Comscore Tracker

5 Langkah Sederhana Menjaga Kesehatan Psikologis Saat New Normal 

Cara simpel buat menyeimbangkan kesehatan fisik dan mental

Adanya pandemik menuntunmu buat menyesuaikan segala aspek dalam kehidupan. Salah satu hal yang menjadikan ini terasa sulit karena kamu juga harus melakukan pembatasan sosial dan fisik. 

Inilah kenapa menjaga kesehatan mental itu juga diperlukan di masa pandemik sekarang Untuk itu, berikut kami bagikan beberapa hal sederhana yang dapat kamu lakukan buat menjaga kesehatan psikologis di era new normal. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

1. Merelakan kegagalan dan rencana yang gak bisa kamu lakukan karena pendemik

5 Langkah Sederhana Menjaga Kesehatan Psikologis Saat New Normal IDN Times/Rizka Yulita

Setiap orang merasakan dampak yang ditimbulkan akibat adanya wabah. Banyak orang mengalami PHK, kesulitan dalam bisnis, berjuang menyembuhkan pasien di garda terdepan, hingga bertahan melawan virus itu sendiri. 

Kalau kamu pikir bahwa rencanamu berantakan dan banyak hal harus ditunda karena masa ini, kamu tak sendiri. Menerima keadaan dan adaptasi adalah kunci untuk bertahan. Mereka yang bertahan adalah mereka yang mampu menyesuaikan dengan keadaan ini.

2. Menjaga pola makan dan pola tidur

5 Langkah Sederhana Menjaga Kesehatan Psikologis Saat New Normal IDN Times/Rizka Yulita

Adanya pandemik membuat segala lini kehidupan berubah. Kamu mungkin sekarang harus belajar dari rumah, bekerja dari rumah, di saat bersamaan juga membatasi diri bertemu orang terdekat karena harus saling jaga. 

Tekanan atau stres tentu tak terelakkan. Bahkan, beberapa orang mengalami psikosomatis yang tidak disadari.

Maka dari itu, penting buatmu untuk menjaga rutinitas harian agar tetap ada kegiatan yang kamu lakukan. Tak terkecuali, aspek penting seperti pola makan dan tidur secara seimbang. 

3. Olahraga teratur

5 Langkah Sederhana Menjaga Kesehatan Psikologis Saat New Normal IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Setiap orang melakukan cara berbeda buat bertahan di masa pandemik ini. Salah satu yang bisa dilakukan adalah melalui olahraga.

Olahraga membantu mengeluarkan hormon endorfin yang bisa mengeluarkan perasaan bahagia. Inilah kenapa olahraga juga efektif untuk mengurangi stres yang kamu alami. Olahraga rutin membantu mengatasi rasa cemas, meningkatkan kualitas tidur, hingga meningkatkan kepercayaan diri.

Baca Juga: 6 Gangguan Psikologis Ini Kerap Dialami Millennial Perempuan

4. Menentukan harapan yang realistis

5 Langkah Sederhana Menjaga Kesehatan Psikologis Saat New Normal IDN Times/Rizka Yulita

Beberapa dari kamu mungkin masih kesulitan dalam menentukan harapan. Hal ini pula yang barangkali menyebabkan kamu lebih rentan mengalami kekecewaan.

Ekspektasi yang realistis merupakan kemampuan buat menentukan harapan sesuai dengan pemahaman tentang kemampuan dirimu, bukan ditentukan oleh orang lain. Apabila kamu tak bijak menanggapi arus informasi semasa pandemik, gak menutup kemungkinan kamu bakal lebih mudah kecewa karena harapanmu yang tidak realistis. 

Harapan punya dua sisi. Harapan yang tepat membantumu mencapai tujuan, namun harapan yang gak realistis justru akan menjerumuskanmu.

5. Menghargai proses yang kamu lakukan

5 Langkah Sederhana Menjaga Kesehatan Psikologis Saat New Normal IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Adalah yang yang wajar apabila kamu gagal ketika sedang mencapai apa yang kamu mau. Adalah hal yang lumrah apabila kamu merasa kecewa karena apa yang kamu dapat tidak sesuai dengan harapanmu. 

Keadaan seperti ini merupakan keadaan yang datang silih berganti dalam hidup. Namun satu hal yang perlu kamu pahami bahwa dalam kegagalan itu, kamu sebenarnya sedang berproses.

Satu kegagalan akan membawamu pada proses selanjutnya sebelum kamu sampai. Kegagalan justru membuatmu semakin kuat buat melangkah ke depan. 

Baca Juga: New Normal, Perkaya Diri dengan Info Kesehatan lewat We The Health

Topic:

  • Fajar Laksmita Dewi
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya