Comscore Tracker

Doa Bulan Rajab Lengkap dengan Artinya, Pertemukan hingga Ramadan

#IDNTimesLife Doa yang dipanjatkan Rasulullah SAW

Sebagaimana firman Allah SWT dalam Q.S. At-taubah ayat 36, bulan Rajab adalah salah satu bulan haram (untuk berperang). Rasulullah juga pernah bersabda melalui H.R. Bukhari dan Muslim, yang berbunyi: 

"Sesungguhnya zaman berputar sebagaimana kondisinya, ketika Allah menciptakan langi dan bumi. Satu tahun ada dua belas bulan, di antaranya empat bulan haram. Tiga bulan berturut-turut Dzulqa'dah, Dzuljijjah, Muharram, dan satu bulan antara Jumadil Akhir dan Sya'ban".

Ini menunjukkan bahwa bulan Rajab adalah salah satu bulan yang dimuliakan. Ada banyak amalan yang bisa dilakukan, salah satunya adalah memanjatkan doa di bulan istimewa ini. Berikut doa bulan Rajab, lengkap dengan artinya. 

1. Doa bulan Rajab dari Rasulullah SAW

Doa Bulan Rajab Lengkap dengan Artinya, Pertemukan hingga Ramadanpexels.com/Ahmed Aqtai

Ada doa yang biasa Nabi Muhammad SAW amalkan di bulan Rajab. Doa ini bertujuan agar umur kita bisa sampai di bulan Ramadan yang akan datang. Berikut bunyi doanya: 

                                                                           أللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَان

Latin: "Allahumma barik lana fi rajaba wa syabana wa balighna Ramadana".

Artinya: "Ya Allah, berkahilah umur kami di bulan Rajab dan Syaban serta pertemukanlah kami sampai bulan Ramadan".

Doa yang disampaikan bersumber dari H.R. Imam Al-Baihaqi dalam kitab Syuab Al-Iman, dari Anas bin Malik, yang mengatakan: 

          كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا دَخَلَ رَجَبٌ، قَالَ: اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجَبٍ، وَشَعْبَانَ، وَبَلِّغْنَا رَمَضَان

Artinya: "Ketika Nabi Muhammad SAW memasuki bulan Rajab, beliau mengucapkan, Allahumma barik lana fi rajaba wa syabana wa ballighna Ramadana".

2. Beristigfar

Doa Bulan Rajab Lengkap dengan Artinya, Pertemukan hingga Ramadanpexels.com/vjapratama

Bulan Rajab adalah bulan yang tepat untuk menebus dosa umat muslim. Rasulullah SAW pernah bersabda, bulan Rajab adalah bulan permohonan pengampunan bagi umatku maka hendaknya mereka memperbanyak istigfar di dalamnya. Istigfar yang dimaksud berupa bacaan: 

"Astaghfirullah wa atuubu ilaiih"

Artinya: "Aku mohon ampun kepada Allah dan bertaubat kepada-Nya". 

Baca Juga: 5 Amalan di Bulan Rajab yang Bisa Mendatangkan Kemuliaan

3. Bertasbih

Doa Bulan Rajab Lengkap dengan Artinya, Pertemukan hingga Ramadanpexels.com/Ali Arapoğlu

Selain memanjatkan doa pengampunan dengan istigfar, umat muslim dianjurkan untuk mengamalkan doa tasbih. Bacaan tasbih yang dimaksud adalah sebagai berikut: 

"Subhanallahil jaliil, subhaana mallaa yambaghittasbiihu illaa lahu. Subhaanal a'azilakromi. Subhaana mallabisal'izza wa huwa lahuu ahlun".

Artinya: "Maha Suci Tuhan yang Maha Agung, Maha Suci yang tidak layak bertasbih kecuali kepadanya-Nya. Maha Suci yang Maha Agung dan Maha Mulia, Maha Suci yang menyandang keagungan dan hanya Dia yang layak memilikinya". 

Doa lain yang bisa dipanjatkan di malam-malam bulan Rajab adalah 'laa ilaaha illallaah' sebanyak seribu kali. Bacaan dalam Q.S. Al-ikhlas juga bisa diamalkan pada hari Jumat di bulan Rajab untuk memperoleh cahaya yang mengantarkan ke surga. 

Baca Juga: Selain Puasa Rajab, 7 Amalan ini Dianjurkan Dikerjakan di Bulan Rajab

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Febriyanti Revitasari
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya