Comscore Tracker

6 Hal Manis yang Datang Ketika Kamu Berlapang Hati dengan Kehidupan

Percaya bahagia datang saat sudah waktunya

Hidup ini layaknya sandiwara, kadang kamu harus berpura-pura baik meski kenyataannya sedang hancur. Ada saatnya kamu jadi pemenang, namun tak jarang nasib menempatanmu di urutan paling belakang. Tak masalah selama kamu bisa terus berjalan mengikuti alur kehidupan ini. Berikut beberapa hal yang datang padamu ketika kamu mau berlapang hati dengan kehidupan.

1. Kamu merasa cukup atas apa yang kamu peroleh

6 Hal Manis yang Datang Ketika Kamu Berlapang Hati dengan Kehidupanpexels/Huy Phan

'Cukup' menjadi barang langka di tengah dunia yang semakin kompetitif seperti sekarang. Rasa-rasanya tak ada yang namanya cukup dalam hidup. Sulit merasa puas dengan apa yang sudah diberikan Tuhan.

Namun tatkala kamu mau berlapang hati dalam hidup ini, kamu akan merasa lebih damai. Kamu lebih mudah bersyukur dengan nikmat yang kamu peroleh, meski pada kenyataannya tak seberapa dibanding orang lain. 

2. Kamu lebih mudah melepaskan masa lalu

6 Hal Manis yang Datang Ketika Kamu Berlapang Hati dengan Kehidupanpexels/Huy Phan

Sekelam apa pun masa lalu yang pernah kamu alami, dengan berlapang hati kamu akan lebih mudah melepaskan kenangan sulit itu. Kamu percaya bahwa setelah gelap akan muncul terang,  seperti layaknya siang dan malam.

Tuhan sedang mengujimu untuk mendapatkan sesuatu yang lebih indah lagi nantinya. Saat masa lalu menghantui hari-harimu, lapangkan hati karena semua akan baik-baik saja ketika kamu mau percaya.

3. Kamu terhindar dari ketamakan

6 Hal Manis yang Datang Ketika Kamu Berlapang Hati dengan Kehidupanpexels/Rangga Aditya Armien

Hati yang keruh membuat manusia selalu kurang. Saat kamu terlalu serakah terhadap sesuatu, kamu akan melakukan segala cara untuk memperolehnya. Bahkan dengan cara-cara yang mungkin akan membahayakan orang lain.

Namun bukan malah kedamaian yang kamu dapat, melainkan rasa iri dan dengki yang menggerogoti jiwamu sendiri.  Sebaliknya saat kamu punya hati yang lapang, kamu lebih mudah menerima segala hal yang datang.

Kamu lebih mudah merasakan ketenangan batin karena keinginanmu sederhana. Kesederhanaan mengantarkanmu untuk lebih menghargai kehidupan ini. 

Baca Juga: 7 Hal yang Orang Lupakan Saat Ada di Masa-masa Sulit Dalam Kehidupan

4. Sebagai manusia biasa kamu pasti pernah kecewa atau gagal, tapi kamu mau menerimanya sebagai pembelajaran

6 Hal Manis yang Datang Ketika Kamu Berlapang Hati dengan Kehidupanpexels/Simon Migaj

Setiap manusia tak bisa terhindar dari pengalaman kurang menyenangkan. Ada kalanya kamu mengalami patah hati, kecewa, gagal, dikhianati, diperlakukan tidak adil atau hal lain yang menyesakkan dada.

Hanya dengan berhati lapang kamu bisa menerima pengalaman ini sebagai sebuah pembelajaran. Pengalaman pahit justru mengantarkanmu pada banyak pilihan hidup dan tumbuh jadi pribadi yang lebih dewasa.

5. Kamu gak mudah menghakimi orang lain, hidupmu pun dikelilingi oleh orang-orang baik

6 Hal Manis yang Datang Ketika Kamu Berlapang Hati dengan Kehidupanpexels/ELEVATE

Ketika kamu berhati lapang, kamu akan lebih mudah menghargai orang lain. Kamu bisa melihat dua sisi dari setiap masalah, tidak mudah menghakimi orang karena tahu latar belakang kenapa mereka melakukan hal itu. Ketika kamu mau berempati dengan orang lain, kamu akan dikelilingi orang-orang yang tulus pula. 

6. Kamu mau ikhlas terhadap sesuatu yang bukan untukmu

6 Hal Manis yang Datang Ketika Kamu Berlapang Hati dengan Kehidupanpexels/Dhyamis Kleber

Pernah gak kamu susah payah mendapatkan satu barang di toko, tapi pada akhirnya keduluan sama orang? Itu tandanya bahwa barang itu memang bukan untukmu.

Kamu yang berhati lapang akan lebih mudah mengikhlaskan karena tahu bahwa hal yang kamu inginkan memang gak selalu bisa kamu dapatkan. Manusia memiliki keterbatasan, kadang kamu harus menyerah untuk suatu hal yang memang bukan dirancang untukmu.

Itu tadi beberapa hal yang akan kamu peroleh ketika kamu mau berlapang hati dalam kehidupan ini. Poin mana yang belum datang padamu?  

Baca Juga: Hati-hati! 5 Tanda Kehidupan Pribadi dan Pekerjaanmu Mulai Gak Balance

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya