Comscore Tracker

Hadis Menentramkan tentang Anjuran Menjaga Persaudaraan, Adem Rasanya!

Bikin adem

Ajaran Islam memberi pedoman umat muslim dalam menjalin hubungan terhadap Allah SWT melalui habluminallah. Hubungan yang baik ini juga perlu diseimbangkan dengan hubungan sesama manusia melalui habluminannas. 

Mengulik lebih jauh anjuran dan keutamaan berhubungan baik pada saudara muslim, berikut beberapa hadis tentang persaudaraan yang bisa jadi pedoman untuk menjalin hubungan dengan orang lain. Bagaimanakah isinya?

1. Orang yang beriman itu sesungguhnya bersaudara

Hadis Menentramkan tentang Anjuran Menjaga Persaudaraan, Adem Rasanya!pexels.com/vjapratama

Dalam Al-Qur'an, terdapat salah satu ayat yang mengatur bagaimana umat muslim berhubungan baik satu dengan yang lain. Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Hujurat ayat 10 yang berbunyi:

إِنَّمَا ٱلْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا۟ بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ

Artinya:

"Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat."

Rasulullah SAW pernah mengatakan bahwa orang yang saling mencintai dan berkumpul karena Allah, akan ditinggikan derajatnya di surga nanti. Abu Hurairah menerangkan hadis tentang ini yang berbunyi:

"Sesungguhnya di sekitar 'Arasy terdapat mimbar-mimbar dari cahaya. Di atasnya ada kaum yang mengenakan pakaian dari cahaya dan wajah mereka bercahaya. Mereka bukan para nabi dan syuhada. Mereka didengki oleh para nabi dan syuhada."

Para sahabat bertanya, "Siapakah mereka itu, wahai Rasulullah?"

Beliau menjawab: "Mereka adalah orang-orang yang saling mencintai karena Allah, saling berkumpul karena Allah, dan saling mengunjungi karena Allah." (HR. An-Nasai di dalam As-Sunan Al-Kubra). 

2. Penerapannya bisa dalam bentuk persahabatan, silaturahmi, serta saling membantu

Hadis Menentramkan tentang Anjuran Menjaga Persaudaraan, Adem Rasanya!Pexels.com/mentatdgt

Implementasi dari anjuran menjaga persaudaraan umat muslim terlihat dengan persahabatan dan saling menolong ketika ada kesusahan. Hal ini ditunjukkan oleh HR. Bukhari nomor 2262 yang berbunyi:

الْمُسْلِمُ أَخُو الْمُسْلِمِ لَا يَظْلِمُهُ وَلَا يُسْلِمُهُ وَمَنْ كَانَ فِي حَاجَةِ أَخِيهِ كَانَ اللَّهُ فِي حَاجَتِهِ وَمَنْ فَرَّجَ عَنْ مُسْلِمٍ كُرْبَةً فَرَّجَ اللَّهُ عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرُبَاتِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا سَتَرَهُ اللَّهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Artinya:

"Seorang muslim adalah saudara bagi muslim lainnya, dia tidak menzaliminya dan tidak membiarkannya untuk disakiti. Siapa yang membantu kebutuhan saudaranya maka Allah akan membantu kebutuhannya."

"Siapa yang menghilangkan satu kesusahan seorang muslim, maka Allah menghilangkan satu kesusahan baginya dari kesusahan-kesusahan hari kiamat. Dan siapa yang menutupi (aib) seorang muslim, maka Allah akan menutup aibnya pada hari kiamat." 

Baca Juga: Menyejukkan Hati, 10 Hadis Ini Bisa Dijadikan Tuntuntan Hidup

3. Cinta kepada sesama manusia adalah bentuk lain dari cinta terhadap dirimu

Hadis Menentramkan tentang Anjuran Menjaga Persaudaraan, Adem Rasanya!pexels.com/mentatdgt

Selanjutnya, Rasulullah pernah berujar pada kakeknya di salah satu hadis yang menganjurkan untuk saling memberi kasih terhadap sesama. Hadis itu diperjelas melalui HR. Ahmad nomor 16055 yang berbunyi:

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لِجَدِّهِ يَزِيدَ بْنِ أَسَدٍ أَحِبَّ لِلنَّاسِ مَا تُحِبُّ لِنَفْسِكَ

Artinya: 

"Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW bersabda kepada kakeknya Yazid bin Asad, "Cintalah kepada manusia sebagaimana kamu mencintai untuk dirimu."

Kemudian Rasulullah juga menerangkan bahwa orang-orang yang saling bertegur sapa dan berjabat tangan akan diberikan ampunan dari Allah SWT.

قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَا مِنْ مُسْلِمَيْنِ يَلْتَقِيَانِ فَيَتَصَافَحَانِ إِلَّا غُفِرَ لَهُمَا قَبْلَ أَنْ يَفْتَرِقَا

Artinya:

"Rasulullah SAW bersabda: "Tidaklah dua orang muslim bertemu lalu berjabat tangan kecuali Allah akan memberi ampunan kepada keduanya sebelum mereka berpisah." (HR. Abu Daud nomor 4536)

Itu tadi beberapa anjuran untuk berperilaku terpuji bagi orang lain. Meski perlahan, semoga bisa langsung kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari ya!

Baca Juga: 7 Hadis tentang Menuntut Ilmu bagi Muslim, Harus Diikuti Rendah Hati!

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Febriyanti Revitasari
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya