent Szmolnik

Rumah adalah cerminan diri, kalau kamu abai terhadap kebersihan tempat tinggal biasanya saat itu kamu sedang dalam keadaan stres. Misalnya seperti cucian yang menumpuk dan membiarkan barang-barang berserakan tidak pada tempatnya. Biasakan setiap hari untuk membersihkan rumah dan segala isinya, itu akan membuat kamu bekerja lebih produktif lagi.

Itulah tadi beberapa hal dasar yang sering dilupakan, jangan lupa terapkan tiap hari agar harimu lebih produktif, ya!

Baca Juga: 7 Tipe Self Care yang Wajib Kamu Tahu, Terapkan Yuk Semuanya!

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Elfida

Just For You