Comscore Tracker

5 Hal yang Buat Hidup Berantakan Jika Masih Kamu Lakukan di Usia 20-an

Sering gak disadari, nih

Rentang usia 20-an adalah masa dengan banyak tantangan. Setiap individu dituntut untuk berubah dengan cepat. Itulah yang membedakan mereka yang lebih dewasa dengan yang belum siap. Masa ini dimaknai sebagai kurun waktu yang menyenangkan, namun juga penuh perjuangan.

Sering gak disadari, ada kebiasaan tertentu yang jika terus kamu lakukan akan menghambat langkahmu buat maju di usia 20-an. Apakah kamu masih melakukan beberapa hal seperti di bawah ini? 

1. Mengembangkan konsep diri negatif

5 Hal yang Buat Hidup Berantakan Jika Masih Kamu Lakukan di Usia 20-anPexels.com/Andrea Piacquadio

Mengenali diri, kelebihan, dan kekuranganmu bakal membantu dalam mengembangkan konsep diri yang positif. Sebaliknya, apabila kamu enggan mengetahui dirimu lebih dalam, kamu tidak bisa menunjukkan siapa dirimu dengan jujur.

Makanya jika kamu masih suka mengeluh, merutuki dirimu, atau tidak bisa berdamai dengan apa yang ada dalam dirimu; maka sampai kapan pun kamu akan terfokus pada hal negatif dan sulit buat melangkah ke depan. Jadi mulai sekarang lihatlah potensi dan kelebihan yang sudah ada dalam dirimu, ya!

2. Belum menetapkan tujuan hidup secara spesifik

5 Hal yang Buat Hidup Berantakan Jika Masih Kamu Lakukan di Usia 20-anPexels.com/Startup Stock Photos

Orang yang berhasil bukan hanya mereka yang mampu bertahan, tapi juga mau berkompetisi dengan yang lain. Dengan memiliki tujuan yang spesifik, kamu jadi tahu arah mana yang akan kamu ambil untuk mencapai sesuatu. 

Bayangkan jika kamu tidak punya tujuan saat kamu sedang melangkah. Itu akan lebih sulit dan membuatmu kehilangan pijakan karena kamu pun tidak yakin ke mana kamu sedang berjalan. 

3. Memaksanakan kehendak pada sesuatu yang belum siap kamu terima

5 Hal yang Buat Hidup Berantakan Jika Masih Kamu Lakukan di Usia 20-anpexels.com/olia danilevich

Terkadang kamu menginginkan sesuatu, namun belum mampu kamu capai karena satu dua hal. Sebagai manusia yang hidup dengan adat ketimuran yang kental, banyak tuntutan dari sosial di usia 20-an. Namun keputusan selalu ada di tanganmu. Entah kamu mau mengikuti arus atau berjuang lebih keras buat capai tujuanmu.

Semakin kamu dewasa, ada hal-hal tertentu yang membuatmu paham bahwa tidak setiap hal bisa kamu peroleh. Kamu akan mendapatkan apa yang kamu mau setelah kamu siap menerima hal itu. 

Baca Juga: Jam Tidur Berantakan Selama Pandemik Corona, Ini 7 Cara Memperbaikinya

4. Menjalani hubungan yang gak membuatmu bahagia

5 Hal yang Buat Hidup Berantakan Jika Masih Kamu Lakukan di Usia 20-anIDN Times/Anjani Eka Lestari

Banyak orang menjalani hubungan, namun bukan berarti mereka lebih bahagia daripada yang belum berpasangan. Sering kali orang terjebak dengan konsep hubungan ideal sehingga mengaburkan hak pribadi untuk merasakan bahagia.

Jika di masa ini kamu justru terjebak dalam hubungan yang toksik, itu bukan hanya akan menghambat relasi hubunganmu dengan pasangan, namun juga dengan orang lain. Bahkan mungkin pada aspek hidup lainnya seperti studi dan karier. 

5. Bergaul dengan mereka yang tidak berdampak positif

5 Hal yang Buat Hidup Berantakan Jika Masih Kamu Lakukan di Usia 20-anPexels.com/fauxels

Ada pepatah yang mengatakan bahwa kamu adalah cerminan dari di mana kamu tinggal. Jika kamu berada di tempat yang memiliki cara pandang yang negatif, mau gak mau kamu pasti akan tertular dengan mereka. Karena pikiran dan perasaan kamu pasti dipengaruhi oleh orang-orang di sekitar.

Maka alangkah lebih bijak apabila kamu memilih siapa saja yang masuk lingkaran pertemanan atau lingkungan tempat di mana kamu berada. Saatnya kamu mengeliminasi siapa saja yang berpengaruh buruk serta mempertahankan mereka yang memberi pengaruh positif dalam hidup.

Kira-kira ada lagi gak kebiasaan merugikan yang masih kamu lakukan sekarang? Bagikan di kolom komentar, yuk!

Baca Juga: Apakah Kamu Sudah Dewasa Secara Mental? Ketahui Tanda-tandanya di Sini

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya